6 Tips Liburan Efektif Dengan Anak, Liburan Senang, Hati Tenang

Waktu Baca: 4 menitSabtu, 29 Mei 2021 10:20 WIB
tips liburan efektif dengan anak
Sumber: shutterstock

Moms and Dads, liburan menjadi keinginan semua anggota keluarga, begitupun sang buah hati. Namun pilih liburan jangan hanya bikin senang tapi juga yang bisa efektif disukai semua keluarga. Tips liburan efektif ini dapat dijalankan ketika mengajak si kecil terlibat dalam kegiatan tersebut. Ketika sudah memiliki anak, prioritas utama dalam berwisata adalah membuat mereka nyaman sehingga aktivitas bisa berjalan secara lancar.

Terlebih untuk orang tua baru, pastinya butuh banyak referensi mengajak si kecil bermain ke luar rumah. Bepergian seringnya menjadi hal yang disukai si kecil, namun dalam jangka waktu lama justru membuat mereka tidak nyaman dengan berbagai situasi dan kondisi.

Ketika mereka sudah rewel, bukan hanya Moms and Dads kerepotan, namun semua yang sudah direncanakan untuk berlibur juga dapat buyar begitu saja. Untuk itu, mempersiapkan semuanya sedari awal secara matang itu penting, ya. Jangan sampai liburan keluarga gagal karena kurang rencana.

Tips Liburan Efektif Bersama Buah Hati

Memangnya ada hal apa saja yang bisa dilakukan demi menciptakan rasa nyaman bagi seluruh anggota HappyFams? Banyak, diantaranya dapat dilirik dari poin per poin berikut ini:

1. Biarkan Anak Memilih Destinasi Liburan

tips liburan efektif
Sumber: pinterest

Melibatkan anak dalam memilih tempat berlibur dapat memberi masukkan untuk Moms & Dads atas keinginan mereka beraktivitas di luar rumah. Sehingga lebih mudah bagi Moms & Dads untuk mempersiapkan kebutuhan liburan tersebut. Jika memilih taman air, maka harus mempersiapkan pakaian renang, pakaian ganti, bekal camilan, dan pistol air jika dibutuhkan.

Ada juga anak yang cenderung menyukai kegiatan di dalam ruangan, seperti memilih mall untuk berlibur. Ke mana saja destinasi pilihan mereka, ada baiknya Moms and Dads mengalah, ya, untuk mengabulkan permintaan mereka saat menjalani liburan keluarga.

2. Pilih Jam Berangkat Bebas Macet

Untuk HappyFams yang tinggal di perkotaan dengan kondisi lalu lintas padat merayap, penting sekali memilih waktu berangkat guna menghindari macet. Jika bisa berangkat saat malam hari maka tidak ada salahnya dilakukan asalkan Dads dalam kondisi fit saat menyetir.

Dalam mobil, Moms perlu memastikan anak tidur dengan nyaman supaya ketika turun dan tiba di tujuan, mereka tidak rewel. Jika Moms juga bisa menyetir, sesekali bisa bergantian dengan Dads agar keduanya dapat beristirahat bergantian sebelum melakukan kegiatan.

BACA JUGA:

3. Bawa Benda Favorit Anak

Ketika anak bosan, biasanya salah satu pengalihan terbaik adalah benda kesayangan mereka. Bisa boneka untuk anak perempuan atau robot-robotan untuk anak laki-laki. Pengalihan ini sangat penting agar anak tidak mudah rewel sehingga mengganggu aktivitas liburan.

Membawa benda kesukaan anak jauh lebih ampuh meredakan emosi anak daripada memarahi anak saat mereka rewel. Moms bisa membawa beberapa barang atau terlebih dahulu menanyakan kepada anak mana benda yang akan mereka ikut sertakan dalam liburan.

4. Berpakaian Secara Nyaman

tips liburan efektif dengan anak
Sumber: travelwireasi

Gaya berpakaian ini disesuaikan dengan tujuan berlibur, jika ke gunung yang udaranya dingin maka gunakan pakaian cenderung hangat dan tebal. Sebaliknya, jika liburan ke pantai dengan udara panas maka jangan gunakan sweater karena HappyFams pasti akan kegerahan sesampainya di sana.

Pakaian nyaman bukan hanya yang dikenakan, namun juga berlaku untuk semua pakaian ganti dalam tas maupun koper. Pastikan momen berlibur bersama keluarga benar-benar berkesan dengan cara menyiapkan segala perlengkapan nyaman, termasuk pakaian ganti.

5. Gunakan Stroller Bila Memungkinkan

Penggunaan stroller atau kereta dorong ini terbilang cukup efektif apabila rencana liburan ke luar ruangan. Namanya anak kecil, pasti ada kalanya merasa lelah dan minta digendong. Terlalu sering digendong pastinya membuat Moms maupun Dads pegal dan lelah.

Sebagai alternatif, bisa disiapkan kereta dorong, asalkan usia anak masih memadai ketika naik ke kereta dorongnya. Yang penting anak nyaman, selain bisa meminimalisir kelelahan mereka, juga bisa menjadi tempat ampuh ketika mereka mengantuk saat di luar ruangan.

6. Buat Rencana Lain

Jangan lupa menyiapkan rencana kedua, ketiga, dan seterusnya untuk berjaga-jaga ketika rencana awal tidak berjalan dengan mulus. Rencana tambahan ini penting agar liburan tetap berjalan dengan lancar dan terarah.

Meskipun yang dilakukan tidak mirip seutuhnya dengan rencana, setidaknya ada gambaran. Lain hal jika tidak direncanakan lebih dulu, Moms and Dads bisa pusing berkali lipat, apalagi saat anak rewel karena tidak nyaman ketika Moms and Dads justru menikmati liburan.

Selain berbagai tips di atas, tentunya Moms and Dads akan langsung berimprovisasi sendiri tatkala menyiapkan perlengkapan berlibur. Berbagai tips liburan efektif bersama anak dapat membantu Moms maupun Dads untuk merasakan sensasinya berlibur sebagai HappyFams.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "6 Tips Liburan Efektif Dengan Anak, Liburan Senang, Hati Tenang"
related post
6 Referensi Tempat Liburan Keluarga Di Jakarta, Pernah Kunjungi Semua?

Tempat liburan keluarga di luar kota masih belum memungkinkan, karena untuk mencegah mobilisasi penyebaran virus ... Lanjut Baca