Yuk Belajar Gerakan Senam Yoga Untuk Pemula, Bisa Mengecilkan Perut!

Waktu Baca: 6 menitSelasa, 31 Agustus 2021 08:28 WIB
Yoga Untuk Pemula
Sumber: freepik

Beberapa tahun ini semakin banyak orang memilih yoga sebagai olahraga favorit. Olahraga asli India tersebut tidak hanya menyehatkan tubuh namun juga membantu menenangkan pikiran. Sebagian besar gerakan-gerakan pada yoga terfokus pada kekuatan, kelenturan, dan juga pernafasan sehingga sangat baik dalam meningkatkan fisik dan mental.

Seiring berjalannya waktu gerakan pada yoga juga mengalami perubahan dengan beragam variasi. Akan tetapi bagi seorang pemula yang ingin mencoba yoga sebagai olahraga, pasti berpikir jika gerakan yoga tergolong sulit untuk dilakukan.

Jangan khawatir, kali ini Happinest.id akan menunjukkan beberapa gerakan dasar yoga untuk pemula yang mudah ditiru oleh HappyFams di rumah. Penasaran? Yuk diintip!

BACA JUGA:

1. Tree Pose (Pose Pohon)

pose yoga pemula
Sumber: freepik

Pose yoga pemula ini dilakukan secara berdiri dan membutuhkan konsentrasi serta kesimbangan tubuh saat melakukannya. Caranya berdiri dengan tegak kemudian tekuk salah satu lutut ke arah luar menjauhi tubuh, kemudian tempel telapak kaki pada bagian dalam paha. Jaga tubuh HappyFams agar tetap seimbang.

Berikutnya satukan kedua telapak tangan dan bawa ke arah depan dada. Mulailah untuk menarik nafas lalu rentangkan kedua tangan ke atas secara perlahan dengan posisi telapak tangan tidak saling bersentuhan. Tahan selama gerakan ini selama 30 detik lalu buang nafas untuk kembali ke posisi semula. Ulangi gerakan ini untuk sisi lainnya.

2. Mountain Pose (Pose Gunung)

senam yoga untuk pemula
Sumber: freepik

Dapat dikatakan jika mountain pose menjadi gerakan pada senam yoga untuk pemula yang paling mudah dan sederhana untuk dilakukan. Meskipun begitu ternyata gerakan ini dapat digunakan untuk menganalisis apakah postur tubuh HappyFams baik atau tidak.

Caranya cukup mudah, posisikan tubuh HappyFams dalam kondisi berdiri dengan kedua jari kaki menyentuh lantai dan kedua tumit sedikit terpisah atau berikan jarak antara satu tumit dengan lainnya. Letakkan lengan di samping tubuh. HappyFams boleh pejamkan mata dan bayangan sedang mengangkat tubuh dari batin.

Secara perlahan tarik bahu ke bawah dan rentangkan tulang selangka. Posisikan kepala untuk sejajar dengan bahu (bukan maju atau mundur) dan bahu sejajar lantai. Punggung bagian bawah dan panggul tidak berubah seperti terselip atau melengkung. Tahan dengan posisi tersebut selama 30 detik hingga 1 menit sambil atur pernafasan secara perlahan.

3. Warrior

yoga menurunkan berat badan
Sumber: freepik

Gerakan pada yoga ternyata tidak hanya melatih kekuatan dan keseimbangan tubuh saja namun juga dapat mengecilkan bagian betis yang besar. Gerakan Warrior menjadi gerakan yoga pemula menurunkan berat badan bagi HappyFams yang memiliki masalah di bagian betis dan paha.

Cara melakukannya dimulai dari berdiri tegak kemudian buka kaki hingga berjarak sekitar 1 meter. Lalu putar kaki kanan ke arah luar tubuh dan tekuk lutut hingga posisinya satu garis lurus dengan ankle. Secara perlahan angkat kedua tangan dan posisikan keduanya untuk lurus ke samping setinggi bahu, serta jangan lupa posisikan kepala untuk menghadap ke arah kanan.

Tahan selama kurang lebih 30 detik sampai dengan satu menit, kemudian ganti posisi pada kaki kiri. Saat melakukan gerakan ini pastikan untuk memberikan beban tubuh pada kaki yang mengarah keluar sedangkan kaki lainnya dalam kondisi lurus ke arah samping.

4. Triangle Pose (Pose Segitiga)

latihan yoga pemula
Sumber: freepik

Sesuai namanya gerakan yoga triangle pose seolah-olah membentuk segitiga. Latihan yoga untuk pemula ini sangat bermanfaat untuk melatih paru-paru agar terbuka lebih lebar. Gerakannya dimulai dari berdiri tegak dengan membuka kaki sekitar 3 langkah, kemudian arahkan jari kaki kanan ke arah luar kanan dan jari kaki kiri ke arah depan. Rentangkan kedua tangan ke samping tubuh dengan telapak tangan menghadap ke arah bawah.

Jatuhkan tubuh ke arah kanan secara perlahan hingga jari tangan kanan menyentuh jari kaki kanan atau lutut apabila HappyFams sulit meraihnya. Rentangkan tangan kiri dengan jari-jari menghadap ke langit-langit. Jangan lupa untuk mengarahkan pandangan ke atas mengikuti jari tangan kiri. Tahan gerakan ini selama 5 kali nafas. Kemudian atur kembali ke posisi berdiri untuk mengulanginya ke arah berlawanan.

5. Cobra Pose

yoga pemula mengecilkan perut
Sumber: freepik

Beberapa gerakan yoga lain yang membantu dalam menurunkan berat badan yakni cobra pose. Gerakan mirip seperti ular kobra tersebut menjadi gerakan yoga pemula mengecilkan perut yang mudah untuk dilakukan. Tidak hanya membantu mengecilkan perut buncit, gerakan ini juga dapat menguatkan tulang bagian belakang.

Gerakan ini diawali dengan memposisikan perut dan dahi di atas lantai atau berbaring telungkup. Kemudian regangkan kaki hingga ke ujung jari kaki menyentuh lantai, lalu kencangkan dasar panggul dan kunci otot perut. Rapatkan lengan yang berada di samping bahu lalu tekan ke arah atas dengan mendorong ibu jari dan telunjuk, kemudian arahkan dada ke depan.

Tahan posisi ini dengan kekuatan otot punggung. Usahakan untuk memposisikan tangan lurus sejajar dengan lantai. Lakukan gerakan ini hingga kepala terangkat ke atas.

6. Chair Pose

gerakan dasar yoga untuk pemula
Sumber: freepik

Gerakan yoga ini terlihat seolah-olah sedang duduk dengan kursi khayalan sehingga memberikan tantangan tersendiri bagi yang melakukannya. Meskipun begitu gerakan ini bisa dilakukan oleh pemula sekalipun. Gerakan ini terfokus untuk menguatkan bagian pada, tulang belakang, betis, dan pergelangan kaki.

Gerakan pertama dimulai dari berdiri lurus dengan sedikit membuka kaki. Regangkan lengan ke depan dengan telapak tangan menghadap ke bawah. Pastikan untuk meluruskan lengan dan tidak boleh menekuk siku. Secara perlahan tekuk lutut dan dorong pinggul ke arah bawah, seolah-olah sedang duduk. Usahakan tulang punggung dalam posisi tegap dan jangan lupa untuk menenangkan pikiran, HappyFams. Tahan selama 30 detik hingga 1 menit sambil atur pernafasan.

BACA JUGA:

7. Child's Pose

gerakan yoga untuk pemula
Sumber:
xframe.io

Child's pose sangat tepat dijadikan sebagai gerakan penutup dari rangkaian gerakan yoga untuk pemula. Untuk melakukannya cobalah untuk duduk dengan berlutut di atas lantai. Sentuh kedua jempol kaki dan duduk di atas tumit, lalu buka lutut selebar pinggul.

Sambil membuang nafas turunkan batang tubuh di antara paha dan lebarkan sakrum pada bagian belakang pinggul. Rapatkan titik pinggul ke arah pusar sehingga dapat ditempatkan pada paha bagian dalam.

Tarik tulang ekor menjauh dari bagian belakang panggul saat mengangkat pangkal tengkorak dari bagian belakang leher. Lalu letakkan tangan di atas lantai pada bagian atas kepala dengan telapak tangan menghadap lantai. Posisi HappyFams benar apabila berat bahu depan menarik tulang belikat secara lebar di bagian punggung. Tahan posisi ini selama 30 detik hingga 3 menit dengan mengatur pernafasan.

Ternyata beberapa gerakan yoga untuk pemula tidak sulit ya, HappyFams. Silahkan untuk mencobanya di rumah karena bila dilakukan dengan benar bisa meningkatkan imunitas tubuh lho dan ingat untuk tidak terlalu memaksakan diri apabila dirasa tidak mampu untuk melakukannya. Namun perlu diingat juga setiap gerakan yoga membutuhkan kesabaran dalam prosesnya. Lakukan secara konsisten hingga mencapai pose sempurna layaknya profesional.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Yuk Belajar Gerakan Senam Yoga Untuk Pemula, Bisa Mengecilkan Perut!"