Tips Puasa Bagi Ibu Menyusui, Moms Wajib Praktekkan Nih!

Waktu Baca: 7 menitJum'at, 31 Mei 2019 08:15 WIB
Tips Puasa Ibu Menyusui
Sumber: Pexels.com/Dominika Roseclaw

Kebahagiaan memancar ketika memasuki bulan Ramadan. Namun, bagaimana jika Moms ternyata sedang menyusui? Beragam cerita dan mitos yang simpang siur mengenai resiko menyusui saat beribadah puasa seakan menghantui. Ketakutan mulai dari takut jatuh sakit, takut baby jadi malnutrisi karena asupan ASI yang berkurang, hingga ketakutan akan tidak maksimalnya ibadah seringkali muncul di benak Moms. Jangan khawatir ya, Moms! Berikut ini Happinest Indonesia sajikan tips berpuasa bagi ibu menyusui sebagai referensi bagi Moms yang semangat beribadah di bulan suci ini. Selamat membaca, Moms!

1. First of All, Konsultasi Ke Dokter Dulu Ya Moms!

Tips Puasa Bagi Ibu Menyusui Konsultasikan Ke Dokter
Sumber: Pexels.com/Rawpixel.com

Hal utama yang harus Moms lakukan adalah menghubungi dokter terlebih dahulu, karena dokter dapat menyajikan referensi paling akurat mengenai kondisi tubuh Moms saat berpuasa. Ketika berkonsultasi dengan dokter, jangan lupa konsultasikan kondisi tubuh Moms sekaligus kondisi tubuh baby. Informasikan pada dokter terkait usia bayi, kondisi tubuh bayi, penyakit dan gangguan yang mungkin sedang diidap bayi, riwayat penyakit turunan, kondisi emosi Moms, dan hal-hal lain yang Moms rasa dapat berdampak pada performa Moms dan bayi jika berpuasa.

Informasi tersebut akan dianalisa oleh dokter sehingga Moms dapat mengetahui tips aman puasa saat menyusui yang paling tepat bagi Moms dan si kecil. Selain itu, ada informasi lain yang bisa Moms tanyakan saat berkonsultasi dengan dokter adalah boleh atau tidaknya puasa berdasarkan kondisi klinis Moms dan si kecil, beberapa saran makanan dan suplemen, serta pengetahuan mengenai MPASI (Makanan Pengganti ASI).

Moms yang diperbolehkan menyusui selama bulan puasa adalah Moms dengan bayi berusia diatas 6 bulan, karena bayi sudah dapat mengonsumsi MPASI. Bayi di bawah 6 bulan memang harus diberi ekstra perhatian, karena sumber nutrisi bayi pada umur tersebut sebaiknya dari ASI saja. Selain itu, kenali edukasi terkait warning sign yang menunjukkan bahwa Moms harus berhenti puasa, diantaranya adalah perubahan berat bayi dan urin bayi yang banyak.

2. Konsumsi Makanan Penunjang Produksi ASI ya, Moms!

konsumsi makanan penunjang asi
Sumber: Pexels.com/Trang Doan

Sah saja ibu menyusui berpuasa, namun jangan sampai si kecil kekurangan nutrisi yang ia butuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangannya ya. Agar produksi ASI Moms tidak berkurang, Moms wajib mengonsumsi makanan yang dapat menunjang produksi ASI. Namun sebelum itu, yuk kita pelajari dahulu proses pembentukan ASI.

ASI dibentuk di laktosit, sel yang membentuk saluran susu di payudara. Berasal dari saripati makanan yang larut di dalam darah ibu, diserap laktosit dan diubah menjadi susu. Penyusun terbesar dari ASI adalah protein, karbohidrat (laktosa), lemak, mineral, dan vitamin. Sehingga ketika menyusui, sebaiknya Moms memakan makanan yang mengandung 20% lemak, 30% protein, dan 50% karbohidrat. Jangan lupa perhatikan kehalalan makanannya ya Moms, karena makanan yang Moms konsumsi akan menjadi darah daging si kecil.

Selain itu, Moms bisa melengkapi nutrisi dengan mengonsumsi makanan yang kaya kalium, magnesium, dan zinc seperti brokoli, bayam, telur, salmon, daging tanpa lemak, dan daun katuk. Daun katuk juga tinggi asam folat yang dibutuhkan oleh bayi. Kurangi makanan yang berpotensi menyebabkan iritasi dan gangguan pencernaan agar cairan tubuh tidak berkurang.

3. Pilihan Minuman Tepat Juga Berpengaruh Terhadap Asupan Nutrisi Bayi Lho!

Tips Puasa Bagi Ibu Menyusui Pilihan Minuman Tepat
Sumber: Pinterest.com

Dalam memilih minuman, Moms sebaiknya memilih minuman yang dapat meningkatkan asupan nutrisi dan menghindari minuman yang bersifat diuretik atau memancing buang air kecil sehingga banyak cairan terbuang. Moms sebaiknya mengonsumsi jus atau sari buah dan mengurangi minuman berkafein seperti kopi dan teh.

Selain jenis makanan, cara dan waktu mengonsumsi makanan adalah hal yang wajib Moms perhatikan. Sejatinya, puasa menggeser waktu makan tiga kali sehari di pagi, siang, dan malam menjadi dua atau tiga kali, yaitu saat sahur sebelum subuh, saat berbuka, dan atau saat makan malam. Sementara, Moms harus tetap makan 3 kali sehari. Atur sesuai kebutuhan Moms ya!

Penting untuk diketahui bahwa produksi ASI akan banyak terjadi di malam hari Moms, karena energi dan nutrisi tubuh yang dipakai berkurang dan dapat dipusatkan untuk membuat susu. Maka dari itu, sebaiknya Moms memperbanyak minum air di malam hari saja, dan tidak disarankan minum berlebihan saat sahur.

4. Aktivitas Sehari-Hari Harus Lancar, Tapi Jangan Lupa Istirahat Ya!

istirahat harus cukup
Sumber: Pexels.com/Pixabay

Puasa tentu saja tidak dapat mengalahkan semangat Moms dalam menjalankan rutinitas sehari-hari sebagai istri dan ibu yang baik bagi keluarga. Akan tetapi, Moms juga tidak boleh melupakan istirahat karena kecukupan waktu istirahat akan membantu meningkatkan produksi ASI dan menjaga vitalitas tubuh Moms supaya tidak mudah stres.

Stres sendiri dapat mengurangi produksi hormon oksitosin dan prolaktin yang dapat merangsang produksi ASI lho, Moms! Jadi kalau Moms sudah lelah beraktivitas di rumah, jangan segan meminta bantuan Dads dan krucil-krucil ya, atau siapapun yang bisa membantu.

Jika Moms merasa harus membatalkan puasa, itu tidak salah. Kesehatan Moms adalah yang utama saat ini. Moms dapat membayar fidyah sebagai gantinya. Agar vitalitas Moms di pagi hari juga membaik, sebisa mungkin maksimalkan pumping di malam hari. Selain karena produksi ASI yang banyak, setelah pumping Moms dapat beristirahat dengan nyaman.

5. Dukungan Ternyata Sangat Berpengaruh Lho Moms!

dukungan dari sekitar sangat berpengaruh
Sumber: Unsplash.com/Jude Beck

Dalam setiap tantangan kehidupan, dukungan dari orang-orang tercinta akan selalu berperan besar. Rasa percaya diri akan meningkat, begitu pula dengan kemampuan pengambilan keputusan. Produksi ASI juga akan meningkat akibat rasa bahagia yang membuncah lho, Moms! Sudah coba belum lakukan ini secara berkala?

Dukungan dari Dads minimal akan meyakinkan Moms bahwa Moms adalah wanita terbaik dalam hidupnya, dan itu adalah salah satu bentuk dukungan yang luar biasa. Dukungan dari keluarga dapat membantu mengisi batin. Sementara, dukungan dari sesama ibu menyusui juga memberikan kebahagiaan dalam bentuk berbagi curhat dan tips-tips menyusui.

6. Jangan Lupa Bangun Mental Dengan Kokoh Ya!

bangun mental spiritual yang kokoh
Sumber: Pexels.com/Rawpixel.com

Salah satu cara menjaga kondisi mental adalah dengan menjaga kondisi spriritual dengan baik. Apalagi karena sekarang bulan Ramadhan, tentu saja Moms tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan ibadah di bulan penuh berkah ini, bukan? Beberapa tips ibadah puasa ibu menyusui dapat dilihat dibawah ini.

Moms bisa memulai dengan berzikir dan perbanyak istighfar serta shalawat nabi ketika menyusui. Bisa juga dengan mengulang hafalan atau mendengarkan murattal. Beribadah sambil menjalankan kewajiban sebagai ibu, why not? Kedua, saat si kecil sudah tertidur, Moms bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk Shalat Dhuha jika sudah masuk waktunya. Bisa membaca Al-Qur’an, mendengar ceramah, atau membaca literatur kegamaan.

Ketiga, gunakan jasa Dads untuk menjaga si kecil ketika Moms harus mengikuti pengajian. Kerjasama tim yang baik diharapkan dapat membangun suasana positif di rumah, dan tentu saja menjadikan rumah tangga HappyFams semakin harmonis. Selain meningkatkan quality time, kekompakan keluarga pun terjaga.

Itu dia tips puasa bagi ibu menyusui yang dapat Moms ikuti agar dapat fokus beribadah di bulan suci tanpa harus mengabaikan kebutuhan si kecil. Apakah Moms memiliki tips lainnya? Yuk, berbagi di kolom komentar. Selamat menjalankan ibadah puasa, Moms!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Tips Puasa Bagi Ibu Menyusui, Moms Wajib Praktekkan Nih!"
related post
4 Tips Membeli Peralatan Makan Bayi Yang Aman Sesuai Kebutuhan

Moms, bila asupan makanan si kecil sudah berhenti dari ASI, maka membeli peralatan makan bayi ... Lanjut Baca

5 Cara Berhubungan Intim Yang Tidak Mengakibatkan Kehamilan

Berhubungan suami istri sekarang tak hanya merupakan sebuah keinginan saja, melainkan juga menjadi sebuah kebutuhan ... Lanjut Baca

Tips Menjadi Orang Sukses, Rahasia Yang Tidak Pernah Diungkap!

Semua orang ingin menjadi sukses tapi tidak semua orang bisa sukses. Sukses memang tidak ada ... Lanjut Baca