Cara Buat Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar, Dijamin Cepat Kerja

Waktu Baca: 5 menitRabu, 08 September 2021 07:01 WIB
Cara Buat Surat Lamaran Kerja
Sumber: freepik

Bekerja di suatu perusahaan terkenal serta memperoleh gaji yang tinggi memang impian banyak orang. Namun untuk memperoleh pekerjaan tersebut tentu ada sebuah tahapan yang harus dilakukan yakni melamar kerja. Setiap perusahaan memiliki syarat tertentu yang biasanya harus dipenuhi oleh calon pelamar kerja.

Meskipun begitu ada satu hal lagi yang harus dipenuhi oleh calon pelamar kerja yakni surat lamaran kerja. Keberadaan surat lamaran kerja ini penting selain keberadaan dokumen-dokumen lain yang tercantum pada syarat melamar kerja.

Hal ini disebabkan karena pada surat lamaran kerja berisi mengenai informasi data diri dan informasi penting lainnya. Untuk menarik perhatian dari bagian penerimaan karyawan, HappyFams harus membuat surat lamaran sebaik dan semenarik mungkin, sebab bagian HRD sudah tentu belum pernah bertemu dengan calon karyawan. Tidak hanya itu saja, surat lamaran kerja juga bisa menunjukkan kualitas dan karakter dari pelamar kerja, lho.

Mungkin masih beberapa HappyFams belum mengetahui bagaimana ara buat surat lamaran kerja yang baik dan benar. Tenang, kali ini Happinest.id akan memberikan beberapa tips agar surat lamaran kerja menarik serta menambah nilai resume agar diterima kerja.

  1. Ingat selalu untuk menggunakan kalimat resmi yang sesuai dengan EYD serta kata-kata sopan. Penulisan surat lamaran kerja yang tepat dapat mencerminkan sikap profesional seseorang. Menggunakan grammer yang tepat dan sesuai juga bisa menjadi ara buat surat lamaran kerja bahasa Inggris. Apabila mendapat kesulitan, tidak ada salahnya untuk bertanya kepada yang ahli.
  2. Singkat, jelas, dan padat. Hindari penggunaan kalimat yang sulit dimengerti dan tidak berbelit-belit. Gunakan format tulisan yang rapi dan sesuai dengan syarat ketentuan surat lamaran kerja.
  3. Ada beragam template surat lamaran kerja yang dapat ditemukan di internet. Namun alangkah lebih baik untuk mengganti atau melakukan edit kalimat surat lamaran kerja sesuai dengan kebutuhan.
  4. Jangan lupa untuk mencantumkan nama perusahaan yang dituju, salam, kata pengantar, data pribadi, pengalaman kerja atau keterampilan kerja yang pernah dilakukan, serta penutup.
  5. Lengkapi semua dokumen atau lampiran surat pendukung lainnya seperti surat pengalaman kerja. Beberapa perusahaan meminta menyertakan surat lamaran kerja berserta sertifikat dan resume berada dalam satu paket.

BACA JUGA:

Cara Buat Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

cara buat surat lamaran kerja tulis tangan
Sumber: freepik

Beberapa perusahaan meminta para calon pelamar membuat surat lamaran kerja menggunakan tulis tangan. Di sini Happinest.id akan memberikan tips agar surat lamaran yang ditulis menggunakan tangan dapat terlihat rapi.

  1. Cobalah untuk menulis terlebih dahulu konsep surat lamaran kerja pada sebuah kertas. Konsep ini harus berisi tanggal penulisan, isi, dan bagian penutup surat. Gunakan bahasa yang baik dan sopan sesuai dengan EYD.
  2. Siapkan kertas HVS yang telah diberi alas berupa kertas folio bergaris di bagian bawahnya. Agar tidak bergeser, jangan lupa untuk memberikan penjepit di setiap sisi kertas. Fungsi dari kertas folio bergaris ini agar tulisan menjadi rata dan terlihat rapi.
  3. Menulislah di permukaan yang datar. Jika tidak ada, gunakan papan atau clipboard.
  4. Usahakan tidak menggunakan tipe X atau sejenisnya jika terdapat kesalahan dalam penulisan. Sebaiknya ulang lagi surat lamaran.
    5. Tulis dengan rapi agar mudah terbaca oleh penerima di perusahaan yang dituju.

Cara Buat Surat Lamaran Kerja Via Email

Ada juga perusahaan yang meminta pelamar kerjanya untuk mengirim surat lamaran via email. Cara ini juga dapat digunakan sebagai ara buat surat lamaran kerja di hp, terutama untuk yang berbasis android atau iPhone. Untuk membuat surat lamaran tersebut, HappyFams dapat mengikuti beberapa tips berikut ini:

  1. Sebaiknya gunakan email dengan nama pribadi asli dan formal. Hal ini untuk menunjukkan sikap profesional dan formal kepada perusahaan yang dituju.
  2. Jangan lupa untuk mengisi subjek dan judul email yang tersedia. Terdengar sepele namun justru hal ini sering terabaikan oleh banyak orang saat mengirim surat lamaran via email. Jika tidak terisi bisa jadi surat lamaran tidak diterima dan bahkan membuat HappyFams gagal diterima kerja.
  3. Jangan asal mengirim email. Perhatikan waktu dan harinya. Ada baiknya untuk mengirim email pada hari dan jam operasional kerja.
  4. Gunakan bahasa yang formal dan sesuai dengan EYD.
  5. Ubah format surat lamaran kerja menjadi PDF, termasuk juga dokumen lain seperti ijazah, sertifikat, kartu identitas, dan lain-lainnya. Usahakan ukuran semua file tidak lebih dari 2 MB.
  6. Pastikan juga untuk melengkapi bagian attachment pada email yang berisi dokumen-dokumen pendukung.
  7. Periksa kembali data dan surat lamaran kerja sebelum mengirimnya.

Cara Buat Surat Lamaran Kerja Online

cara buat surat lamaran kerja via email
Sumber:xframe

Saat ini banyak perusahaan yang lebih memilih menggunakan file dalam bentuk digital termasuk dalam penerimaan lowongan kerja. Tidak hanya menjadi lebih praktis dan efisien, mengirim surat lamaran kerja online mempermudah pelamar kerja dan cendrung lebih murah karena tidak perlu mengeluarkan biaya mencetak dan jasa pengiriman dokumen.

Pada dasarnya membuat surat lamaran kerja online tidak jauh berbeda dengan membuat surat menggunakan tangan atau email. Hal terpenting yakni surat lamaran harus ditulis sesuai dengan lowongan pekerjaan yang tersedia, ditulis dengan kalimat EYD dan menggunakan kata-kata yang sopan, tujuan pengirim jelas, dan dokumen pendukung surat lamaran lengkap.

Bila sudah diterima kerja dan sudah siap untuk masuk kerja, persiapan hari pertama kerja juga harus diperhatikan lho terlebih lagi untuk fresh graduate, supaya tidak salah dalam komunikasi dan bekerjasama dalam tim.

Itulah tadi beberapa cara dan tips yang dapat HappyFams lakukan saat membuat surat lamaran kerja. Jika masih ragu, tidak ada salahnya untuk bertanya dan berkonsultasi kepada orang terdekat. Mintalah mereka untuk mengoreksi apakah surat lamaran kerja yang dibuat telah sesuai dengan EYD dan mintalah perbaikkan. Mudah bukan? Selamat mencoba!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Cara Buat Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar, Dijamin Cepat Kerja"
related post
Pekerjaan Rumah Tangga Merupakan Kewajiban Siapa Ketika Berkeluarga

Pekerjaan rumah terkadang memang cukup berat untuk dilakukan. Walaupun sebenarnya tidak juga, namun rasa lelah ... Lanjut Baca