Wajarkah Bayi Baru Lahir Tidur Terus? Jangan Cemas, Ini Faktanya!

Minggu, 22 September 2019 00:00 WIB
Wajarkah bayi baru lahir tidur terus
Sumber: Tarahphotography.com

Happinest.id - Sebagai orang tua, Moms dan Dads pasti ingin segera menikmati kebersamaan dengan si kecil yang baru lahir, bukan. Menggendong dan mengamati si kecil akan menjadi rutinitas baru bagi Moms dan Dads serta HappyFams. Bagi Moms yang baru pertama kali memiliki bayi tentu merasa bingung kenapa kenapa anak bayi baru lahir tidur terus dan bertanya-tanya wajarkah bayi baru lahir tidur terus-terusan. Hal ini wajar Moms, durasi tidur bayi baru lahir dengan orang dewasa sangat jauh berbeda.

Bagi orang dewasa, tidur adalah waktu yang digunakan untuk membiarkan tubuh beristirahat. Tetapi, bagi bayi baru lahir tidur adalah prioritas utama karena tidur bagi bayi baru lahir tidak hanya sekedar beristirahat saja, tapi juga masa untuk mengoptimalkan dan menyempurnakan sistem dalam tubuh. Moms juga harus tahu bahwa pola tidur bayi berbeda di setiap pertambahan usianya. Contohnya, pola tidur bayi 0-3 bulan yang durasi tidurnya mulai dari 16,5 jam hingga 14 jam dalam sehari yang terbagi pada waktu tidur siang dan malam.

Bagaimana Durasi Tidur Bayi Yang Tepat Sesuai Usianya?

Berikut adalah informasi mengenai durasi tidur bayi sesuai tahapan usianya agar Moms tidak terlalu cemas dan khawatir.

  • Pada bayi usia 1 sampai 3 bulan,  jam tidurnya berkurang menjadi 14-16 jam sehari. Yaitu, 6-7 jam untuk tidur siang dan 8-9 jam untuk tidur malam.
  • Pada usia 6 bulan, bayi memerlukan durasi tidur sekitar 14 jam sehari. 3 jam untuk tidur siang hari dan 11 jam untuk tidur malam.
  • Di usia 9-12 bulan, pola tidur bayi berubah menjadi 13,5 jam sehari. Yaitu 2,5 jam untuk tidur siang dan 11 jam untuk tidur malam.

Perubahan pola tidur bayi ini biasanya akan membuat si kecil rewel dan kesulitan untuk tidur saat berada dalam masa penyesuaian. Perubahan pola tidur ini juga dipengaruhi oleh pertumbuhan gigi yang bayi merasa risih dan tidak nyaman. Selain itu, seiring bertambahnya usia si kecil juga sudah mulai belajar merangkak dan semakin aktif sehingga pola tidurnya berubah dan mengikuti perkembangannya.

Pahami Alasan Mengapa Bayi Baru Lahir Tidur Terus Menerus Sepanjang Hari

Berbeda lagi jika Moms memiliki bayi lahir prematur yang mana bayi akan cenderung tertidur sepanjang hari, bahkan saat waktu minum ASI tiba. Kalau memang sudah waktunya menyusu, Moms harus membangunkan si kecil dengan memeluk atau dekap bayi dan bangunkan agar kebutuhan cairan dan nutrisi si kecil bisa terpenuhi. Nah, untuk mengetahui alasan kenapa bayi yang baru lahir tidur terus, Moms bisa simak beberapa penjelasan berikut agar tahu faktanya dan menghapus kekhawatiran yang Moms rasakan.

1. Hormon Perkembangan Bekerja Saat Bayi Terlelap Tidur

Wajarkah Bayi Baru Lahir Tidur Terus Hormon Perkembangan Bekerja Saat Bayi Terlelap Tidur
Sumber: Romper.com

Rupanya nih Moms, tidur bagi bayi yang baru lahir memang sangat diperlukan. Mengapa? Karena kadar hormon perkembangan atau pertumbuhan justru menjadi aktif ketika mereka sedang terlelap tidur. Hormon perkembangan tersebut berperan dalam pendukung pertumbuhan tulang dan jaringan dalam tubuh pada bayi agar optimal. Selain itu tidur juga akan membantu memperbaiki dan memperbaharui sel-sel kulit dan darah yang prosesnya lebih cepat dan optimal ketika bayi sedang tertidur lelap ketimbang saat bayi sedang bangun.

2. Tidur Akan Membantu Perkembangan Otak Bayi

Wajarkah Bayi Baru Lahir Tidur Terus Tidur Akan Membantu Perkembangan Otak Bayi
Sumber: Hdfootagestock.com

Alasan kenapa bayi baru lahir selalu tidur terus adalah karena tubuh bayi sedang melakukan perbaikan dan pembaharuan sel saraf. Tidur juga dapat meningkatkan kemampuan kognitif, mental, emosi, dan konsentrasi pada bayi lho, Moms. Teori Autostimulation menyebutkan bahwa meningkatnya kualitas tidur atau Rapid Eye Movement (REM) pada bayi, maka pertumbuhan otak bayi pun jadi lebih terpacu. Pada fase tersebut, otak bayi akan mengalami rangsangan di sel otaknya (neurotransmiter) sehingga ikut merangsang aktivitas otak. Nah, di saat tidur pula otak bayi dapat mengembangkan sinapsis untuk membantunya belajar mengenali sesuatu dan bergerak. Menarik ya fakta sains tentang bayi ini?

3. Mengoptimalkan Sistem Kekebalan Tubuh Bayi

Wajarkah Bayi Baru Lahir Tidur Terus Mengoptimalkan Sistem Kekebalan Tubuh Bayi
Sumber: Freepik.com

Alasan lain kenapa bayi yang baru lahir tidur terus adalah karena saat tidur sistem kekebalan tubuh bayi akan meningkat. Kurang tidur bisa membuat kekebalan tubuh bayi menurun dan sel darah putihnya ikut menurun. Jika kondisi ini terjadi terus menerus, bisa berdampak buruk bagi si kecil. Ia akan lebih rentan terkena berbagai penyakit seperti diabetes, obesitas dan menjadi tidak aktif serta energik lagi. Moms bisa perhatikan juga, apabila si kecil kurang tidur maka ia akan lebih sering merengek dan menangis, karena itu biarkan si kecil yang masih bayi tidur.

4. Tidur Dapat Membantu Memperlancar Aliran Darah Bayi

Wajarkah Bayi Baru Lahir Tidur Terus Tidur Dapat Membantu Memperlancar Aliran Darah Bayi
Sumber: Feedytv.com

Saat bayi berada dalam tahapan Rapid Eye Movement (REM), bayi akan tertidur dengan keadaan jarinya terus bergerak dengan mata tetap terpejam. Aktivitas tidur inilah yang dapat membantu aliran darah menuju otak meningkat yang berperan penting untuk kesehatan psikologis bayi.

Itulah 4 fakta yang menjawab kebingungan Moms mengenai kenapa anak bayi baru lahir tidur terus menerus. Setelah mengetahui manfaat tidur bagi bayi ini sebaiknya Moms mulai memperhatikan kualitas tidur bayi agar pertumbuhan dan perkembangan jaringan dalam tubuh bayi bisa bekerja dengan optimal. Moms juga harus tahu nih, bahwa bayi baru lahir belum bisa membedakan antara siang dan malam. Itu pula sebabnya Moms seringkali harus bergadang karena bayi kerap terbangun pada malam hari. Namun, keadaan ini hanya akan berlangsung sementara sesuai dengan perubahan pola tidur pada bayi ya, Moms.

Apakah Moms punya pengalaman atau tips dan saran seputar bayi baru lahir? Jangan sungkan untuk berbagai pengetahuan dengan Moms lainnya di sini, ya!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Wajarkah Bayi Baru Lahir Tidur Terus? Jangan Cemas, Ini Faktanya!"