Waspada! Masalah Kesehatan Wanita Yang Kerap Muncul Di Umur 30 Tahun

Waktu Baca: 4 menitMinggu, 20 Juni 2021 10:31 WIB
masalah kesehatan wanita
Sumber: xframe.io

Moms ketika sudah beranjak menuju kepala tiga, harus berhati-hati nih, karena ada beberapa masalah kesehatan wanita yang mulai terlihat ketika umur 30 tahun. Tentunya tidak ingin masalah tersebut mengganggu Moms dalam beraktivitas sehari-hari.

Memang mungkin saat ini tubuh masih terasa bugar, mampu menjalankan berbagai aktivitas, cenderung sehat serta tidak menunjukkan tanda-tanda sakit. Bahkan ketika diperiksakan kondisinya, cenderung tidak menunjukkan kondisi imunitas tubuh bermasalah.

Keadaan ini mungkin bisa berubah dengan cepat setelah Moms memasuki usia 30 tahun, terlebih apabila tidak ditunjang dengan gaya hidup sehat. Seperti olahraga teratur, menjaga pola makan, dan menjaga pola istirahat teratur.

Apa yang Terjadi Ketika Wanita Berusia 30 Tahun?

Tentunya akan muncul pertanyaan, bagaimana bisa ketika umurnya sudah mencapai kepala tiga ada potensi masalah kesehatan? Untuk menjawab pertanyaan serta kebingungan tersebut ada banyak sudut pandang yang bisa digunakan.

Pada pembahasan kali ini, Happinest Indonesai akan membahas dari sudut pandang kondisi tubuh ketika sudah memasuki usia 30 tahun. Ilmuwan dan ahli gizi menemukan bahwa ketika usia sudah menjelang kepala tiga, terdapat berbagai perubahan pada kondisi tubuh manusia.

Perubahan tersebut bersifat fisik, artinya beberapa komponen tubuh mulai menunjukkan gejala perubahan fisik serta mempengaruhi kinerjanya. Hal ini menurut Dr. Ervina Hastati umur segitu adalah awal dari proses penuaan namun gejalanya belum terlihat.

Secara fisiologis tubuh juga akan mengalami yang namanya penurunan massa otot. Efeknya adalah berkurangnya kekuatan otot, sehingga ketika hendak mengangkat atau beraktivitas, energi yang dikeluarkan juga semakin banyak.

Tidak hanya otot, kondisi tulang juga mulai memasuki masa pertumbuhan maksimumnya. Hal ini menunjukkan bahwa sebentar lagi tulang akan mengalami masa-masa keroposnya. Gejalanya terkadang muncul, seperti sering merasakan pegal-pegal.

Metabolisme serta imun tubuh juga mulai menurun, efeknya adalah lebih rentan terkena berbagai macam penyakit. Mulai yang ditimbulkan dari virus, bakteri, atau parasit. Ini adalah sebuah hal yang wajar, karena seiring bertambahnya usia kinerja memang menurun.

Kondisi tersebut sebenarnya masih bisa ditunjang dengan mengonsumsi makanan atau menjaga pola hidup sehat. Seperti mengonsumsi susu dengan kandungan vitamin D dan kalsium untuk menjaga massa otot dan tulang.

Beberapa Masalah Kesehatan Wanita Ketika Menginjak 30 Tahun

Sebenarnya kondisi kesehatan ini tidak selalu muncul pada Moms ketika usia menginjak 30 tahun. Namun potensi terkenanya cukup besar apabila tidak dipersiapkan dengan baik. Salah satunya karena kondisi tubuh yang memang semakin melemah.

1. Benjolan Pada Payudara

Moms, berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa masalah pada payudara (kanker payudara) cenderung lebih sering muncul pada wanita paruh baya. Semakin tinggi tingkat usianya, semakin tinggi risiko untuk terkena kanker payudara.

Periksalah kondisi payudaranya secara rutin, dengan memastikan tidak ada benjolan, perubahan tekstur, serta perubahan pada putingnya. Ketika ada kondisi tidak wajar, jangan abaikan. Segeralah berkonsultasi pada dokter atau spesialisnya.

BACA JUGA:

2. Rambut Rontok

masalah kesehatan wanita
Sumber: pinterest

Moms pasti tahu bahwa rambut adalah mahkota seorang wanita, tentunya memiliki rambut indah menjadi kebanggaan tersendiri. Karenanya apabila menemukan kerontokan, tentunya khawatir. Tidak hanya masalah kecantikan saja tetapi juga kesehatan.

Biasanya ketika rambut rontok menunjukkan adanya beberapa masalah pada tubuh. Seperti kekurangan hemoglobin, vitamin D, adanya tidak seimbangnya hormon, dan sebagainya. Stress juga bisa memicu kondisi ini, karenanya jaga kesehatan fisik dan mental.

3. Penambahan Berat Badan

Masalah berat badan merupakan hal yang serius, terutama bagi seorang Moms. Permasalahan berat badan ini bisa terjadi karena adanya penyakit tertentu. Sangat disarankan untuk memeriksakan kadar tiroid dan kolesterol secara teratur, ini kunci utama masalahnya.

4. Kesulitan dalam Mengandung

Usia kesuburan normal seorang wanita pada umumnya berakhir ketika menginjak 48 tahun. Namun ketika umur 30 tahun tidak sedikit yang mengalami kesulitan hamil. Ada beberapa penyebab, seperti keseimbangan hormon.

5. Penglihatan Berkurang

masalah kesehatan penglihatan wanita
Sumber: health.com

Semakin bertambahnya umur, Moms harus menyadari bahwa indra penglihatan mulai melemah. Mengonsumsi vitamin A, C, serta E bisa menjadi salah satu langkah untuk mempertahankan daya penglihatan.

Kesehatan adalah sesuatu yang sangat berharga dan mahal harganya. Kesehatan harus ditunjang dengan pola makan dan pola hidup yang baik. Dengan demikian ketika menginjak umur 30, masalah kesehatan wanita bisa diminimalisir.

Walau usai terus bertambah tapi tetap harus tetap muda ya Moms!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Waspada! Masalah Kesehatan Wanita Yang Kerap Muncul Di Umur 30 Tahun"
related post
Penyebab Darah Haid Hitam Pekat Dan Bau Di Awal Menstruasi, Bahayakah?

Apakah Moms pernah mengalami ketika datang bulan dengan kondisi darah haid hitam dan bau? Hal ... Lanjut Baca

Penyakit Serangan Jantung Ringan Dapat Terselamatkan Dengan Cara Ini

Serangan jantung menjadi salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Meskipun begitu banyak orang yang ... Lanjut Baca

Akibat Kekurangan Gizi Pada Anak Dan Remaja Bisa Berdampak Kronis, Lho

Kekurangan gizi ternyata masih menjadi salah satu permasalahan kesehatan anak di Indonesia. Setiap bayi, anak, ... Lanjut Baca