Yuk Pelajari 7 Cara Menghemat Uang Jajan Setiap Hari Untuk Remaja

Waktu Baca: 4 menitJum'at, 03 September 2021 10:21 WIB
cara menghemat uang jajan
Sumber: 123rf

Mengelola keuangan bukan lagi hal yang tabu untuk dibicarakan dengan buah hati, salah satunya adalah cara menghemat uang setiap hari. Selain memperkenalkan cara pengaturan keuangan yang sehat juga bisa menjadi langkah bijak membangun kebiasaan baik.

Dahulu uang menjadi hal sensitif untuk dibicarakan, karena menganggap ranah itu termasuk hal pribadi yang tidak seharusnya diberitahukan ke orang lain. Akibatnya banyak remaja yang belum mengetahui cara mengelolanya, kecenderungan menghabiskannya secara langsung.

Seiring dengan perkembangan zaman dan masyarakat mulai melek finansial, muncul dorongan untuk menanamkan kesadaran tentang mengelola uang sejak kecil, dimulai dari buah hatinya. Dimulai dari kebiasaan kecil seperti menabung harian.

Tips Menabung dan Cara Menghemat Uang untuk Remaja

BACA JUGA:

Menjaga kesehatan finansial bisa dilakukan melalui dua cara, pertama adalah menekan pengeluaran dengan berhemat atau menambah pemasukan. Tujuannya adalah menjaga agar total pemasukan lebih besar daripada total pengeluaran. Berikut tipsnya :

1. Menentukan Prioritas Belanja

menghemat belanja
Sumber: unsplash

Salah satu karakteristik remaja adalah impulsif atau ketika ada dorongan dan keinginan cenderung dipenuhi saat itu juga. Contohnya ketika melihat jajanan enak dan memiliki uang untuk membelinya, cenderung langsung menjajankan uangnya.

Kebiasaan itu terbentuk karena belum mengenal prioritas dalam membelanjakan uangnya, karenanya Moms atau Dads harus memperkenalkan tentang prioritas. Dimulai dari hal sederhana, seperti mempertanyakan sebelum membeli, "apa benar butuh beli?" Sehingga jadi berpikir berkali-kali ketika ingin membeli sesuatu.

2. Mencatat Pengeluaran Bulanan

Tips ini sangat berguna apabila bagi remaja dan buah hati untuk memperhatikan berapa banyak pengeluaran tiap bulannya. Terlebih apabila Moms ingin memberikan alokasi uang sakunya dalam bentuk bulanan tidak lagi harian seperti ketika masih kecil.

Mencatat pengeluaran bulanan merupakan langkah efektif dan cara menghemat uang bulanan, yaitu dengan menyadari betapa banyak konsumsinya. Sudah ada banyak aplikasi pencatat keuangan, sehingga kegiatan mencacatnya bisa lebih menyenangkan.

3. Mengurangi Kebocoran Kecil dalam Pengeluaran

Pencatatan tiap hari juga bisa digunakan untuk mengetahui apakah ada kebocoran atau pengeluaran kecil yang kurang diperlukan. Contohnya setiap pulang sekolah membeli air mineral botol harganya 2000 rupiah, terkesan murah dan tidak berlebihan dalam belanja.

Tetapi apabila rutinitas itu berlangsung selama sebulan (30 hari), maka totalnya sudah mencapai 60.000 rupiah per bulan. Kelihatan kecil, tetapi ketika ditotal bisa membengkak. Dari sini bisa mencari alternatif solusi, seperti membawa air dari rumah agar tidak beli lagi.

4. Menabung Setiap Hari

menabung uang jajan
Sumber: shutterstock

Pengeluaran kecil tersebut bisa menjadi inspirasi cara menabung uang setiap hari tanpa merasa terbebani. Seperti contoh di atas, alih-alih mengeluarkan uang 2000 rupiah untuk membeli air mineral bisa memasukkannya ke tabungan, tidak berat kok hanya 2000 rupiah saja.

Apabila bisa menabung secara konstan dan menaikkan nominalnya, misalkan 5000 rupiah setiap harinya sudah bisa menghasilkan 150.000 rupiah setiap bulannya. Tentu kuncinya adalah konsistensi dalam menabung dan menahan diri agar tidak menghabiskan uang jajan anak.

5. Menerapkan Zero Budgeting

Zero budgeting adalah mengalokasikan sebagian uangnya untuk dimasukkan ke dalam tabungan terlebih dahulu sebelum akhirnya membelanjakan untuk berbagai keperluan. Acuan besaran tabungannya melihat catatan pengeluaran tiap bulannya.

Ini adalah langkah cepat atau cara menghemat uang 200 ribu sebulan secara instan. Namun Happyfams harus jeli dan teliti dalam membelanjakan sisa uangnya. Kurangi beragam bentuk pengeluaran tidak perlu, sehingga kebutuhan senantiasa terpenuhi.

6. Berpuasa

Cara lain untuk berhemat adalah berpuasa. Berpuasa di sini tidak dimaknai secara sempit berupa kegiatan menahan lapar dan dahaga saja, tetapi lebih luas dari itu, yaitu kegiatan menahan hawa nafsu atau keinginan yang tidak perlu.

Bentuk puasanya bisa mengadopsi puasa ala umat islam, puasa intermiten, atau diet tertentu. Agar bisa konsisten dan terbentuk mindset yang bagus setelah berpuasa, diperlukan kesadaran penuh dan tidak hanya diniatkan untuk berhemat tetapi juga membentuk mental.

7. Membeli Barang Ketika Diskon

Langkah terakhir cara menghemat uang belanja adalah dengan mengoptimalkan belanja, yaitu memanfaatkan momen diskon. Contohnya ketika ingin membeli jajan secara online, carilah beragam promo, sehingga harganya lebih murah dan pengeluaran bisa ditekan.

Kesadaran mengelola keuangan haruslah dilatih sejak dini, yaitu dengan mengatur bagaimana buah hati membelanjakan uang jajannya. Ajarkan berbagai cara menghemat uang, sehingga bisa menabung dan mengurangi kebiasaan buruk seperti konsumtif.

Dengan melakukan 7 cara menghemat uang jajan setiap hari untuk remaja ini, maka semakin bertambah usia sang buah hati akan lebih terbiasa dalam menabung dan lebih pintar mengatur uang. Selamat mencoba HappyFams!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Yuk Pelajari 7 Cara Menghemat Uang Jajan Setiap Hari Untuk Remaja"
related post
7 Tips Menabung Harian Untuk Pelajar Sampai Ibu Rumah Tangga. Mudah!

Dari dulu HappyFams pasti sudah mendengar kalimat "sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit". Betul kalimat tersebut sangat ... Lanjut Baca