Tips Membeli Koper Travel Untuk Perjalanan Liburan Keluarga

Waktu Baca: 4 menitSelasa, 28 Januari 2020 10:00 WIB
Tips Membeli Koper Travel
Sumber: Shutterstock.com

Sudah punya tiket untuk liburan bersama keluarga? Meskipun tanggal keberangkatannya masih lama, tidak ada salahnya lho untuk mulai mempersiapkan barang bawaan mulai dari sekarang. Meski terkesan sepele, namun persiapan remeh seperti ini justru harus diperhatikan agar saat berangkat tidak ada barang yang terlupa.

Untuk membawa semua barang yang dibutuhkan selama liburan, tentunya koper jadi pilihan yang sangat tepat. Tas berbentuk kotak ini memiliki ruang penyimpanan yang besar dan dilengkapi roda, serta handle sehingga memudahkan Moms saat membawanya. Apa Moms berencana membeli koper baru? Perhatikan dulu tips membeli koper bagus untuk berbagai perjalanan ini agar nantinya koper yang dipilih sesuai dengan kebutuhan.

1. Perhatikan Kapasitas Koper Yang Hendak Dibeli

Tips Beli Koper Bagus
Sumber: Unsplash.com

Sebelum memutuskan untuk membeli, Moms harus jeli dalam mengenali ukuran koper agar bisa menampung semua barang bawaan. Selain itu pertimbangkan juga apakah saat naik pesawat nanti koper akan masuk bagasi atau tidak. Apabila tidak menggunakan bagasi, berarti koper yang Moms beli harus muat masuk ke dalam kabin. Koper yang bisa masuk ke dalam kabin umumnya memiliki panjang maksimal 56 cm, lebar 36 cm, dan tebalnya 23 cm. Sedangkan, berat maksimal koper yang bisa di bawa masuk ke dalam kabin adalah 7 kg.

Khusus untuk koper yang dibawa ke kabin ini, Moms harus perhatikan juga tips membeli koper kabin agar nantinya juga tidak salah beli. Tapi kalau Moms memilih untuk membayar bagasi, mau koper berukuran besar pun tentu tidak masalah. Tapi perlu diingat juga batas maksimal berat untuk barang bawaan karena setiap maskapai juga memiliki aturan yang berbeda. Umumnya sih, batas maksimal yang ditentukan adalah 20 kg untuk bagasi.

2. Sesuaikan Tipe Roda Koper Dengan Kebutuhan

Tips Membeli Koper
Sumber: Unsplash.com

Koper mempunyai dua tipe roda, yaitu spinner yang memiliki empat roda dan wheeled yang beroda dua. Nah, tiap jenis koper tentunya juga memiliki kelebihan. Koper dengan model spinner ini rodanya bisa berputar 360 derajat dan akan terasa lebih ringan ketika didorong. Kelebihan lainnya yaitu, Moms bisa mendorong dua koper sekaligus dengan satu tangan. Caranya dengan menggabungkan tangkai koper menjadi satu, jadi lebih praktis, bukan?

Sedangkan tipe wheeled tidak seringan koper model spinner ketika ditarik, tapi kelebihannya adalah memudahkan koper ini untuk melakukan manuver. Koper jenis ini juga lebih gampang untuk dikendalikan pada jalanan yang kurang rata. Nah, sekarang Moms sudah bisa pertimbangkan mana koper yang lebih sesuai untuk kebutuhan liburan Moms dan keluarga, ya?

3. Tips Membeli Koper Lainnya Yaitu Pilihlah Bahan Yang Kuat

Tips Membeli Koper Kabin
Sumber: Guide-du-voyage.com

Tips memilih koper yang awet tentunya dengan memilih bahan koper yang kuat, namun tetap ringan dibawa. Alternatif bahan koper yang ringan tapi kuat adalah polycarbonate dan balystic nylon. Selain kedua bahan koper tersebut tentu masih banyak bahan jenis lainnya. Seperti aluminum misalnya, hanya saja bahan ini relatif lebih berat dan kurang kuat dalam menahan benturan. Nah, Kalau Moms lebih suka dengan model koper klasik, balystic nylon yang berbahan kain ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Namun, jika ingin tampilan koper yang lebih modern sebaiknya Moms memilih koper berbahan polycarbonate. Dalam tips membeli koper hardcase, bahan ini juga direkomendasikan lho, Moms! Meskipun tampilannya lebih mirip plastik, namun koper jenis ini kuat dalam menahan benturan. Dalam beberapa pengetesan, koper dengan bahan polycarbonate ini bisa kembali ke bentuk semula meskipun sudah terlindas kendaraan.

4. Yang Tidak Kalah Penting Adalah Fitur Keamanan Koper

Tips Membeli Koper Hardcase
Sumber: Kabarpenumpang.com

Faktor keamanan koper juga penting banget untuk diperhatikan, Moms. Di bandara yang memiliki sistem keamanan ketat, petugasnya bisa saja membobol gembok koper untuk mengecek barang bawaan. Karena itulah, sebaiknya Moms memilih koper yang dilengkapi dengan Travel Sentry Approved (TSA) Lock. Setiap petugas bandara ini memiliki kunci sentral TSA sehingga saat melakukan pemeriksaan petugas tidak perlu merusak kunci koper dengan paksa atau meminta Moms untuk membukanya.

Nah, setelah paham dengan tipe, ukuran, dan bahan koper, tentunya sekarang Moms sudah bisa memilih mana koper terbaik untuk dibeli. Jika saat liburan bersama keluarga nanti Moms juga membawa si kecil yang masih bayi, baiknya simak dulu ya Moms, tips agar bayi tidak rewel saat naik pesawat. Apa Moms juga punyatips membeli koper yang lain? Atau punya pengalaman yang berkaitan dengan koper selama perjalanan? Sharing yuk Moms di komentar!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Tips Membeli Koper Travel Untuk Perjalanan Liburan Keluarga"