Tips Aman Berpergian Jarak Jauh Saat Kondisi Pandemi Covid-19

Waktu Baca: 6 menitKamis, 06 Mei 2021 08:18 WIB
berpergian di masa pandemi
Sumber: pexels

Lebaran tinggal dalam hitungan hari, liburanpun sudah di depan mata. Walau tahun ini pemerintah masih melarang mudik yang bertujuan untuk mencegah penyebaran virus covid-19 namun tempat wisata sudah dibuka untuk umum, sehingga masyarakat sudah dapat berwisata di daerah sekitar tempat tinggalnya.

Liburan di kondisi pandemi seperti ini memang tidak dapat dikatakan 100% aman dari tertularnya virus namun sudah lebih dari 1 tahun masyarakat menahan diri di rumah maupun untuk yang hanya pulang dan pergi ke kantor. Rasa jenuh dan bosan melanda di setiap individu masyarakat Indonesia, berwisata keluar rumah menjadi hiburan yang sangat dinantikan.

Untuk wisata berpergian jarak jauh perlu dilakukan dengan kesadaran penuh dengan menjaga protokol kesehatan yang ketat. Nah untuk HappyFams yang ingin berpergian keluar rumah saat pandemi covid-19, ikuti tips berikut ini supaya dapat berwisata dengan nyaman dan aman dari tertularnya virus covid-19.

Tips Aman Berpergian Jarak Jauh Saat Kondisi Pandemi Covid-19

1. Pikirkan Kembali Sebelum Mengambil Keputusan Berpergian Jarak Jauh

Virus covid-19 dapat menyebar melalui droplet dan udara saat kontak dekat dengan orang lain. Jenis transportasi yang HappyFams gunakan untuk berpergian, jenis akomodasi yang akan tinggali, dan aktivitas yang dilakukan selama perjalanan dapat meningkatkan risiko tertular dan menyebarkan COVID-19. Oleh karena itu lebih baik dipikirkan kembali dengan matang sebelum mengambil keputusan berpergian jarak jauh.

Penting untuk diperhatikan bila berpergian:

  • Patuhi larangan pemerintah untuk berpergian.
  • Jauhi berpergian ke zona merah.
  • Cek angka kasus Covid-19 di area tujuan.
  • Pastikan aktivitas berpergian karena alasan urgent dan esensial.

2. Vaksinasi Penuh Sebelum Berpergian

vaksin covid-19
Sumber: unsplash

CDC (Center for Desease Control) merekomendasikan untuk menunda perjalanan sampai telah mendapatkan vaksinasi penuh. Meskipun sudah divaksinasi penuh, pilih opsi perjalanan yang paling aman untuk melindungi diri HappyFams, orang yang Anda cintai, dan orang lain dari COVID-19.

Namun ingat bahwa vaksinasi tidak membuat kita kebal dari virus, jadi protokol kesehatan 5M ( memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari keramaian, dan mengurangi mobilitas) tetap harus dijaga dengan disiplin. 

3. Memilih Transportasi Yang Aman

A. Naik mobil pribadi/sewa mobil

Mobil pribadi dianggap jauh lebih aman daripada transportasi umum lainnya di masa pandemi. Selain jumlah orang yang tidak terlalu banyak, HappyFams dapat memastikan bahwa yang berada di dalam mobil hanya anggota satu rumah.

Selama perjalanan, hindari berhenti terlalu sering di sepanjang jalan untuk mengisi bensin, makan atau ke kamar mandi. Persiapkan makanan dari rumah dan isi bensin penuh sebelum berangkat.

B. Berpergian dengan bus/kereta

Jika HappyFams memilih untuk berpergian dengan trasnportasi umum, lakukan hal ini:

  • Jaga jarak Anda
    • Jika memungkinkan, pertimbangkan untuk berpergian bukan pada waktu/jam sibuk.
    • Jaga jarak 2m dengan orang lain, dengan cara: jauhi kerumunan, dan kosongkan kursi antara Anda dan pengendara lain.
  • Rajin cuci tangan dengan sabun atau dengan hand sanitizer yang mengandung minimum 60% alkohol.
  • Hindari menyentuh permukaan seperti kios, layar sentuh, mesin tiket, pintu putar, pegangan tangan, permukaan kamar kecil, tombol lift, dan bangku.
  • Jangan makan, minum, atau membuka masker saat ada di dalam transportasi umum.
  • Jika memungkinkan, buka jendela untuk memperbaiki sirkulasi udara.

C. Pesawat terbang

Perjalanan udara membutuhkan waktu yang lama di terminal bandara dan pemeriksaan keamanan, yang dapat membuat HappyFams berjarak dekat dengan orang lain dan permukaan yang sering disentuh. Kesadaran penuh terhadap orang sekitar dan benda yang disentuh wajib dilakukan. 

Sebagian besar virus dan kuman lainnya tidak mudah menyebar dalam penerbangan udara karena cara udara bersirkulasi dan disaring di pesawat. Namun, sulit untuk menjaga jarak pada penerbangan yang ramai, usahakan untuk memilih maskapai yang menerapkan protokol kesehatan dengan mengkosongkan satu kursi di antara penumpangnya.

4. Tidak Semua Jenis Tempat Penginapan Aman dari Covid-19

penginapan asrama
Sumber: stocksnap.io

Sebelum bermalam di tempat penginapan, periksa kembali dengan cermat apakah tempat menginap HappyFams menerapkan protokol kesehatan yang baik atau belum.

Ikuti kriteria memilih tempat penginapan berikut ini:

Lebih aman:

  • Tinggal di rumah atau persewaan liburan dengan orang-orang dari rumah HappyFams atau orang yang telah divaksinasi penuh.
  • Mengunjungi rumah anggota keluarga atau teman yang sudah divaksinasi penuh.

Kurang aman:

  • Hotel, penginapan.
  • Mengunjungi rumah anggota keluarga atau teman yang tidak divaksinasi.
  • Menyewa atau tinggal di persewaan liburan dengan orang-orang yang tidak divaksinasi atau bukan keluarga dari satu rumah.

Jauhi:

  • Hotel atau penginapan yang berbagi ruang dengan banyak orang atau berbagi fasilitas kamar mandi (misalnya: asrama).

Jangan lupa pakai masker, buka jendela / pintu untuk memperbaiki kualitas udara ya!

5. Cara Makan yang Aman saat Bepergian

Makan di tempat umum memiliki resiko penularan yang sangat tinggi,karena banyak orang berkumpul di suatu tempat (kebanyakan indoor). Selain itu, makan dan minum juga mengharuskan kita untuk membuka masker.

Ikuti kriteria cara makan di tempat umum berikut ini:

Lebih aman:

  • Membawa makanan dan minuman sendiri.
  • Menggunakan opsi drive-thru, pengiriman, dan take-away serta mengenakan masker saat berinteraksi dengan karyawan restoran.

Kurang aman:

  • Makan di luar di restoran di mana ada social distancing dan staf lainnya memakai masker.
  • Makan di dalam di restoran yang berventilasi baik, jaga jarak, staf restoran lainnya mengenakan masker dan pengunjung mengenakan masker saat tidak makan atau minum.

Jauhi:

  • Makan di dalam restoran yang berventilasi buruk, tanpa social distancing, pelayan dan staf tidak memakai masker.
  • Opsi cara makan buffet atau prasmanan.

Menjalani protokol kesehatan selama bepergian menurunkan resiko penularan COVID-19, Namun bukan berarti risiko tersebut benar-benar hilang.

Waspada HappyFams bisa berperan sebagai penyebar virus, waspada juga dengan mutasi Covid-19, yang semakin menyebar karena mobilitas penduduk dunia tinggi.

Akan lebih baik bila HappyFams mengikuti himbauan dan larangan dari pemerintah!

  1. Jangan Mudik!
  2. Berpergian untuk alasan esensial atau tingkat urgensinya tinggi.
  3. Hindari berpergian liburan ke tempat ramai.
  4. Jauhi ZONA MERAH.
  5. Patuhi kebijakan larangan mobilitas dari pemerintah.

Ingat, Covid-19 bisa menular di mana saja, kapan saja. Bisa saat di rumah, di rumah makan, turun dari kendaraan, di toilet umum, atau di destinasi tujuan berpergian. Kesemuanya ada risikonya!

Tetap sehat dan jaga kesehatan ya HappyFams, semoga kita semua terhindar dari marabahaya penyebaran virus apapun. Selamat berlibur!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Tips Aman Berpergian Jarak Jauh Saat Kondisi Pandemi Covid-19"
related post
6 Referensi Tempat Liburan Keluarga Di Jakarta, Pernah Kunjungi Semua?

Tempat liburan keluarga di luar kota masih belum memungkinkan, karena untuk mencegah mobilisasi penyebaran virus ... Lanjut Baca

6 Tips Liburan Efektif Dengan Anak, Liburan Senang, Hati Tenang

Moms and Dads, liburan menjadi keinginan semua anggota keluarga, begitupun sang buah hati. Namun pilih ... Lanjut Baca