Tradisi Imlek Dan Maknanya, Menarik Lho Untuk Dipahami!

Waktu Baca: 5 menitRabu, 22 Januari 2020 10:00 WIB
Tradisi Imlek Dan Maknanya
Sumber: visa-vietnam.org.vn

Indonesia merupakan salah satu negara yang sebagian penduduknya juga berasal dari etnis Tionghoa. Jadi, nggak heran pula mengapa imlek di Indonesia terasa sangat kental dan dirayakan meriah pada beberapa wilayah. Imlek tidak hanya sekedar perayaan tahun baru China yang dimeriahkan dengan berbagai dekorasi berwarna merah dan pertunjukan barongsai saja, namun juga ada berbagai tradisi khas Tionghoa yang sangat menarik untuk diikuti. Nah, apa aja sih, tradisi imlek di Indonesia yang sering dilakukan masyarakat Tionghoa? Yuk, cari tahu lebih lanjut karena tiap tradisi juga memiliki makna tersendiri yang seru untuk disimak!

1. Patekoan, Tradisi Imlek Unik Di Jakarta

Tradisi Imlek Di Jakarta
Sumber: backpackertambun.blogspot.com

Tidak jauh berbeda dengan daerah-daerah lainnya, acara imlek di Jakarta memang tidak lepas dari pertunjukkan Liong dan Barongsai. Namun, selain itu ada satu perayaan imlek di Jakarta yang tak kalah unik dan menariknya. Yaitu, tradisi Patekoan yang diadakan secara turun-temurun yang dulunya diajarkan oleh seorang kapiten asal China, Gan Djie.

Salah satu tradisi imlek di Jakarta ini biasanya diadakan di kawasan Pecinan, Glodok. Saat Happyfams datang ke daerah ini, pasti akan banyak melihat jejeran teko berjumlah delapan buah yang tersusun rapi di tepi jalan. Empat teko berada di sebelah kanan dan empat teko lagi di sebelah kiri lengkap dengan selusin cangkir di tengahnya.

Tradisi Patekoan ini terus dilakukan hingga kini untuk mengenang nuansa China masa lalu dan semangat kebersamaan dalam masyarakat. Selain itu, tradisi Patekoan ini diharapkan dapat menjaga kerukunan antar entnis dalam masyarakat. Wah, ternyata tradisi yang tampak sederhana ini mengandung makna yang luar biasa, ya!

2. Barongsai, Ikon Perayaan Imlek Yang Paling Populer

Tradisi Imlek Yang Sering Dilakukan Adalah
Sumber: windsorstar.com

Selanjutnya, tradisi imlek yang sering dilakukan adalah barongsai, pertunjukkan unik khas masyarakat Tionghoa ini dilakukan oleh dua orang yang berakrobat menggunakan kostum berbentuk singa. Pertunjukkan barongsai ini dilakukan sebagai simbol pengusiran hal buruk yang bisa saja terjadi menjelang perayaan imlek. Dibalik pertunjukan barongsai yang seru ini ternyata ada cerita yang tak kalah menarik, lho!

Barongsai bagi masyarakat China merupakan sosok yang hadir untuk menaklukan dan mengusir monster yang telah merusak sebuah kampung dan membuat warga di China ketakutan. Namun sayangnya, sang monster justru dendam dan kembali menyerang kampung tersebut. Akhirnya, untuk menakuti sang monster agar ia segera pergi warga pun menyamar menjadi singa.

3. Yu Sheng, Tradisi Imlek Yang Tak Kalah Unik

Tradisi Imlek
Sumber: blog.aseankorea.org

Saat tahun baru imlek, tradisi yang juga paling banyak ditunggu adalah sajian makanan khasnya. Salah satu kuliner yang hadir saat imlek dan terkenal unik adalah yu sheng. Yakni berupa salad ikan dengan aneka macam irisan sayur segar sebagai pelengkapnya. Happyfams tahu tidak apa yang unik dari tradisi imlek satu ini? Yaitu, sajian ini disantap dengan cara mengangkatnya setinggi mungkin menggunakan sumpit. Bagi masyarakat China, tradisi ini melambangkan harapan rejeki dan keberuntungan yang tinggi dan terus meningkat.

4. Lukisan Khas Tiongkok, Dekorasi Khas Imlek

Tradisi Imlek Di Indonesia
Sumber: gpsandal.com

Dari sekian banyaknya dekorasi khas tahun baru imlek, “Puisi Tahun Baru Imlek” dan “Lukisan Tahun Baru Imlek” adalah salah satu yang paling menarik karena ditulis menggunakan tinta hitam atau emas di atas kertas berwarna merah. Sedangkan, untuk lukisannya biasanya menggambarkan Dewa Fu Lu Shou yang merupakan Dewa Rejeki yang digambarkan dengan suasana musim semi dan musim panen. Bukan hanya itu saja, lambang shio-shio dalam kepercayaan Tionghoa pun juga banyak hadir dalam lukisan sebagai dekorasi khas imlek.

5. Tok Panjang, Tradisi Imlek Di Semarang

Tradisi Imlek Di Semarang
Sumber: travel.detik.com

Satu lagi tradisi imlek di Indonesia yang tak kalah menariknya, yaitu Tok Panjang di Semarang. Konon, tradisi imlek ini sarat akan maknanya, “Tok” sendiri memiliki arti meja. Jadi, Tok panjang adalah tradisi makan bersama pada sebuah meja panjang yang bisa diikuti oleh semua orang. Termasuk, orang-orang dari luar etnis Tionghoa seperti, etnis Jawa, Arab, dan yang lainnya. Tradisi ini menjadi simbol dan ciri khas dari keberagaman kota Semarang.

Tradisi ini bertujuan agar masyarakat di Semarang saling menghargai dan menghormati sesama tanpa memandang ras, suku, maupun agama. Menu yang disajikannya pun sangat beragam, mulai dari yu zheng, dimsum, nasi goreng, hingga kue pandang keju sebagai dessert-nya. Menu-menu yang disajikan pun juga mengandung filosofi tersendiri bagi orang Tionghoa.

Sebenarnya bukan hanya di Semarang saja HappyFams bisa mengikuti tradisi Tok Panjang ini, karena saat liburan imlek di Singapura pun HappyFams bisa menjumpainya. Namun, yang istimewa dari Semarang dalam menjalankan tradisi ini adalah meja yang digunakan panjangnya mencapai 200 meter yang bertengger mulai dari ruas jalan Wotgandul Timur sampai jalan Gang Pinggi di Pecinan Semarang. Menarik sekali bukan, tradisi yang satu ini?

Selain meriah, ternyata tradisi yang dilakukan saat perayaan imlek mengandung filosofi dan makna yang mendalam, ya! Daripada liburan imlek hanya berdiam diri di rumah, tidak ada salahnya jika HappyFams menyempatkan waktu untuk ikut merayakan tradisi imlek yang hanya ada sekali dalam setahun. Apa di daerah tempat tinggal HappyFams ada tradisi imlek lainnya yang tak kalah menarik? Jangan sungkan berbagi infonya, ya!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Tradisi Imlek Dan Maknanya, Menarik Lho Untuk Dipahami!"
related post
Cara Menghadapi Istri Suka Ngambekan Berhari-hari Menurut Islam

Dalam berumah tangga tentu wajar apabila terjadi perselisihan hingga menyebabkan istri ngambek. Ada banyak penyebab ... Lanjut Baca