Untung Rugi Over Kredit Rumah, Apa Saja Sih Yang Harus Diperhatikan?

Waktu Baca: 6 menitSabtu, 28 Maret 2020 10:00 WIB
Untung Rugi Over Kredit Rumah
Sumber: selectne.co.uk

Masalah biaya seringkali menjadi kendala paling besar bagi banyak orang untuk segera memiliki hunian sendiri. Dan semua orang pun memiliki impian untuk bisa tinggal di rumah milik sendiri karena dipastikan akan lebih nyaman. Atas dasar itu pula, banyak orang yang memilih untuk mencicil rumah dengan modal keberanian dan dana pas-pasan demi mewujudkan impian untuk mempunyai hunian idaman.

Konsekuensi dari alternatif tersebut adalah kemungkinan tidak sanggup lagi membayar cicilan di kemudian hari. Jika sudah berada pada situasi tersebut, biasanya pihak bank akan memberikan pilihan untuk over kredit sebagai solusinya. Nah, beli rumah over kredit ini bisa jadi pilihan untuk Dads yang mengidamkan hunian baru untuk keluarga. Tapi sebelum memutuskan untuk membelinya, Dads harus tahu dulu apa itu over kredit rumah dan apa saja untung rugi over kredit rumah ini. Berikut penjelasan lengkapnya!

1. Apa Itu Over Kredit Rumah?

Over Kredit Rumah Aman
Sumber: kto-chto-gde.ru

Over kredit rumah adalah salah satu pilihan untuk membeli rumah dengan cara KPR atau mencicil. Hanya saja, over kredit terjadi apabila pemilik rumah sebelumnya tidak mampu lagi untuk melanjutkan cicilannya. Sehingga pihak bank pun memberikan alternatif untuk mengalihkan cicilan rumah tersebut kepada pihak lain sesuai dengan ketentuan hukum.

Ada dua cara yang paling umum dilakukan untuk over kredit rumah. Pertama, adalah over kredit yang langsung dilakukan melalui bank. Kedua, adalah over kredit hak tanah melalui bantuan notaris. Dan keduanya merupakan cara over kredit rumah aman yang bisa Dads jadikan pilihan.

Tahukah Dads, membeli rumah dengan cara over kredit ini mulai banyak digemari karena suku bunganya lebih ringan lho, Dads. Nah, kalau Dads memang tertarik untuk beli rumah over kredit ini sebaiknya melalui bank agar aturan dan ketentuannya lebih jelas dan aman.

2. Keuntungan Over Kredit Rumah

Keuntungan Take Over Kpr
Sumber: blog.kohinoorpune.com

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa ada dua cara untuk membeli rumah dengan over kredit ini, yakni melalui bank dan notaris. Meski dikatakan bahwa pembelian lewat bank lebih aman, tetapi sebenarnya kedua cara tersebut saling memiliki keuntungan take over KPR lho, Dads! Agar lebih jelas simak lebih lanjut ya, Dads!

Keuntungan Over Kredit Melalui Bank

Dads, over kredit melalui bank ini juga biasa disebut sebagai alih debitur. Pada cara ini, kedua belah pihak yaitu pembeli dan penjual rumah harus menghadap ke bagian administrasi bank untuk membicarakan perihal pengalihan hak milik properti. Selanjutnya pembeli akan mengajukan permohonan kredit sebagai debitur baru untuk menggantikan yang lama.

Setelah itu, pihak bank pun terlebih dahulu akan mengecek persyaratan yang diajukan oleh kedua pihak. Kalau sudah lengkap dan disetujui, maka posisi debitur lama akan langsung digantikan oleh pembeli atau debitur baru dengan mengikuti ketentuan yang berlaku. Dalam proses ini, bank sendiri akan memberikan surat perjanjian kredit atas nama debitur baru serta pengikatan jaminan dan akta jual beli.

Berikut ini adalah keuntungan dari take over kredit rumah melalui pihak bank, Dads:
• Pembeli rumah atau debitur baru dapat melakukan angsuran atau cicilan atas namanya sendiri kepada pihak bank.
• Sertifikat rumah dapat langsung dibalik nama menggunakan nama pembeli atau debitur baru sekalipun kondisinya masih sebagai jaminan bank dan baru akan diambil kalau cicilan sudah lunas sepenuhnya.

Keuntungan Over Kredit Melalui Notaris

Perlu Dads ketahui bahwa sebenarnya beli rumah over kredit dengan cara pengalihan hak bangunan dan hak tanah melalui akta notaris ini tidaklah terlalu buruk. Walaupun pada dasarnya ada beberapa hal yang membuatnya tidak seaman melalui pihak bank.

Pada cara ini, penjual dan pembeli rumah diwajibkan untuk melengkapi berkas yang dibutuhkan dan membawanya kepada notaris. Selanjutnya notaris akan membuat akta jual beli sebagai bentuk pengalihan tanah dan bangunan. Tidak lupa pula surat kuasa pengalihan sertifikat dan surat kuasa pelunasan kredit.

Kalau semua prosedurnya telah selesai, maka kedua belah pihak wajib menyerahkan bukti pengalihan properti kepada bank. Akan tetapi, sertifikat rumah tersebut masih atas nama debitur lama dan baru bisa diubah setelah kreditnya lunas.

Dan berikut adalah keuntungan over kredit rumah melalui akta notaris, Dads:
Over kredit lewat akta notaris cenderung lebih murah karena biaya yang akan digunakan selama proses ini tidak terlalu besar.
• Proses pengalihan properti dan kredit tidak membutuhkan waktu lama, sehingga prosesnya lebih mudah dan juga cepat selesai.

3. Kerugian Over Kredit Rumah

Cara Mudah Jual Rumah Kpr
Sumber: lifepal.co.id

Sebagai salah satu cara mudah jual rumah KPR, over kredit juga mempunyai kekurangan tersendiri yang juga perlu Dads ketahui. Kekurangan tersebut berbeda antara kredit yang dilakukan melalui pihak bank ataupun akta notaris. Dan kekurangan tentunya bisa menjadi salah satu pertimbangan Dads jika ingin membeli rumah secara over kredit.

Kerugian Over Kredit Melalui Bank

Sekalipun dianggap paling aman, ternyata over kredit melalui bank juga mempunyai kelemahan.

Berikut ini adalah beberapa kekurangan apabila Dads memilih over kredit melalui pihak bank:
• Waktu yang diperlukan relatif lama karena pihak bank masih harus melakukan analisa terhadap kredit rumah.
• Prosedur yang diterapkan oleh pihak bank cukup banyak sehingga biaya yang diperlukan juga terbilang besar dan prosesnya pun jadi lebih rumit dan lama.
• Bank juga mempertimbangkan kemampuan finansial pembeli atau debitur baru sehingga kemungkinan untuk ditolak tetap ada.

Kerugian Over Kredit Melalui Notaris

Sama halnya dengan over kredit melalui bank yang mempunyai kekurangan, menggunakan jasa notaris pun juga memiliki kelemahan tersendiri, Dads.

Apa saja kelemahan over kredit rumah dengan akta notaris ini:
• Debitur baru masih melakukan cicilan rumah atas nama debitur lama.
• Nama yang tercantum di sertifikat rumah masih nama debitur lama dan status sertifikat tersebut adalah jaminan untuk bank hingga rumah cicilan rumah lunas.
• Jika proses pengalihan properti dilakukan tanpa sepengetahuan pihak bank, maka peluang penipuan pun terbuka lebar. Dimana debitur lama dapat melunasi kredit rumahnya dan kemudian mengambil sertifikat yang memang atas namanya sendiri.

Nah, itulah beberapa untung rugi over kredit rumah yang perlu untuk Dads ketahui. Pastikan kalau Dads sudah sangat memahami prosedurnya dengan baik, ya. Jangan sungkan untuk menggali informasi lebih banyak jika Dads ingin membeli rumah KPR baik dengan cara over kredit ataupun tidak. Kalau Dads mempunyai pertanyaan atau pengalaman terkait over kredit rumah, tidak ada salahnya untuk bertanya dan berbagi di kolom komentar, Dads.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Untung Rugi Over Kredit Rumah, Apa Saja Sih Yang Harus Diperhatikan?"
related post
7 Sikap Suami Tidak Peduli Perasaan Istri Tapi Diam-diam Sayang

Moms mungkin pernah merasa bahwa terkadang suami tak peduli lagi dengan keluarga dari sikap-sikapnya yang ... Lanjut Baca