5 Tips Berhubungan Badan Saat Hamil. Yuk Ketahui Cara Amannya Disini

Waktu Baca: 3 menitSabtu, 29 Juni 2019 00:00 WIB
Tips Berhubungan Badan Saat Hamil Cover
Sumber: Durex.co.id

Tak dipungkiri, berhubungan intim bersama pasangan merupakan suatu hal yang tak dapat dipisahkan dari kehidupan setelah pernikahan. Selain upaya untuk mendapatkan keturunan, melakukan aktifitas seksual bagi pasangan suami istri yang sah juga berguna untuk tingkatkan keintiman, maksimalkan perasaan cinta, serta menjaga harmonisnya rumah tangga.

Frekuensi hubungan seks pun perlu dijaga supaya rumah tangga tetap bahagia. Apabila saat ini Moms sedang hamil, tidak ada alasan untuk menghentikan aktivitas seksual lho. Asalkan, Moms merasa nyaman melakukannya dan paham kondisi tubuh sendiri. Jadi, jika Moms merasa tidak nyaman melakukan hubungan badan pada posisi tertentu, maka cobalah posisi seks lainnya.

Pahami juga rasa nyaman berhubungan seks saat hamil di tiap trimester tentu berbeda karena beban yang dibawa semakin berat. Bila Moms merasa khawatir dengan resiko yang mungkin terjadi jika melakukan hubungan badan di masa kehamilan, seperti pendarahan, nyeri, dan infeksi. Hal ini wajar saja terjadi karena masa kehamilan cukup rentan.

Di sisi lain, faktanya berhubungan seks saat hamil sah saja, asalkan dilakukan dengan cara yang aman agar terhindar dari resiko yang tidak diinginkan sehingga membahayakan janin. Lantas, bagaimana melakukan seks yang aman saat hamil? Yuk simak penjelasan berikut ya, Moms!

1. Bebas Mencoba Berbagai Posisi di Trisemester 1

Tips Berhubungan Badan Saat Hamil Mencoba Berbagai Posisi Di Trimester 1 Ibu Hamil
Sumber: Pexels.com/RawPixels.com

Saat trimester 1, Moms dapat mengeksplor berbagai posisi seks untuk mendapatkan variasi dan gairah baru dengan pasangan. Pada masa ini pula, kehamilan Moms belum begitu membesar sehingga masih sangat bebas untuk mencoba berbagai posisi yang menyenangkan dengan pasangan. Hanya, perlu diperhatikan juga ya Moms, pada trimester 1 ini, Moms akan sering merasakan mual dan tidak enak badan yang wajar hadir di awal kehamilan.

Kabar baiknya, tidak ada posisi berhubungan badan dengan pasangan yang dilarang pada trimester pertama ini.Jika Moms khawatir mengalami keguguran akibat melakukan hubungan badan selama proses kehamilan, Dr. Streicher, dokter ahli kandungan Inggris mengatakan bahwa peristiwa keguguran atau kehilangan janin di awal kehamilan tidak ada hubungannya dengan melakukan aktivitas seksual.

2. Rutin Berhubungan Badan di Trimester 2

Tips Berhubungan Badan Saat Hamil Mencoba Berbagai Posisi Di Trimester 2 Ibu Hamil
Sumber: Pexels.com/Ana Maria Moroz

Trimester 2 merupakan masa yang paling nyaman bagi Moms untuk melakukan hubungan badan bersama suami dibanding trimester lainnya. Pada saat inilah Moms sudah terbebas dari rasa mual, muntah, dan tidak enak badan, sehingga kondisi ini sangat cocok untuk Moms lebih rutin melakukan hubungan intim. Hal ini pun semakin didukung oleh hormon kehamilan yang membuat mood dan gairah seks pada Moms lebih baik.

Namun, pada trimester kedua ini tidak semua posisi seks dapat dilakukan layaknya trimester satu. Ada posisi yang harus dihindari, seperti missionaris dimana Moms terbaring terlentang. Hal ini dikarenakan setelah memasuki 20 minggu kehamilan, ketika Moms berbaring telentang, rahim yang membesar akan menekan aorta, yang berfungsi mengalirkan darah ke plasenta, sehingga dapat membahayakan kondisi ibu dan janin.

3. Pilih Posisi Seks Terbaik Saat Trimester 3

Tips Berhubungan Badan Saat Hamil Pilih Posisi Seks Terbaik Di Trimester 3
Sumber: ModernMaternityLeave.com

Pada trimester 3 usia kandungan sudah cukup tua dan ukuran janin pun sudah membesar sehingga gerakan Moms pun juga terbatas. Oleh karena itu, tidak memungkinkan bagi Moms untuk melakukan hubungan badan dengan berbagai posisi. Namun, Moms tidak perlu khawatir, masih ada posisi yang nyaman dan aman untuk melakukan seks di usia trimester 3 ini.

Contohnya Spooning,dimana Moms berbaring menyamping, posisi ini tidak melibatkan berat pada perut dan penetrasi juga dangkal. Atau Woman on Top dimana pada posisi ini Moms memiliki akses untuk melakukan kontrol penuh sehingga Moms bisa mengatur batas kenyamanan Moms saat berhubungan dengan Dads.

Halaman: 12

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "5 Tips Berhubungan Badan Saat Hamil. Yuk Ketahui Cara Amannya Disini"
related post
Mitos Dan Fakta Jenis Kelamin Bayi Yang Terjadi Oleh Ibu Hamil

Sudah sejak lama banyak mitos berkembang terkait tentang kehamilan yang berlaku turun temurun di Indonesia. ... Lanjut Baca

Ini Loh Yang Dilihat Pasangan Saat Bercinta, Coba Deh Moms Praktekkan

Moms masih sering gelisah saat pasangan mulai memberikan kode-kode tertentu? Bercinta memang dapat ... Lanjut Baca

Daftar Makanan Instan Sehat Untuk Bayi & Ibu Hamil Di Rumah

Makanan instan menjadi pilihan banyak orang karena dianggap praktis dan tidak membutuhkan waktu lama untuk ... Lanjut Baca