Tips Cepat Hamil Setelah Menikah, Pengantin Baru Wajib Ikuti Panduan Berikut!

Waktu Baca: 6 menitSelasa, 09 April 2019 14:02 WIB
Tips Cepat Hamil Setelah Menikah
Sumber: Unsplash.com/John Looy

Memiliki buah hati adalah dambaan bagi setiap pasangan yang telah menikah. Bahkan, sebagian besar pasangan mengharapkan segera punya anak walaupun baru menikah. Apalagi anak dipercayai sebagai anugerah terindah dari Tuhan yang membuat pernikahan terasa lebih lengkap dan bahagia. Inilah beberapa tips yang bisa Moms terapkan bersama Dads agar cepat hamil pascamenikah. Penasaran? Yuk, simak tips cepat hamil setelah menikah di bawah ini!

1. Menerapkan Pola Hidup Sehat Sepanjang Program Hamil

Ya, jika Moms ingin segera hamil setelah menikah, sebaiknya Moms atur pola hidup sehat mulai dari sekarang. Biasakan pilih makanan yang bergizi seimbang dan jauhi junk food, ya! Di rumah, Moms bisa memasak berbagai menu rumahan dengan bahan tauge atau sayur bayam yang dikenal sebagai memiliki kandungan asam folat alami. Psst… Ketahuilah zat tersebut adalah salah satu zat yang sangat baik untuk kesuburan lho, Moms!

Selain itu, aturlah waktu istirahat dengan baik ya, Moms. Hindari tidur larut agar kondisi tubuh selalu prima. Kemudian, tentukan 2-3 hari dalam seminggu untuk olahraga rutin berdua dengan pasangan agar stamina selalu terjaga. Perlu diperhatikan juga, bila Moms memiliki berat badan yang berlebih, sudah saatnya kini Moms menjalani diet. Selain karena untuk alasan kesehatan, berat badan ideal faktanya lebih bisa menghindarkan Moms dari berbagai resiko komplikasi saat hamil.

makanan cepat hamil
Sumber: Unsplash.com/Alexandr Podvalny

Selain menerapkan pola hidup sehat di atas, Moms juga disarankan untuk menghindari kebiasaan buruk yang akan berdampak pada kesehatan, mulai dari hindari aktifitas merokok hingga tidak mengkonsumsi minuman keras. Pahamilah bahwa ketika tubuh Moms berada dalam kondisi terbaik dan sangat sehat, tentunya diharapkan sistem reproduksi bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Terapkan pola hidup sehat ini dengan rutin ya, Moms!

2. Mengetahui Masa Subur

Bagi para wanita, salah satu aspek terpenting agar program hamil yang dilakukan setelah menikah bisa sukses adalah dengan mengetahui kapan jadwal masa subur Moms. Ya, seperti yang kita tahu, berhubungan pada masa subur memiliki prosentase keberhasilan yang lebih tinggi untuk mencapai kehamilan dibanding dengan berhubungan di luar jadwal masa subur tersebut. Kalau Moms belum tahu cara mengetahui masa subur, maka inilah langkah-langkah mudah yang harus Moms lakukan untuk menghitung masa subur.

  • Cari tahu siklus menstruasi dengan cara mencatat hari pertama haid, dan hitunglah berapa lama waktu yang dibutuhkan hingga bertemu dengan hari pertama haid selanjutnya. Hari pertama haid saat ini hingga hari pertama haid selanjutnya itu yang dikenal dengan satu siklus menstruasi. Umumnya lama siklus menstruasi satu orang dengan orang lainnya berbeda, yaitu berkisar antara 20 sampai 40 hari.
  • Tentukan kapan masa ovulasi setelah Moms mengetahui siklus menstruasi. Katakanlah Moms memiliki siklus menstruasi normal 28 hari, maka masa kesuburan Moms jatuh pada hari ke-14 setelah hari pertama menstruasi. Dengan begitu, dapat disimpulkan Moms dan Dads memiliki waktu 4 hari untuk berhubungan intim yang bisa berpeluang lebih besar meraih kehamilan.

Pahamilah bahwa apabila Moms sudah bisa mengetahui masa subur, maka inilah yang bisa dijadikan Moms dan Dads sebagai patokan sebagai waktu berhubungan intim yang tepat setiap bulannya. Memang harus lebih sedikit tekun sih untuk selalu mencatat masa subur, tapi demi buah hati yang dinanti, tak masalah kan Moms harus repot di awal?

3. Rutin Mengukur Suhu Basal Tubuh

Bagi Moms yang memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur dan berubah-ubah setiap bulannya, tentu akan sulit menentukan kapan masa subur. Namun, jangan cemas, Moms! Ada tips lain yang bisa dilakukan untuk mengetahui masa subur, yaitu dengan cara mengukur suhu basal tubuh. Nah, untuk melakukan tips yang satu ini, hal pertama yang perlu Moms lakukan adalah membeli thermometer basal. Lalu, setiap pagi sebelum beranjak dari tempat tidur, ukurlah suhu tubuh basal Moms dengan thermometer.

ukur suhu hamil
Sumber: mayoclinic.org

Moms wajib lakukan pengukuran suhu basal tubuh ini selama beberapa bulan berturut-turut dan mencatat hasilnya secara berkala. Ketahuilah bahwa pada saat masa subur, suhu basal tubuh biasanya akan menurun pada satu hari. Begitu juga sebaliknya, bila tidak dalam masa subur, maka suhunya akan terlihat naik keesokan harinya. Cara yang sangat mudah, bukan? Meski memang diperlukan sedikit ketelatenan untuk mengukur suhu setiap hari.

4. Mengonsumsi Suplemen Yang Tepat Untuk Meningkatkan Kesuburan

Selain mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang, Moms dan Dads juga bisa mengkonsumsi suplemen untuk membantu mempercepat kehamilan. Suplemen yang direkomendasikan untuk membantu program hamil adalah vitamin E dan asam folat yang diminum satu kali sehari bersama pasangan. Ya, Moms dan Dads wajib mengkonsumsi kedua suplemen ini agar kesuburan bisa meningkat, dan keberhasilan program hamil yang diidamkan bisa tercapai. Pahamilah juga bahwa Moms mungkin akan merasakan nafsu makan yang sedikit meningkat saat mengonsumsi vitamin E. Namun, itu sebenarnya adalah reaksi tubuh yang wajar terjadi ya, Moms!

5. Menikmati Hidup

Seringkali, beberapa wanita yang menginginkan kehamilan jadi depresi dan putus asa ketika bayi menggemaskan yang ditunggu-tunggu belum juga hadir. Nah, hal ini harus Moms hindari, ya! Hiduplah lebih santai dan nikmati kehidupan sehari-hari dengan baik agar bagian otak yang berfungsi mengatur hormon kesuburan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.

6. Rutin Melakukan Pemeriksaan Ke Dokter

Jika semua tips sudah Moms lakukan dengan baik, namun ternyata belum membuahkan hasil, maka hal yang sebaiknya Moms lakukan selanjutnya adalah melakukan kunjungan ke dokter. Biasanya dokter akan menyarankan serangkaian tes untuk memastikan kondisi sistem reproduksi Moms dan Dads. Kemudian, dari hasil tes ini bisa dilihat jelas bagaimana kondisi kesehatan Moms.

periksa dokter hamil
Sumber: Unsplash.com/Martin Brosy

Jika semua hasil tes baik, tentu tak ada yang perlu dikhawatirkan. Moms dan Dads hanya diminta bersabar. Namun, jika ada sedikit masalah, segeralah minta penanganan oleh dokter. Moms juga bisa melakukan program hamil dengan bantuan dokter, baik dengan bantuan terapi hamil maupun obat-obatan tertentu. Tentunya hal ini bisa dilakukan setelah diskusi intensif bersama Dads, juga dokter kandungan.

7. Berdoa

Tips terakhir ini juga tak kalah penting dari ragam tips yang telah dibagikan, yaitu berdoa. Seperti yang kita tahu, anak adalah hak prerogatif Tuhan yang tak bisa diganggu gugat. Rayulah sang Maha Pencipta agar Moms segera diberikan momongan yang lucu, sehat, dan membanggakan.

Itulah tadi beberapa tips cepat hamil setelah menikah yang wajib diikuti oleh pasangan baru yang tak sabar untuk segera menimang momongan. Semoga bermanfaat dan menginspirasi! Nah, apakah Moms punya pengalaman menarik soal program hamil atau punya tips sendiri cepat hamil setelah menikah? Yuk saling share di komentar!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Tips Cepat Hamil Setelah Menikah, Pengantin Baru Wajib Ikuti Panduan Berikut!"
related post
9 Tips Cara Menghentikan Bayi Menangis Yang Efektif, Dijamin Bisa!

Menghentikan bayi menangis memang gampang-gampang susah, terlebih lagi untuk Moms yang baru saja memiliki momongan. ... Lanjut Baca

Menjaga Pola Hidup Sehat Dan Bersih Anak Terlepas Dari Penyakit

Sebagai orang tua yang peduli terhadap pola hidup sehat, maka perlu pula untuk menerapkan pola ... Lanjut Baca

7 Sikap Suami Tidak Peduli Perasaan Istri Tapi Diam-diam Sayang

Moms mungkin pernah merasa bahwa terkadang suami tak peduli lagi dengan keluarga dari sikap-sikapnya yang ... Lanjut Baca