Wajah Kusam Bukan Hanya Karena Makeup Dan Polusi Lho Moms

Waktu Baca: 2 menitKamis, 06 Agustus 2020 12:13 WIB
Penyebab Wajah Kusam
Sumber: thehealthsite

Wajah yang kusam nggak hanya bikin tampilan Moms terlihat lelah, tapi juga tampak lebih tua. Jangan hanya menyalahkan penggunaan kosmetik yang menutup pori-pori kulit atau polusi yang bikin tanda-tanda penuaan dini mulai bermunculan. Ada faktor-faktor lain yang bisa bikin kulit kehilangan glowing-nya, seperti faktor-faktor wajah kursam berikut ini:

Stres

Dikejar deadline, berantem sama pasangan, atau pekerjaan yang seakan nggak ada habisnya menyumbang tingkat stres yang dirasakan. Selain kurang baik dampaknya buat kesehatan, Mona Gohara, profesor dermatologi di Yale School of Medicine mengingatkan pengaruh stres yang meningkatkan hormon kortisol. Hal ini mempengaruhi aliran darah ke kulit dan bikin terlihat pucat.

Untuk mengatasinya, gampang saja, kok. Cukup lakukan pijatan pada wajah saat membersihkan atau mengoleskan pelembap untuk merangsang aliran darah. Hasilnya kulit tampak bersinar dan lebih segar.

Kurang Tidur

Apa pun yang bikin terbangun di malam hari dan sulit memejamkan mata bakal membawa pengaruh buat kulit wajah. Selain kemunculan kantong dan lingkaran hitam di bawah mata, kurang waktu istirahat di malam hari akan mempersingkat waktu untuk meregenerasi sel kulit.

Akibatnya, jaringan kulit yang mati akan menumpuk dan bikin kulit tampak kusam. Atasi dengan memperbaiki pola tidur, sehingga mendapatkan waktu yang cukup untuk beristirahat dan bangun dengan kondisi kulit yang segar dan bercahaya.

Perubahan Hormon

Memasuki masa menstruasi, efek samping obat-obatan, atau stres bisa bikin hormon naik turun. Di saat kadar hormon estrogen sedang turun, hormon testosteron jadi meningkat dan menyebabkan produksi minyak di kulit naik dan menyumbat pori-pori. Bukannya tampak awet muda, wajah jadi tampak berminyak dan kurang bersinar.

Arielle Kauvar profesor dermatologi di NYC Langone Medical Center menyarankan untuk menggunakan kertas minyak dan masker lumpur untuk menghilangkan kelebihan minyak dari kulit. Wajah tampak kembali segar, bebas kilau!

Pola Makan Kurang Sehat

Makanan yang masuk ke dalam tubuh nggak hanya mempengaruhi kesehatan, tapi juga penampilanmu, lho. Saat menemukan kulit tampak kusam dan lelah, cek lagi pola makanmu selama ini apakah mengandung gula dan lemak tinggi, tanpa adanya serat, antioksidan, protein, dan asam lemak esensial.

Untuk mengembalikan kulit yang tampak glowing, konsumsi bahan makanan kaya antioksidan seperti blueberry atau kacang merah dan lemak esensial di alpukat dan kenari. Jangan lupa sisipkan buah dan sayuran yang kaya serat, vitamin, dan mineral seperti jeruk, kiwi, dan bayam. Jika diperlukan, tambahkan multivitamin harian yang meliputi selenium, tembaga, besi, dan seng yang bikin kulit tampak sehat dan berseri kembali.

Mendapatkan kulit yang cantik dan bebas kusam bukan hanya mimpi. Temukan penyebabnya dan cari solusi paling tepat untuk mengatasinya. Say hello to glowing skin!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Wajah Kusam Bukan Hanya Karena Makeup Dan Polusi Lho Moms"
related post
Dampak Dan Penyebab Dari Stres Kerja Karyawan Menurut Para Ahli

Stres kerja merupakan salah satu permasalahan yang sangat mungkin terjadi dalam sebuah organisasi perusahaan. Rutinitas ... Lanjut Baca