Tips Mempertahankan Keharmonisan Keluarga Setelah 5 Tahun Menikah

Waktu Baca: 2 menitSabtu, 13 Juni 2020 13:50 WIB
keharmonisan-keluarga
Sumber: freepik

Ketika pernikahan tak seindah dulu, ketika baru saja mengucap janji setia sampai mati, apakah ada yang salah? Apakah dia berubah?

Stop sampai di situ, jangan lanjutkan lagi pemikiran tersebut. Sebelum ‘menghakimi’ istri atau suami karena rumah tangga yang tidak harmonis setelah lima tahun menikah, coba tengok ke diri sendiri, apakah juga berperan hingga kehangatan tersebut hilang? Mulailah introspeksi dan tanyakan, apa yang harus diperbuat untuk mempertahankan keharmonisan rumah tangga.

Ciri-ciri hubungan yang tidak harmonis dengan pasangan dapat terllihat secara gamblang, ini bisa dipelajari dengan tujuan untuk dihindari dan dicari solusinya untuk kembali menjadi pasangan yang harmonis.

Untuk Dads yang ingin hubungan rumah tangga tetap hangat setelah lima tahun menikah, ketahui caranya di bawah ini.

Biasakan Diri Berkata ‘I Love You’

Kata, “I love you” atau “Aku cinta kamu” sering diumbar ketika masih pacaran atau baru menikah. Tapi dengan semakin bertambahnya kesibukan masing-masing, mulai dari mengurus anak sampai pekerjaan, kata ini secara perlahan pudar dengan sendirinya.

Demi menjaga keharmonisan rumah tangga, serta mengembalikan keceriaan dalam hubungan dengan pasangan, mengapa tidak mencoba untuk memulainya lagi? Segera ambil smartphone dan kirimkan pesan, “I love you”, “Aku sayang kamu”, “Wo ai ni”, atau berbagai ungkapan cinta kepada istri, sekarang juga.

Saling Cium dan Lambai Tangan Sebelum Berpisah dan Saat Berjumpa

Aktivitas ini sangat sederhana dan hanya membutuhkan beberapa detik saja. Tapi kalau dilakukan setiap hari, dampaknya akan sangat luar biasa terhadap hubungan rumah tangga. Ciumlah tangan dan lambaikan salam perpisahan ketika berpisah. Jangan terburu beranjak pergi dan awasi langkahnya sampai menghilang di tikungan. Kemudian saat berjumpa, lakukan hal yang sama dengan urutan yang berbeda. Melambaikan tangan untuk menyambutnya, kemudian mencium tangannya.

Punya Waktu untuk Kencan Berdua

Siapa bilang kalau sudah menikah berarti tidak bisa lagi pacaran? Justru sebaliknya suami harus membakar bara asmara dengan mempertahankan tradisi ‘kencan berdua’. Bila ada waktu, titipkan anak kepada orang tua, kemudian berjalan-jalanlah berdua dengannya. Lakukan aktivitas seperti saat masih pacaran dulu. Nonton bioskop, nongkrong di kafe, atau sekadar duduk-duduk di bangku taman.

Ketika Dia Terlihat Capek, Berikan Pijatan

Istri terlihat sangat letih. Meski begitu, ia tidak memberitahukannya kepada pasangan. Suami yang baik harus pro-aktif. Segera berikan pijatan ringan, di pundak, leher, dan kaki. Tenaga lelaki yang besar pasti sudah cukup untuk membuat otot-otot tubuh istri yang kaku menjadi lemas dan membuat badannya kembali segar.

Masalah Jangan Dikubur, Kalau Bersalah Segera Minta Maaf

Sejak pacaran, tanamkan kebiasaan meminta maaf bila memang melakukan kesalahan. Jangan sampai ego menutupi kenyataan karena pria pun juga manusia, bukan dewa. Jadilah pria sejati, mengaku salah bila memang salah dan meminta maaf kepadanya. Ditambah dengan pelukan, hati istri juga akan luluh dan pasti mau memaafkan.

Kalau tidak terbiasa, cara-cara mempertahankan keharmonisan di atas mungkin akan sulit untuk dilakukan. Tapi tidak pernah ada kata terlambat untuk memulainya. Lakukan secara perlahan dan jadikan kebiasan. Dijamin, gairah asmara setelah lima tahun menikah bakal terlihat seperti baru sebulan menjalani kehidupan rumah tangga.

Yuk Dads, ga haram kok merayakan cinta setiap hari. Try it!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Tips Mempertahankan Keharmonisan Keluarga Setelah 5 Tahun Menikah"
related post
Suara Perut Keroncongan Di Saat Penting, Ini Trik Menghilangkannya

Sedang asyik-asyiknya rapat dengan atasan, ketika bos sedang menjelaskan tentang rencana perusahaan tiba-tiba saja mendadak ... Lanjut Baca

Tips Ibu Muda Menyusui Bayi Yang Baru Lahir Dengan Baik Dan Benar

Menjadi seorang ibu muda memang tidaklah mudah. Setelah melawati proses melahirkan, tahap berikutnya yang juga ... Lanjut Baca

Ide Memilih Hadiah Istimewa Ulang Tahun Pernikahan Yang Bikin Berkesan

Untuk urusan memberi kado, wanita memang jagonya. Sering kali suami dibikin klepek-klepek dengan kejutan yang ... Lanjut Baca