Yuk Moms, Ajari Anak Cara Mengucapkan Terima Kasih Kepada Orang Lain

Waktu Baca: 4 menitSenin, 01 November 2021 10:22 WIB
cara mengucapkan terima kasih
Sumber: xframe.io

Mengucapkan terima kasih merupakan salah satu kata yang penting untuk diucapkan. Bahkan banyak yang menjulukinya sebagai magic word. Semua anak wajib dididik mengucapkannya sedini mungkin, supaya paham bagaimana cara menghargai pemberian atau bantuan orang lain terhadapnya.

Terkadang orang tua hanya fokus dengan pendidikan usia dini anaknya agar bisa membaca, menulis, berhitung hingga berbahasa asing. Padahal ketika masih umur 1 sampai 5 tahun, pendidikan dasarnya adalah orang tua dan lingkungan, dimulai dari cara bersopan santun.

Dalam cara mengajarkan anak mengucapkan terima kasih juga harus pelan-pelan saja. Jangan memaksa dan usahakan ucapan tersebut menjadi refleks si buah hati ketika menerima barang atau bantuan dari orang lain. Seperti pentingnya mendidik anak mengucapkan kata terima kasih? Baca sampai habis ya HappyFams.

Ajari Anak Cara Mengucapkan Terima Kasih

Mengapa Mengucapkan Terima Kasih Itu Penting?

BACA JUGA:

Anak tidak selamanya bersama orang tua. Ada masanya mereka menuju ke dunia luar, bersosialisasi dengan masyarakat. Saat itulah, ilmu tata krama atau sopan santun diterapkan dan terbangun karakter anak tangguh. Terlebih lagi, kita berada di Indonesia.

Indonesia terkenal sebagai salah satu negara paling sopan di dunia. Masyarakatnya ramah dan murah senyum. Sudah menjadi kebudayaan kita untuk meneruskan kebiasaan baik itu. Salah satunya adalah dengan mengucapkan terima kasih.

Anak adalah makhluk polos yang masih memerlukan bimbingan orang dewasa. Moms and Dads, perlu ajari sesuatu hal yang nantinya bermanfaat saat mereka tumbuh. Salah satunya bagaimana cara berterima kasih kepada orang lain.

Saat Happyfams menerapkan dan membiasakan sang buah hati melakukan hal tersebut, nanti sampai besar, sudah mulai terbiasa. Mengapa penting memberikan ucapan terimakasih?

Pertama, karena pengorbanan baik waktu, tenaga dan pikiran menjadi lebih bermakna apabila diapresiasi dengan hal positif. Mengucapkan kata terima kasih juga bisa menjadi pujian bagi pengorbanan orang terkait.

Kedua, Moms perlu ajarkan juga kepada buah hati bahwa mengucapkan terima kasih adalah wujud apresiasi, bahwa kita menghargai atas pemberian orang, terutama pemberian bernilai baik.

Memberikan ucapan tersebut juga akan membangun relasi bagus dengan orang lain. Buah hati Moms and Dads nantinya setelah besar akan terjun langsung ke masyarakat. Bila membawa energi positif, mereka pasti mudah beradaptasi dan diterima lingkungan.

Dan terakhir, mengajari sang buah hati dengan kata terima kasih, mereka memiliki sikap apresiatif, yang memberikan kesan baik terhadapnya. Sehingga suatu saat nanti ketika bersosialisasi, banyak orang yang menyukainya.

Tips Mengajari Anak untuk Mengucapkan Terimakasih

mengucapkan terima kasih
Sumber: istockphoto

Tapi tentu saja peran keluarga terhadap karakter anak menjadi modal utama, di sini Moms and Dads juga perlu cara untuk mengajarkan sang buah hati bagaimana mengucapkan terima kasih kepada orang lain. Karena, sang buah hati juga tidak boleh dipaksa melakukan itu.

Jika Happyfams sudah mendasari cara ini kepada anak sedari kecil, mereka mudah menyerap dan pasti akan menerapkannya di lingkungan tempat mereka berada. Meski susah dan perlu kesabaran, jangan pernah menyerah.

Meski dunia sudah modern, sopan santun masih sangat diperlukan. Jangan menjadi orang yang tidak tahu berterima kasih. Itu seperti tidak menghargai orang lain serta bersikap angkuh, sebuah sikap yang dinilai buruk.

Berikut ini, akan kami tunjukkan bagaimana cara mengajarkan sang buah hati untuk mau mengucapkan terima kasih. Tentu saja dengan metode yang mudah diterima anak Happyfams :

  1. Coba untuk menunjukkan contohnya, bukan diperintah. Biasanya, anak akan menirukan semua hal yang dilakukan orang tuanya. Jika Moms and Dads memberikan contoh tentang cara mengucapkan terima kasih, mereka akan menirunya. Apalagi bila diterapkan secara rutin, kemungkinan besar mereka mulai terbiasa dengan tindakan tersebut
  2. Biasakan mengucapkan terima kasih kepada anak. Misalnya, ketika berhasil membereskan mainannya, berterima kasihlah kepada sang buah hati. Jadi usahanya merasa diapresiasi.
  3. Cobalah untuk mengajarkan terima kasih secara tulus dari dalam hati. Cara melatihnya, tentu Moms and Dads harus memberikan contoh. Setiap tindakan yang dilakukan sang buah hati, coba untuk selalu ucapkan terima kasih.
  4. Selalu mengingatkan kepada anak ketika lupa. Memang harus sabar, karena proses penerapan seperti ini tidak bisa instan.
  5. Dan terakhir, jangan memaksa apalagi memberi ancaman kepada sang buah hati, karena justru menjadi trauma bagi mereka.

Ketika lupa, ingatkan, jangan memberi kesan bahwa ucapan terima kasih justru memalukan untuk diucapkan. Jalankan pembelajaran ini secara konsisten.

Moms and Dads pastinya sudah tahu karakter buah hati sendiri seperti apa. Maka, buatlah cara terbaik bagi mereka agar bisa dengan mudah mengucapkan terima kasih secara refleks tanpa memaksa.

Terus didik sang buah hati untuk sampai terbiasa mengucapkan terima kasih, dan rasakan manfaatnya nanti ketika ia dewasa.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Yuk Moms, Ajari Anak Cara Mengucapkan Terima Kasih Kepada Orang Lain"
related post
7 Contoh Berbakti Kepada Orang Tua Dalam Kehidupan Sehari-hari

Ada banyak kegiatan yang menggambarkan contoh berbakti kepada orang tua. Berbakti kepada orang tua merupakan ... Lanjut Baca

Mengungkap Nasehat Orang Tua Jaman Dulu Kepada Anaknya, Yuk Cari Tahu!

Mungkin HappyFams masih pernah mengingat nasehat orang tua yang dari dulu sering diberikan ketika masih ... Lanjut Baca

Membantu Orang Tua Merupakan Contoh Kebiasaan Anak Hebat Indonesia

Membantu orang tua adalah salah satu kewajiban bagi anak yang dapat bermanfaat terhadap tumbuh kembangnya ... Lanjut Baca