Tips Ibu Muda Menyusui Bayi Yang Baru Lahir Dengan Baik Dan Benar

Waktu Baca: 3 menitSenin, 24 Agustus 2020 08:30 WIB
Ibu Muda Menyusui Bayi
Sumber: Freepik.com

Menjadi seorang ibu muda memang tidaklah mudah. Setelah melawati proses melahirkan, tahap berikutnya yang juga tidak kalah penting yakni menyusui bayi. Mungkin terdengar mudah, namun pada kenyataannya banyak ibu merasa khawatir jika mereka tidak dapat menyusui dengan lancar ataupun jumlah produksi ASI tidak banyak.

Bagi ibu muda menyusui bayi baru lahir adalah sebuah pengalaman pertama. Tidak perlu takut merasa gagal jika proses menyusui dirasa kurang maksimal. Moms bisa coba simak panduan dan tips bagi ibu muda dalam menyusui bayi baru lahir dengan benar berikut ini.

Siapkan Diri Dalam Menyusui Untuk Pertama Kali

ibu muda menyusui anak baru lahir
Sumber:Freepik.com

Proses menyusui sudah dapat dilakukan sejak bayi dilahirkan atau yang dikenal dengan istilah IMD atau Inisiasi Menyusu Dini. Sesaat setelah dilahirkan, bayi akan diletakan di atas dada Moms. Usahakan untuk memposisikan puting agar tidak terlalu jauh dari mulut bayi. Secara alami mulut bayi akan terbuka dan mencoba untuk menghisap puting, Moms.

Bagi ibu muda menyusui anak baru lahir untuk pertama kali butuh kesabaran sebab tidak semua dapat berhasil dalam satu kali percobaan. Tidak perlu khawatir jika merasa IMD gagal dilakukan, karena biasanya proses ini akan dipandu oleh dokter atau bidan yang menangani persalinan. IMD sendiri sangat penting sebagai proses pertemuan pertama kali bagi Moms, Dads dan juga buah hati.

Perhatikan video informasi IMD dari UNICEF Indonesia dibawah ini!

Video Inisiasi Menyusu Dini

Coba Cari Posisi Pelekatan Yang Tepat Untuk Menyusui

Pelekatan di sini artinya ketika mulut bayi menutupi seluruh areola, Moms. Apabila areola terasa sakit ketika masuk ke dalam mulut bayi bisa jadi ini dikarenakan posisi pelekatan kurang tepat. Posisi pelekatan yang tepat jika semua bagian puting ataupun sebagian areola dapat masuk ke dalam mulut bayi.

Dengan posisi tersebut membuat puting Moms berada dekat dengan dinding langit mulut bayi yang lembut. Selain itu, pada posisi ini dagu bayi akan menempel pada payudara dan hidung menjauh dari payudara sehingga kepala bayi terlihat sedikit mendongak namun tetap terasa nyaman.

Jika Moms merasa kesakitan ketika menyusui, jangan kaget. Cobalah untuk memasukkan satu jari di antara gusi bayi untuk melonggarkan mulut bayi dari payudara, dan mulai kembali masukan puting ke dalam mulut bayi.

Carilah Tempat Yang Nyaman Untuk Menyusui

ibu muda menyusui bayi edukasi
Sumber: Freepik.com

Bagi ibu muda terkadang ada rasa malu ketika harus menyusui bayi, terutama jika dilihat oleh orang asing. Padahal waktu tersebut Moms akan banyak dikunjungi oleh para kerabat sehingga fokus belajar menyusui menjadi terhambat.

Oleh karena itu, penting bagi Moms untuk mencari tempat yang tenang dan nyaman agar dapat memberikan ASI kepada buah hati tanpa ada rasa tertekan. Bagi ibu muda menyusui bayi, edukasi menjadi sangat penting karena di sini Moms masih perlu banyak belajar terutama dalam menciptakan hubungan antara ibu dan anak.

Jangan pernah ragu mengutarakan keinginan Moms seperti membutuhkan privasi saat sedang menyusui bayi. Ingat Moms, kebutuhan buah hati adalah prioritas utama dan kondisi ini dianggap wajar bagi orang lain.

Jangan Ragu Untuk Berkonsultasi Pada Yang Ahli

ibu muda menyusui bayi baru lahir
Sumber: Freepik.com

Sebagai seorang ibu muda yang belum banyak pengalaman dalam menyusui, tentu masih butuh belajar. Tidak hanya sekedar belajar memberikan ASI dengan proses pelekatan yang tepat saja, namun juga tentang bagaimana menciptakan hubungan dengan buah hati.

Saat Moms mengalami hambatan saat menyusui seperti puting terasa sakit, payudara menjadi bengkak, atau bahkan timbul masalah psikologis seperti mulai merasa benci saat menyusui sebab membuat Moms merasa kesakitan. Ada baiknya segera konsultasikan kepada dokter, bidan, atau konsultan laktasi terpercaya agar kondisi tidak menjadi semakin memburuk.

Selain bantuan dari sang ahli, dukungan suami dan orang terdekat juga membantu Moms dalam memperlancar proses menyusui agar menjadi nyaman dan lebih menyenangkan.

Jangan Terburu-Buru Memberikan Dot Pada Bayi

ibu muda menyusui bayi indonesia
Sumber: Freepik.com

Terkadang Moms mulai merasa lelah dan ingin menyerah karena proses menyusui yang sulit sehingga akhirnya memilih menggunakan dot yang terkesan lebih mudah. Tidak sedikit pula yang akhirnya mengganti ASI menjadi susu formula.

Perlu diketahui jika produksi ASI bagi ibu yang baru melahirkan memang tidak terlalu banyak. Hal inilah yang sering disalahartikan oleh banyak ibu muda yang takut jika kebutuhan nutrisi bayinya tidak tercukupi. Padahal seiring berjalannya waktu produksi ASI akan mengalami peningkatan sebagai efek dari seringnya bayi menyusui pada ibunya.

Sebagai seorang ibu muda, Moms harus tahu jika cara menghisap dot sangat berbeda dengan cara menyusu dari payudara. Butuh gerakan lebih untuk otot di sekitar mulut dan lidah bayi dalam memperoleh ASI dari payudara, Moms. Jika menggunakan dot bayi hanya membuka mulut sedikit saja dan aliran susu akan dengan mudah keluar.

Jika bayi mengetahui hal tersebut tentu bukan tidak mungkin bayi lebih memilih dot dibandingkan menyusu dari payudara. Sebab mereka terbiasa memperoleh asupan makanan yang lebih cepat dan deras dari botol dot.

Itulah tadi beberapa tips untuk ibu muda menyusui bayi Indonesia yang bisa Moms tiru. Jangan pernah ragu juga untuk bertanya kepada teman atau kerabat yang telah berpengalaman sebelumnya dalam hal menyusui bayi. Semoga informasi ini bermanfaat terutama untuk ibu muda yang baru memiliki buah hati.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Tips Ibu Muda Menyusui Bayi Yang Baru Lahir Dengan Baik Dan Benar"
related post
Cara Menghilangkan Bintik Merah Pada Kulit Bayi Baru Lahir, Catat Moms

Bayi baru lahir memiliki kulit yang sangat tipis dan sangat sensitif dibandingkan dengan orang dewasa. ... Lanjut Baca

Jadwal Pemberian Imunisasi Lengkap Pada Anak, Moms Wajib Catat!

Menjaga selalu kesehatan anak adalah tugas dari orang tua salah satunya dengan selalu memperkuat sistem ... Lanjut Baca

Tahap Perkembangan Bayi Dari Bulan Ke Bulan Sampai Usia Satu Tahun

Setelah lahir, bayi akan menunjukan perkembangan yang amat pesat terutama di masa tahun pertama hidupnya. ... Lanjut Baca