Usia Ideal Menikah Muda Bagi Pasangan Milenial Di Indonesia

Waktu Baca: 3 menitJum'at, 30 Oktober 2020 10:24 WIB
Resepsi Pernikahan New Normal
Sumber: mywedding

Berapa usia ideal menikah muda? Tentu pertanyaan seperti ini banyak diajukan oleh orang terutama di Indonesia. Seperti yang HappyFams ketahui bahwa menikah itu tentu saja tidak sama dengan pacaran yang mana bisa bersama satu atau dua hari saja, melainkan jika menikah tentu nantinya HappyFams dan pasangan harus tinggal bersama dan membangun bahtera rumah tangga bersama-sama. Nah, jika ditanya berapa usia ideal untuk menikah muda tentu informasi berikut ini bisa menambah ilmu pengetahuan HappyFams semua.

Berapa Usia Menikah yang Dianggap Ideal?

Menikah pada dasarnya memang membutuhkan kematangan baik itu calon istri dan juga calon suami. Sebab sebelum memutuskan menikah memang ada baiknya HappyFams dan pasangan bisa melakukan persiapan baik itu secara fisik ataupun mental. Mengapa demikian? sebab faktanya saat ini ada banyak sekali pasangan yang sudah menikah memutuskan untuk bercerai dengan alasan tidak cocok, tidak sependapat dan sebagainya.

Tak hanya itu saja, saat ini juga tak sedikit pasangan yang memutuskan untuk menikah muda sehingga banyak yang beranggapan bahwa alasan menikah muda itu enak. Padahal itu salah besar, terlebih lagi jika pasangan muda yang hanya termakan emosi sesaat saja. Jadi, sebagai saran sebelum memutuskan untuk menikah muda maka ada baiknya untuk memikirkan kembali dan persiapkan dengan matang baik itu, fisik, mental, kemantapan hati, financial dan lainnya. Hal ini dilakukan yaitu untuk mengurangi pula terjadinya pertengkaran hingga sampai perceraian.

Nah, menurut BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional), dimana batasan untuk usia ideal menikah muda yang layak yaitu usia 21 tahun bagi perempuan dan usia 25 tahun untuk pria. Selain itu, jika dilihat lagi berdasarkan data dari BKKBN, dimana pernikahan muda diantara remaja usia belasan akhir dan juga usia 20-an awalnya banyak terjadi karena dengan alasan adat ataupun kehamilan diluar nikah. Kemudian BKKBN juga melaporkan bahwa banyaknya ataupun lebih dari 50 persen pernikahan muda atau dini berakhir dengan kasus perceraian.

Selain itu, jika berdasarkan ilmu kesehatan, dimana usia ideal untuk menikah muda atau matang secara biologis yaitu antara 20 hingga 25 tahun bagi wanita sedangkan usia 25 hingga 30 tahun bagi pria. Nah, usia seperti itulah dianggap paling baik bagi HappyFams semua untuk memutuskan menikah ataupun membangun rumah tangga. Mengapa demikian? karena memang usia tersebut sudah matang serta dapat berpikir dewasa secara rata-rata.

Memilih Menikah Muda Tentu Memiliki Banyak Resiko

resiko menikah muda
Sumber: stock.adobe

Jika berbicara mengenai hubungan antar pasangan, orang tua dengan anak dan lainnya tentu berhubungan pula dengan pendidikan anak usia dini. Kenapa bisa demikian? sebab karakter sang anak tentunya di bangun pada saat anak masih usia dini. Mulai dari sinilah para orang tua mengajarkan sang anak dengan baik sehingga dewasa nantinya ia bisa berpikiran dengan matang dan dewasa terlebih lagi jika ia memutuskan untuk menikah.

Menikah muda bukan suatu larangan jika kedua pasangan memang benar-benar siap untuk melakukannya dan mengetahui segala resiko yang akan terjadi nantinya. Sebab setelah menikah tentunya HappyFams tidak hanya berpikir hidup bersama saja, melainkan HappyFams juga harus memikirkan pada saat kehamilan, persalinan, memiliki bayi hingga sampai mengurus balita hingga remaja atau bahkan sampai ia dewasa.

Untuk itu, pastikan HappyFams harus bisa persiapkan diri dengan sebaik mungkin dan kalian juga harus tahu bahwa pasangan muda yang menikah di usia muda pada umumnya juga akan sulit untuk mengatasi permasalahan rumah tangga jika dibandingkan dengan pria dan wanita yang memang usianya sudah matang. Oleh karena itu, konflik yang terjadi di dalam rumah tangga pasangan muda akan berpeluang berakhir di meja hijau atau perceraian.

Jadi, jika HappyFams tetap ingin menikah muda maka pastikan pula kesiapan hati, mental, fisik dan sebagainya sehingga HappyFams bisa membangun rumah tangga yang harmonis dan masa depan yang cerah. Selain itu, para anak-anak muda sebelum memutuskan menikah maka ada baiknya untuk mengetahui usia ideal menikah muda yang tepat.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Usia Ideal Menikah Muda Bagi Pasangan Milenial Di Indonesia"
related post
7 Tips Menabung Untuk Menikah Dalam 1 Tahun, Biar Cepat Ke Pelaminan

Menikah menjadi sebuah impian bagi sebagian besar pasangan yang saat ini sedang berada di sebuah ... Lanjut Baca