Ternyata Mudah, Cara Menghilangkan Kecemasan Dan Ketakutan Dalam Diri

Waktu Baca: 4 menitSenin, 10 Januari 2022 09:22 WIB
cara menghilangkan kecemasan
Sumber: unsplash

Perasan cemas merupakan salah satu bentuk emosi manusia, ditandai dengan perasaan kurang nyaman sehingga diperlukan cara menghilangkan kecemasan yang ada dalam diri secara efektif. Sebenarnya merasa cemas merupakan hal wajar bagi setiap orang.

Biasanya rasa cemas akan berlalu seiring berjalannya waktu, namun terkadang juga bertahan lama karena faktor tertentu. Hal ini akan membuat aktivitas sehari-hari HappyFams menjadi terhambat. Bahkan cemas berlebihan dapat sampai menyebabkan kematian.

Sebaiknya tidak dibiarkan terlalu lama, jika merasa sangat terganggu, temui para ahli seperti psikolog untuk mengatasi kondisi tersebut. Selain itu, melakukan metode atau cara menghilangkan kecemasan dan ketakutan di bawah ini akan mengurangi terjadinya kecemasan secara berlebihan.

Cara Menghilangkan Kecemasan, Lakukan Hal Sederhana Ini

BACA JUGA:

Terdapat banyak sekali cara untuk mengatasi rasa takut, stres, hingga cemas, yaitu dengan meminta bantuan dari orang-orang terdekat. Mengubah pola hidup merupakan metode terbaik, selain itu, perhatikan tips ini.

1. Olahraga

Cara menghilangkan kecemasan yang pertama adalah olahraga. Olahraga teratur dapat membantu menurunkan stres dan kecemasan dengan melepaskan endorfin dan meningkatkan kualitas tidur dan citra diri yang ada dalam tubuhmu.

Olahraga merupakan salah satu aktivitas rutin penting untuk melawan stres begitupun olahraga dilakukan di malam hari, dan sebaiknya memang dilakukan secara rutin. Manfaatnya adalah menurunkan stres jangka panjang, lebih percaya diri, serta meningkatkan kualitas tidur.

Sebenarnya tidak perlu melakukan olahraga berat, cukup meluangkan waktu secara konsisten beberapa hari dalam seminggu. Lakukan olahraga ringan, misalnya jogging, berjalan, ataupun yoga kapanpun HappyFams sempat.

2. Mengonsumsi Suplemen

Apabila memang dibutuhkan cara menghilangkan kecemasan dalam diri, konsumsi suplemen makanan untuk meningkatkan proses pengurangan kecemasan dan stres. Misalnya asam lemak omega 3, teh hijau, valerian, lemon balm, serta kava-kava.

Suplemen khusus memang bisa mengurangi stres, namun terdapat beberapa efek samping apabila dikonsumsi secara berlebihan. Sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan ahli gizi atau dokter.

3. Menggunakan Lilin Aromaterapi

Gunakan essential oil atau menyalakan lilin aromaterapi, cara menghilangkan kecemasan berlebih ini cukup efektif. Saat ini mudah ditemui berbagai jenis aromaterapi dijual bebas di e-commerce.

Aroma yang paling direkomendasikan adalah mawar, lavender, bergamot, vetiver, chamomile, neroli, cendana, ylang-ylang, kerenyam, hingga bunga jeruk. Bagus untuk memberikan relaksasi dan ketenangan setelah menciumnya.

4. Mengurangi Konsumsi Kafein

Caffeine merupakan salah satu zat stimulan, biasanya dijumpai pada kopi, cokelat, teh, serta energy drink. Konsumsi caffeine dengan dosis berlebihan ternyata akan meningkatkan rasa cemas.

Setiap manusia mempunyai tingkat sensitivitas berbeda ketika mengonsumsi caffeine, ketika HappyFams merasakan rasa cemas setelah mengonsumsi, sebaiknya hentikan atau kurangi dosisnya. Meskipun juga terdapat manfaat, lebih baik mencegah kemungkinan buruk terjadi.

5. Mulai Menulis

menulis hilangkan kecemasan
Sumber: pxhere

Metode lain yang dapat dicoba adalah menulis, catatlah apa saja nikmat dan rasa syukur selama hidup sampai sekarang. Dengan bersyukur ternyata dapat mengatasi stres, karena pikiran dialihkan pada hal-hal positif.

HappyFams bisa membuat diary atau jurnal harian, selalu catat hal-hal positif dan membahagiakan. Mengekspresikan perasaan atau hal-hal lain yang tidak sempat dibicarakan melalui tulisan lebih mudah.

6. Mengunyah Permen Karet

Metode ini terbilang simpel, tidak memerlukan banyak tenaga atau uang, karena permen karet bisa didapatkan di mana saja. Mengunyah permen karet membantu tubuh dan pikiran menjadi lebih tenang.

Menurut beberapa penelitian, aktivitas seperti ini akan menghasilkan gelombang otak sama seperti ketika bersantai. Selain itu, mengunyah permen karet akan meningkatkan aliran darah menuju otak.

7. Habiskan Waktu Bersama Keluarga

Cara menghilangkan kecemasan sosial seperti berkumpul dengan keluarga atau sahabat dekat bisa membantu seseorang lepas dari masa-masa terendah dalam hidup. Untuk perempuan, menghabiskan waktu dengan teman bisa melepaskan hormon oksitoksin. Maka dari itu harus pandai-pandai membagi waktu bersama keluarga, sahabat maupun pekerjaan.

Efek seperti ini sering dikenal dengan istilah tend and befriend, menjadi kebalikan dari fight or flight. Miliki ikatan emosional dan sosial lebih kuat agar bisa melewati masa-masa terberat dalam hidup.

8. Cara Menghilangkan Kecemasan dengan Lebih Banyak Tertawa

Berpikir positif saat keadaan negatif memang bukan sesuatu yang mudah dilakukan, sehingga HappyFams lebih baik dikelilingi oleh orang-orang dengan energi positif. Tertawa akan meredakan ketegangan otot tubuh.

Dalam jangka panjang, tertawa juga membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh serta menjaga suasana hati tetap ceria. Temukan selera humor sesuai, menghabiskan waktu bersama teman, atau melihat tontonan menghibur.

Selain metode di atas, ada salah satu cara efektif yaitu dengan mengadopsi hewan peliharaan seperti kucing atau anjing. Lakukan cara menghilangkan kecemasan secara bertanggung jawab dan sesuai kebutuhan.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Ternyata Mudah, Cara Menghilangkan Kecemasan Dan Ketakutan Dalam Diri"