Cara Buat Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar, Dijamin Cepat Kerja

Waktu Baca: 5 menitRabu, 08 September 2021 07:01 WIB
Cara Buat Surat Lamaran Kerja
Sumber: freepik

  1. Cobalah untuk menulis terlebih dahulu konsep surat lamaran kerja pada sebuah kertas. Konsep ini harus berisi tanggal penulisan, isi, dan bagian penutup surat. Gunakan bahasa yang baik dan sopan sesuai dengan EYD.
  2. Siapkan kertas HVS yang telah diberi alas berupa kertas folio bergaris di bagian bawahnya. Agar tidak bergeser, jangan lupa untuk memberikan penjepit di setiap sisi kertas. Fungsi dari kertas folio bergaris ini agar tulisan menjadi rata dan terlihat rapi.
  3. Menulislah di permukaan yang datar. Jika tidak ada, gunakan papan atau clipboard.
  4. Usahakan tidak menggunakan tipe X atau sejenisnya jika terdapat kesalahan dalam penulisan. Sebaiknya ulang lagi surat lamaran.
    5. Tulis dengan rapi agar mudah terbaca oleh penerima di perusahaan yang dituju.

Cara Buat Surat Lamaran Kerja Via Email

Ada juga perusahaan yang meminta pelamar kerjanya untuk mengirim surat lamaran via email. Cara ini juga dapat digunakan sebagai ara buat surat lamaran kerja di hp, terutama untuk yang berbasis android atau iPhone. Untuk membuat surat lamaran tersebut, HappyFams dapat mengikuti beberapa tips berikut ini:

  1. Sebaiknya gunakan email dengan nama pribadi asli dan formal. Hal ini untuk menunjukkan sikap profesional dan formal kepada perusahaan yang dituju.
  2. Jangan lupa untuk mengisi subjek dan judul email yang tersedia. Terdengar sepele namun justru hal ini sering terabaikan oleh banyak orang saat mengirim surat lamaran via email. Jika tidak terisi bisa jadi surat lamaran tidak diterima dan bahkan membuat HappyFams gagal diterima kerja.
  3. Jangan asal mengirim email. Perhatikan waktu dan harinya. Ada baiknya untuk mengirim email pada hari dan jam operasional kerja.
  4. Gunakan bahasa yang formal dan sesuai dengan EYD.
  5. Ubah format surat lamaran kerja menjadi PDF, termasuk juga dokumen lain seperti ijazah, sertifikat, kartu identitas, dan lain-lainnya. Usahakan ukuran semua file tidak lebih dari 2 MB.
  6. Pastikan juga untuk melengkapi bagian attachment pada email yang berisi dokumen-dokumen pendukung.
  7. Periksa kembali data dan surat lamaran kerja sebelum mengirimnya.

Cara Buat Surat Lamaran Kerja Online

cara buat surat lamaran kerja via email
Sumber:xframe

Saat ini banyak perusahaan yang lebih memilih menggunakan file dalam bentuk digital termasuk dalam penerimaan lowongan kerja. Tidak hanya menjadi lebih praktis dan efisien, mengirim surat lamaran kerja online mempermudah pelamar kerja dan cendrung lebih murah karena tidak perlu mengeluarkan biaya mencetak dan jasa pengiriman dokumen.

Halaman: 12345

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Cara Buat Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar, Dijamin Cepat Kerja"