Cemas Berlebihan Terhadap Penyakit Berujung Mengakibatkan Kematian Lho

Waktu Baca: 5 menitMinggu, 29 Agustus 2021 09:31 WIB
cemas berlebihan terhadap penyakit
Sumber: freepik

HappyFams ternyata cemas berlebihan atau thanatophobia dapat menyebabkan kematian lho! Mengerikan memang, namun inilah yang terjadi ketika kondisi psikis dalam keadaan buruk.

Adanya gangguan kecemasan terhadap kondisi kesehatan diri sebenarnya natural. Ini merupakan respon alami tubuh untuk dapat menjaga kesehatannya. Namun ketika hal tersebut berlebihan maka harus dihentikan.

Cemas berlebihan terhadap penyakit dapat merangsang produksi hormon norepinephrine. Ketika produksi hormon tersebut berlebih maka kerja otak bisa terganggu dan membuat beberapa organ kekurangan pasukan nutrisi.

Bahkan dalam kondisi ekstrem kematian secara mendadak dapat terjadi karena terhentinya pasokan darah ke otak. Oleh karena itu HappyFams perlu mengetahui pencegahannya agar tidak sampai memburuk.

Sebenarnya tidak sulit menangani gejala thanatophobia karena dengan terapi kognitif hal tersebut mampu teratasi. Paling mudah adalah melakukan hobi yang disukai agar fokus otak berubah.

Memang cara ini sangat sepele dan dalam jangka pendek kurang terlihat dampaknya. Jadi harus dilakukan secara perlahan agar kecemasan atau depresi pada remaja tidak menghampiri. Jadi jika masih awal belum tentu harus ke dokter ya.

Di Indonesia biasanya cemas berlebihan dapat disembuhkan dengan cara mendekatkan diri pada Tuhan atau beribadah. Karena terkadang memang solusi religius sering memberikan hasil lebih cepat.

Apalagi melihat tingkat religiusme masyarakat indonesia yang tinggi. Metode seperti ini dianggap efektif sehingga seseorang tidak harus datang ke dokter. Namun jika masalah berlanjut dokter adalah solusinya.

Ketika thanatophobia sudah akut biasanya dokter akan merekomendasikan resep tertentu. Tujuannya untuk menstabilkan produksi hormon dalam tubuh sehingga dapat memulihkan kondisi psikis.

Mengapa Cemas Berlebihan dapat Menyerang Siapa Saja

cemas belebihan
Sumber: unsplash

BACA JUGA:

Tidak hanya menyerang pada orang berusia lanjut, namun thanatophobia juga dapat hinggap di usia muda. Jika dialami oleh orang berusia muda maka serangan kecemasan seperti ini banyak jenisnya.

1. Panic Attack

Serangan panik dapat menyerang siapa saja bahkan seorang remaja. Biasanya disebabkan trauma psikologis saat pertumbuhan. Kondisi seperti ini akan berbahaya karena bisa menghilangkan fokus.

Ketika serangan seperti ini terjadi ketika aktivitas berat misalnya berolahraga maka gagal jantung adalah risiko tertinggi. Oleh karena itu direkomendasikan untuk mendampingi orang dengan gangguan ini.

2. Stres Akut

Stres akut juga dapat menyebabkan kecemasan berlebihan. Apabila titik stres seseorang sudah memuncak biasanya diikuti dengan panic attack. Ketika ini terjadi fokus akan hilang seketika.

Namun berbeda dengan orang pengidap panic attack, serangan panik ketika stres akut tidak terlalu parah. Seseorang masih dapat merasakan kesadarannya bisa melakukan respon.

Untuk yang mengalami stess akut perlu mengetahui cara menghilankan stres supaya daapt terhindari dari bahaya stres akut ini.

3. Agitasi

Gangguan seperti ini bukanlah kondisi cemas biasa karena biasanya sampai mengganggu kerja saraf motorik. Cemas berlebihan jantung berdebar adalah salah satu kondisi yang dialami.

Ketika hal tersebut terjadi seseorang akan melakukan gerakan yang aneh dengan tubuhnya. Bisa melakukan jalan bolak-balik, atau badan bergetar dalam jangka waktu lama.

Untuk mengatasi agitasi seseorang membutuhkan terapi dari dokter dan mendapatkan konsumsi obat yang tepat. Apabila dibiarkan hal seperti ini dapat berujung pada kelumpuhan bahkan meninggal.

Ketiga jenis serangan kecemasan tersebut dapat dialami oleh semua orang dari berbagai golongan. Semua usai memiliki potensi untuk mengalaminya apabila terdapat trauma atau gangguan psikologi.

Mengatasi Cemas Berlebihan dengan Cara Paling Mudah

cemas berlebihan
Sumber: pexels

Cara paling mudah yang kami berikan disini artinya HappyFams tidak wajib datang ke dokter. Sehingga ini cocok dilakukan apabila gejala masih ringan. Ketika tidak berhasil tentu harus dibawa ke dokter ahli.

1. Memberikan Perhatian Lebih

Salah satu penyebab paling umum dari cemas berlebihan takut mati adalah minimnya dukungan dari keluarga. Apabila keluarga dapat memberikan pendampingan secara intens tentu akan menekan kondisi kecemasannya.

Secara umum penyakit yang menyerang kondisi psikologi seseorang memang membutuhkan perhatian lebih. Mayoritas yang dibutuhkan oleh pasien seperti ini adalah kasih sayang dari keluarga.

Ketika seseorang sudah merasakan kasih sayang dari keluarga tentu saja rasa cemas akan berkurang. Apalagi ketika rasa cemas tersebut disebabkan oleh penyakit yang ditakuti.

2. Meningkatkan Intensitas Hobi

Apabila keluarga dari HappyFams yang mengalami gangguan kecemasan memiliki hobi spesifik ini dapat dijadikan salah satu jalan keluar. Dengan meningkatkan intensitas hobi dapat menekan gangguan psikis.

Dengan melakukan aktivitas yang disukai maka produksi hormon endorphin akan meningkat. Produksi hormon tersebut akan menekan norepinephrine yang menjadi dalang kecemasan.

BACA JUGA:

Memang kunci utama dalam menangani gangguan yang bersifat psikologi sejenis ini membutuhkan sumber kebahagiaan lebih. Oleh karena itu dokter juga sering merekomendasikan aktivitas positif.

Ketika sudah mengetahui cara mengatasi gejala ringan tentu potensi untuk menjadi parah bisa dihindari. Jangan takut ketika ada yang mengalami cemas berlebihan karena masih mungkin disembuhkan.

Jadi setelah mengetahui dampak dan cara mengatasi cemas berlebihan, semoga HappyFams dapat terhindar dari segala bahayanya. Amin

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Cemas Berlebihan Terhadap Penyakit Berujung Mengakibatkan Kematian Lho"
related post
Dampak Dan Penyebab Dari Stres Kerja Karyawan Menurut Para Ahli

Stres kerja merupakan salah satu permasalahan yang sangat mungkin terjadi dalam sebuah organisasi perusahaan. Rutinitas ... Lanjut Baca