Ini 7 Manfaat Traveling Untuk Anak. Yuk Moms, Ajak Si Kecil Liburan!

Waktu Baca: 5 menitSelasa, 28 Mei 2019 10:00 WIB
Manfaat Traveling Untuk Anak
Sumber: Liveridetravel.com

Banyak yang membayangkan bahwa traveling bersama anak terasa merepotkan karena harus membawa berbagai persiapan untuk si kecil selama perjalanan. Apakah Moms juga berpikir demikian? Padahal banyak sekali lho Moms, manfaat traveling bersama anak. Beberapa diantaranya adalah untuk mengenalkan si kecil pada alam, memberikan pengalaman yang menyenangkan untuk si kecil, sekaligus bisa menjadi ajang untuk belajar banyak hal yang belum ia ketahui.

Dan tentunya semua momen itu akan menjadi kenangan terindah dalam hidupnya. Terlebih jika semua kenangan indah yang tersimpan dalam memorinya tercipta bersama HappyFams. Karena itu Moms dan Dads bisa menjadwalkan dan meluangkan waktu khusus untuk liburan bersama keluarga dalam setahun. Ada baiknya Moms dan Dads simak dulu nih 7 manfaat traveling bagi anak.

1. Kaya Warna Dan Nuansa Baru Dalam Setiap Perjalanan

Manfaat Traveling Untuk Anak Kaya Warna Dan Nuansa Baru Dalam Setiap Perjalanan
Sumber: Smartparents.sg

Anak-anak akan selalu memberi nuansa dan warna baru pada setiap perjalanan sehingga liburan bersama keluarga pun terasa lebih berkesan. Bosan? Buang jauh-jauh deh, Moms! Karena sesuatu yang dijalani bersama anak-anak pasti akan memberi warna dan pengalaman baru. Akan banyak momen berkesan yang ditemukan saat mengajak si kecil liburan Moms dan masa-masa si kecil yang penuh kegembiraan ini tidak akan terulang lagi. Bukankah sangat sayang untuk melewatkan masa kecilnya tanpa ada hal yang berkesan baginya?

2. Menciptakan Banyak Kenangan Indah Sekaligus Membuatnya Merasa Bahagia

Manfaat Traveling Untuk Anak Menciptakan Banyak Kenangan Indah
Sumber: All4women.co.za

Bukan mainan terbaru atau barang dan beda mewah yang membuat anak-anak merasa bahagia Moms. Tapi pengalaman, kehangatan, kenangan dan waktu yang dihabiskan bersamalah yang membuat si kecil merasa senang. Kebahagian yang ia dapat selama traveling bersama HappyFams pun akan ia kenang hingga dewasa nanti. Sehingga si kecil pun memiliki kenangan indah untuk diceritakan kembali kepada anak-anaknya nanti.

3. Lebih Peka Dan Menumbuhkan Kecintaan Terhadap Alam

Manfaat Traveling Untuk Anak Lebih Peka Dan Menumbuhkan Kecintaan Terhadap Alam
Sumber: Hdfootagestock.com

Terbiasa melihat keindahan alam dengan berbagai keragamannya sejak dini secara tidak langsung dapat menumbuhkan kecintaan anak terhadap alam. Saat liburan ke pantai atau mendaki gunung misalnya, Moms dan Dads bisa lho menyelipkan pelajaran tentang pentingnya menjaga kebersihan alam dan melestarikan lingkungan.

Perubahan iklim yang semakin nampak nyata dan banyaknya sampah di lautan maupun di perkotaan, menjadi hal kecil yang diajarkan sejak dini. Membiasakan buang sampah pada tempatnya pun bisa berdampak baik bagi kebiasaan bagi si kecil. Maka, penting sekali untuk mengajarkan anak sedini mungkin tentang pentingnya menjaga ekosistem dan lingkungan, salah satu caranya ya dengan mengajak anak menikmati dan mengenal alam.

4. Traveling Dapat Mengenalkan Anak Pada Perbedaan

Manfaat Traveling Untuk Anak Traveling Dapat Mengenalkan Anak Pada Perbedaan
Sumber: Wazariwazir.com

Traveling ke berbagai tempat yang berbeda akan memberikan mereka pengalaman baru dan keadaan yang berbeda dari lingkungan sehari-harinya. Misalnya, ketika HappyFams memilih liburan ke negara yang mayoritas penduduknya berbeda agama dengan HappyFams, maka anak-anak pasti akan melihat perbedaan budaya dan kebiasaan di sana. Hal ini bisa menumbuhkan rasa toleransi dalam diri si kecil, Moms.

Belum lagi susahnya mencari makanan yang sesuai dengan lidah saat liburan ke luar negeri. Hmmm, liburan seperti ini bisa menjadi ladang pengalaman baru bagi si kecil, Moms. Berbagai pengalaman yang dilihat dan dirasakan selama traveling bisa jadi ajang mendidik anak untuk selalu bersyukur. Itulah manfaat jalan-jalan bagi karakter anak, Moms.

5. Salah Satu Sarana Untuk Menemukan Passion Si Kecil

Manfaat Traveling Untuk Anak Salah Satu Sarana Untuk Menemukan Passion Si Kecil
Sumber: Shutterstock.com

Sembari jalan-jalan, HappyFams bisa juga lho mengamati passion si kecil. Rasa ingin tahu yang besar mengenai tempat baru pasti mendatangkan rasa penasaran dan banyak pertanyaan di benak mereka. Hal ini akan merangsang kemampuan berpikir dan menganalisa si kecil terhadap berbagai hal yang ia temui dan menjadi manfaat liburan bagi perkembangan anak yang nantinya akan Moms dan Dads rasakan sendiri.

Jika Moms dan Dads tidak punya banyak waktu liburan, pilih saja tempat rekreasi yang tidak terlalu jauh dan ajak mereka hunting foto atau menjelajahi alam atau bisa juga dengan melakukan kegiatan outdoor lainnya. Pokoknya banyak banget deh kegiatan seru yang dapat merangsang kecerdasan otak dan menggali potensi yang mereka miliki.

6. Hubungan Orang Tua Dan Anak Semakin Erat Dan Kompak

Manfaat Traveling Untuk Anak Hubungan Orang Tua Dan Anak Semakin Erat Dan Kompak
Sumber: Boehmerdds.com

Liburan bersama keluarga bisa merekatkan hubungan antara anak dan orang tua, Moms. Jangan salah mengira kalau mereka tidak akan ingat saat Moms dan Dads bersusah payah memboyong mereka ke sana kemari, untuk menunjukkan banyak hal indah. Semua kegiatan seru dan menyenangkan tersebut pasti akan terekam dalam memori mereka sampai kapan pun, bahkan mereka akan mengingat Moms dan Dads sebagai superhero yang selalu ada untuk mereka dan selalu berusaha membuat mereka bahagia.

7. Lewat Traveling, Moms Dan Dads Dapat Mengasah Keberanian Si Kecil

Manfaat Traveling Untuk Anak Lewat Traveling Moms Dan Dads Dapat Mengasah Keberanian Si Kecil
Sumber: Yandex.com

Anak-anak yang sering dihadapkan dengan situasi beragam, pasti lebih siap untuk menerima tantangan. Saat traveling mereka banyak melihat dan merasakan hal baru yang berbeda dari biasanya. Misalnya saat mengantri saat masuk transportasi umum atau harus berjalan cukup jauh hanya untuk melihat indahnya pemandangan. Belum lagi kejadian dan masalah lainnya yang bisa saja ditemukan selama perjalanan. Semua hal tersebut akan melatih mereka untuk lebih sabar, kuat dan berani. Tanpa disadari, mereka akan banyak belajar dari situasi seperti ini bahkan bisa membentuk pola pikir mereka agar lebih kritis dan cerdas.

Itulah contoh kecil dari sekian banyak guna travelling untuk anak bagi HappyFams. Satu yang pasti, kebahagiaan pun akan kian terpancar dalam kehidupan Moms dan Dads dengan hobi traveling. Punya rencana liburan ke luar negeri bareng si kecil? Moms dan Dads bisa lho memanfaatkan poin air miles untuk efisiensi budget traveling. Apakah HappyFams punya pengalaman seru saat traveling bersama anak? Boleh dong share ceritanya di komentar ya!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Ini 7 Manfaat Traveling Untuk Anak. Yuk Moms, Ajak Si Kecil Liburan!"
related post
Pola Asuh Otoriter Pada Anak Di Zaman Now Apakah Masih Perlu?

Pola asuh untuk anak zaman now memang harus ada penyesuaian, ada yang bilang bahwa anak ... Lanjut Baca

Pola Asuh Permisif Anak, Bebas Tanpa Aturan Namun Bisa Jadi Bumerang

Pola asuh anak memiliki beberapa cara, ada pola asuh otoriter, pola asuh demokratis maupun pola ... Lanjut Baca

Pola Asuh Anak Dan Remaja Yang Mulai Nampak Perilaku Tidak Terbuka

Moms, memiliki buah hati yang masih sangat belia tentunya menjadi sebuah tugas istimewa ya, karena ... Lanjut Baca