Tips Aman Gunakan Listrik Di Rumah Pasca Bencana Banjir

Waktu Baca: 5 menitRabu, 17 Februari 2021 07:20 WIB
Tips Aman Gunakan Listrik Di Rumah
Sumber: mathrubhumi

Banjir sebagai bencana alam yang dapat terjadi sewaktu-waktu memang sangatlah merugikan. Setelah banjir surut, membersihkan rumah dan lingkungan jadi sebuah keharusan agar tidak menimbulkan masalah kesehatan. Tidak hanya itu saja, berbagai masalah lain akibat banjir pun bisa muncul secara tak terduga. Misalnya, masalah yang berhubungan dengan kelistrikkan.

Dads pastinya sudah tahu bahwa air merupakan salah satu penghantar arus listrik. Artinya, pada saat banjir peluang untuk tersengat listrik jadi lebih besar dan bisa membahayakan nyawa. Begitupun setelah banjir surut, beberapa titik yang menjadi penghubung arus listrik di rumah bisa saja mengalami korslet akibat terendam banjir. Nah, berikut ini adalah beberapa tips aman gunakan listrik di rumah pasca banjir yang perlu Dads ketahui.

1. Pastikan Miniature Circuit Breaker (MCB) Dalam Kondisi Off

Cara Aman Menggunakan Listrik Di Rumah
Sumber: idnjurnal.com

Hal pertama yang harus Dads lakukan ketika kembali ke rumah setelah banjir surut adalah mengecek Miniature Circuit Breaker atau MCB. Sebelum Dads mulai membereskan sisa banjir di rumah, pastikan dulu MCB sudah dalam kondisi off untuk menghindari kemungkinan adanya korslet di dalam rumah. MCB sendiri merupakan komponen yang memiliki peran paling penting terhadap instalasi listrik di rumah.

Pada saat banjir terjadi, kemungkinan adanya gangguan listrik di dalam rumah semakin meningkat. Misalnya ada kabel yang putus atau air yang masuk ke dalam stop kontak. Terlebih jika Dads lupa mengamankan peralatan listrik sebelum meninggalkan rumah saat banjir. Jadi untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, pastikan agar MCB off ya, Dads!

Biasanya alat ini terletak di bagian luar rumah dan memiliki kontak on/off untuk mengatur arus listrik. Memastikan bahwa MCB dalam kondisi off berarti membuat arus listrik di dalam rumah tidak berjalan, sehingga Dads dan anggota keluarga di rumah terhindar dari sengatan listrik akibat korsleting yang bisa membahayakan, atau menyebabkan kebakaran.

2. Melepaskan Stop Kontak dan Peralatan Listrik

Langkah Aman Menggunakan Listrik Di Rumah
Sumber: meramuda.com

Langkah aman menggunakan listrik di rumah setelah bencana banjir terjadi adalah dengan mengamankan seluruh peralatan listrik dan stop kontak. Periksalah seluruh bagian rumah dan jika ada peralatan listrik yang masih terhubung dengan stop kontak, Dads harus segera mencabut kabelnya. Tapi ingat, pastikan sebelumnya Dads sudah menon-aktifkan MCB di rumah ya! Hal ini untuk menghindari Dads tersengat arus listrik saat mencabutnya.

Selanjutnya, Dads bisa mengumpulkan seluruh peralatan listrik dan elektronik pada satu tempat yang mendapat sinar matahari langsung. Hal ini dilakukan agar semua peralatan yang terhubung ke listrik benar-benar kering setelah terendam banjir. Peralatan listrik yang masih basah bisa menyebabkan korsleting saat terhubung dengan arus listrik.

3. Bersihkan Semua Peralatan Listrik ...

Halaman: 123

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Tips Aman Gunakan Listrik Di Rumah Pasca Bencana Banjir"
related post
Mobil Banjir Ditanggung Asuransi, Ini Keuntungan Yang Dads Dapatkan

Hujan mulai mengguyur berbagai wilayah di Indonesia. Intensitas hujan yang cukup tinggi membuat bencana banjir ... Lanjut Baca

Menjaga Pola Hidup Sehat Dan Bersih Anak Terlepas Dari Penyakit

Sebagai orang tua yang peduli terhadap pola hidup sehat, maka perlu pula untuk menerapkan pola ... Lanjut Baca

9 Tips Cara Menghentikan Bayi Menangis Yang Efektif, Dijamin Bisa!

Menghentikan bayi menangis memang gampang-gampang susah, terlebih lagi untuk Moms yang baru saja memiliki momongan. ... Lanjut Baca