5 Tips Memilih Pengasuh Anak Yang Baik, Yuk Temukan Tipsnya Disini!

Waktu Baca: 2 menitRabu, 20 Maret 2019 15:25 WIB
Yang Dicari Dari Pengasuh Anak
Sumber: Freepik.com/Senivpetro

Urusan memilih pengasuh anak yang baik untuk si kecil memang tidak bisa sembarangan, apalagi bila Moms adalah ibu bekerja. Sama seperti mencari pasangan hidup, mencari orang yang pas untuk Moms percaya agar selalu dekat dengan sang buah hati memang susah-susah gampang. Moms bisa saja dengan mudah memberikan kriteria pengasuh anak yang baik pada yayasan penyalur tenaga kerja. Namun, jarang sekali yayasan yang bisa memberikan garansi bila terjadi sesuatu dengan Asisten Rumah Tangga (ART) atau baby sitter yang ditawarkan. Misalnya, pengunduran diri secara mendadak atau bahkan tindakan kriminal seperti penculikan anak. Tentu Moms tidak ingin hal ini terjadi, bukan? Dikutip dari orami.co.id, Psikolog A. Kassandra Putranto menganjurkan para orang tua untuk melakukan beberapa hal penting ini sebelum memutuskan memilih pengasuh anak yang baik. Simak yuk, HappyFams!

1. Kenali Apa Yang Moms Cari

Moms harus memahami apa saja kebutuhan anak. Dengan begitu, Moms dapat memiliki kriteria pengasuh yang sesuai. Apakah Moms ingin pengasuh yang tinggal bersama keluarga? Atau pengasuh yang datang hanya saat weekdays saja? Dengan membuat daftar kebutuhan, pencarian pengasuh anak akan semakin mudah dan menghemat waktu saat wawancara.

2. Ketahui Anggaran yang Dimiliki

Anggaran pengasuh anak
Sumber: Freepik.com/Katemangostar

Salah satu poin penting sebelum menyewa pengasuh adalah mengetahui batas anggaran yang dimiliki. Pengasuh yang tinggal bersama keluarga bisa menghemat biaya dan waktu yang terfokus pada pengasuhan anak. Namun, di sisi lain Moms harus menyiapkan kamar khusus untuk calon pengasuh beserta perabot didalamnya. Seorang pengasuh yang tinggal bersama juga memiliki akses penuh terhadap rumah Moms sehingga kehidupan pribadi di dalam rumah bisa diketahui oleh orang asing.

3. Cari Tahu Latar Belakang Calon Pengasuh

Latar Belakang Calon Pengasuh
Sumber: Freepik.com/Jcomp

Sebelum Moms membuat keputusan menyewa pengasuh, Moms harus mengenali latar belakang calon pengasuh. Wawancara bisa dilakukan dengan menyiapkan pertanyaan-pertanyaan dasar, seperti: Sudah berapa lama dia bekerja sebagai pengasuh professional? Apa alasan dia keluar dari pekerjaan sebelumnya? Bagaimana minat calon pengasuh terhadap anak kita? Ingat Moms, pengasuh yang Moms rekrut akan menghabiskan waktu yang panjang dengan si kecil selama Moms bekerja. Maka, tentu saja Moms harus mengetahui perspektif calon pengasuh terhadap anak.

4. Melakukan Screening Head to Toe

Screening pengasuh anak
Sumber: Freepik.com/Tirachard

Moms harus pandai menilai seseorang, utamanya yang akan menjadi pengasuh anak. Bayi dan balita identik dengan kebersihan. Sebab itu siapa pun yang berada di sekitar bayi diharapkan dalam keadaan bersih dan tidak membawa kuman penyakit. Moms bisa melakukan screening head to toe untuk memperhatikan penampilan calon pengasuh, apakah ia cukup peduli dalam hal berpakaian? Apakah ia menampilkan diri sebagai orang yang menjaga kebersihan dan kerapian?

5. Kenali Sifat Pengasuh dari Anak

Kenali Sifat Pengasuh dari Anak
Sumber: Freepik.com/Jcomp

Memang anak butuh masa penyesuaian untuk membiasakan diri dengan pengasuh baru. Normal bagi anak untuk menangis dan cemberut saat bertemu dengan pengasuh barunya. Sebuah masa percobaan kecil bisa diberlakukan sebelum pengasuh terlibat lebih jauh. Jika anak terlihat menghindari dan menarik diri setelah beberapa hari, Moms perlu bersikap waspada. Apalagi bila pengasuh tampak tertutup tentang rutinitas hariannya. Disini Moms bisa menanyakan bagaimana anak dan pengasuh menghabiskan waktu sehari-hari kepada anak dan pengasuh dalam waktu yang berbeda. Lakukan crosscheck jawaban, bila jawaban tidak cocok, maka Moms harus mencari tahu lebih lanjut.

Dari rangkaian tips di atas, Moms harus meyakini pilihan sendiri untuk memilih orang yang tepat dalam mengasuh anak. Bukan sebagai cara menggantikan sosok ibu kandung, namun justru untuk membantu Moms menemani dan memenuhi kebutuhan anak selama Moms bekerja. Semoga tips ini bisa berguna ya, Moms!

Apabila Moms punya tips seputar cara dan tips memilih pengasuh anak yang tepat, yuk share juga di kolom komentar!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "5 Tips Memilih Pengasuh Anak Yang Baik, Yuk Temukan Tipsnya Disini!"
related post
Pasangan Baru Menikah, Yuk Pahami Tips Keuangan Keluarga Dari Dasar

happinest.id - Yang baru menikah, pasti sedang hangat-hangatnya. Pergi ke mana pun, tangan selalu menggandeng ... Lanjut Baca

Tips Mempertahankan Keharmonisan Keluarga Setelah 5 Tahun Menikah

happinest.id - Ketika pernikahan tak seindah dulu, ketika baru saja mengucap janji setia sampai mati, ... Lanjut Baca