Tipe-Tipe Ibu Muda Di Rumah Saat Masa Karantina Wabah Penyakit Corona

Waktu Baca: 4 menitSelasa, 07 Juli 2020 08:25 WIB
Masa Karantina
Sumber: Freepik.com

happinest.id - Hampir sebagian besar negara di penjuru dunia sedang menghadapi wabah virus corona, termasuk negara Indonesia. Bahkan adanya virus corona atau COVID-19 memaksa setiap orang untuk sebisa mungkin mengurangi aktivitas di luar rumah guna mencegah penyebaran virus corona semakin meluas. Beberapa tempat seperti restoran, kantor, pusat perbelanjaan, sekolah dan lain sebagainya terpaksa ditutup untuk sementara sampai kondisi normal kembali.

Bahkan karantina diterapkan di beberapa tempat yang terindikasi terdapat kasus covid-19 apakah itu OTG (Orang Tanpa Gejala), ODP (Orang Dalam Pengawasan), PDP (Pasien Dalam Pengawasan), dan juga Positif Covid. Tidak jarang beberapa tempat menerapkan karantina wilayah guna membatasi keluar masuknya orang dari dan ke luar wilayah.

Bagi orang-orang yang terbiasa melakukan aktivitas di luar ruangan tentu terjadi perbedaan kebiasaan. Saat pandemi seperti ini segala macam aktivitas dilakukan dari rumah. Istilah WFH atau Work From Home banyak dilakukan khususnya bagi para pekerja yang harus tetap bekerja namun tidak perlu meninggalkan rumah.

Berada di dalam rumah bukan berarti harus berdiam diri tanpa melakukan kegiatan apapun. Setiap orang memiliki tipe atau gaya tersendiri untuk mengisi kebosanan serta waktu luang saat berada di rumah bersama keluarga, termasuk Moms. Yuk cari tahu tipe-tipe ibu muda saat menghadapai masa karantina agar tidak bosan saat berada di rumah!

1. Meskipun Tidak Keluar Rumah, Merawat Diri Tetap Harus Dilakukan

karantina otg
Sumber: Freepik.com

Hampir sebagian besar orang pasti berusaha untuk dapat tampil menarik saat bertemu dengan orang lain. Namun, ketika pandemi seperti saat ini tentu intensitas bertemu atau pergi keluar rumah menjadi suatu hal yang sulit dilakukan. Meskipun Moms tidak bertemu dengan orang lain, bukan berarti penampilan tidak boleh diabaikan terutama menjaga keindahan tubuh.

Manfaatkan masa karantina dengan merawat diri seperti melakukan perawatan kulit wajah menggunakan serangkaian produk kecantikan, melulur tubuh menggunakan bahan alami, hingga hair mask. Bahkan bukan menjadi masalah jika Moms masih memakai masker ketika sedang bekerja di rumah.

2. Menonton Drama Atau Film Favorit Boleh Banget

karantina berapa hari
Sumber: Freepik.com

Jika dulu sebelum karantina diterapkan, mungkin Moms akan menghabiskan waktu luang atau menghilangkan rasa bosan dengan cara pergi keluar rumah mengunjungi tempat-tempat favorit. Namun kegiatan tersebut tentu sudah tidak bisa dilakukan secara bebas ya, Moms.

Ada cara yang mungkin bisa Moms lakukan untuk menghilangkan rasa jenuh saat karantina di rumah yakni dengan menonton drama favorit atau film berdurasi panjang. Moms bisa membuat daftar drama atau film yang mungkin dahulu belum sempat ditonton karena keterbatasan waktu. Bahkan Moms bisa mencari tahu daftar drama atau film terbaru yang sayang jika terlewatkan.

3. Biar Tidak Bosan, Coba Atur Perabotan Rumah Yuk!

karantina
Sumber: Freepik.com

Ada kalanya berada di dalam rumah dalam jangka waktu lama dapat membuat semua orang jenuh. Dengan memanfaatkan masa karantina yang lama ini, Moms bisa mencoba dengan mengatur ulang perabotan rumah agar terlihat berbeda seperti melakukan dekorasi ruang keluarga atau mengubah tata letak tempat tidur untuk membuat suasana baru.

Selain rumah terlihat lebih tertata dan rapih, ternyata mengatur ulang perabotan rumah dapat memberikan kebahagiaan tersendiri bagi pemilik rumah. Mencari suasana baru di dalam rumah tidak ada salahnya untuk dicoba ya, Moms!

4. Meningkatkan Kemampuan Memasak Dengan Mencoba Resep Baru

masa karantina berakhir
Sumber: Freepik.com

Menjadi seorang ibu muda memang tidak mudah. Ada banyak hal yang perlu dipelajari salah satunya urusan masakan. Jika selama ini Moms hanya dapat mengolah bahan masakan menjadi sebuah makanan sederhana, masa karantina bisa menjadi ajang untuk meningkatkan kemampuan memasak.

Tidak ada salahnya mencoba resep-resep masakan baru atau membuat kue-kue kesukaan keluarga. Jangan lupa untuk ajak si kecil agar terlibat dalam proses pembuatannya. Selain mengajari anak mengenai bahan-bahan masakan serta cara membuatnya, ternyata kegiatan ini dapat mempererat hubungan setiap anggota keluarga terutama hubungan antara anak dan orang tua. Setelah masa karantina berakhir, gelar chef favorit keluarga dapat Moms peroleh.

5. Membuat Kerajinan Tangan

karantina berakhir
Sumber: Freepik.com

Mungkin Moms sering melihat video-video tentang kerajinan tangan atau biasa dikenal dengan DIY (Do It Yourself) pada media sosial. Nah, saat karantina adalah waktu yang tepat untuk mempraktekannya di rumah.

Ada beragam jenis kerajinan tangan yang bisa dipilih. Moms juga bisa memanfaatkan barang-barang bekas di rumah untuk diubah menjadi barang kerajinan yang indah. Jika Moms tekun melakukannya, siapa tahu dari kerajinan tangan yang dibuat dapat menambah pundi-pundi uang.

6. Memanfaatkan Waktu Luang Dengan Berkebun

masa karantina berapa hari
Sumber: Freepik.com

Jika sudah merasa bosan dengan kegiatan yang itu-itu saja saat karantina di rumah, tidak ada salahnya mencoba untuk berkebun. Moms bisa mencoba jenis tanaman sayuran yang memiliki masa tanaman singkat seperti sawi, bayam, kangkung, atau selada. Vertikultur dan hidroponik merupakan alternatif bagi Moms yang ingin berkebun namun tidak memiliki lahan yang cukup.

Bahkan saat ini sudah tersedia beragam jenis paket tanaman lengkap dengan petunjuk penggunaannya. Jadi setelah masa karantina berapa hari, rumah Moms akan terasa lebih hijau dengan tanaman.

7. Menyiapkan Beragam Jenis Obat-Obatan Dan Makanan Secukupnya

masa karantina otg
Sumber: Freepik.com

P3K memang sangat diperlukan guna mengantisipasi pertolongan pertama saat terjadi kecelakaan atau sakit. Jika keluarga Moms diketahui memiliki riwayat perjalanan dari wilayah zona merah, dianjurkan untuk melakukan karantina mandiri. Menurut penelitian hampir 70% pasien positif covid-19 tidak menunjukan gejala gangguan kesehatan atau dikenal dengan istilah OTG.

Untuk itu Moms perlu mempersiapkan barang penting seperti obat-obatan, multivitamin, hand sanitizer, masker, dan lain sebagainya selama masa karantina OTG. Persediaan makanan juga harus diatur untuk menghindari sering berbelanja keluar rumah.

Memang untuk selalu berada di rumah tidaklah mudah. Namun dengan melakukan kegiatan yang bermanfaat tentu akan menghilangkan rasa bosan ketika karantina dari wabah penyakit corona.

Itulah tadi tipe-tipe ibu muda saat menghadapi masa karantina di rumah, Moms termasuk tipe yang mana?

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Tipe-Tipe Ibu Muda Di Rumah Saat Masa Karantina Wabah Penyakit Corona"
related post
Moms, Hidup Pasti Lebih Bahagia Dengan Ikuti Pola Hidup Seimbang Ini!

happines.id - Hidup di zaman yang menuntut kecepatan dan tekanan membuat banyak orang sering mengabaikan ... Lanjut Baca