Ternyata Manfaat Sayur Wortel Bisa Untuk Kecantikan Lho Moms!

Waktu Baca: 4 menitRabu, 14 Juli 2021 08:24 WIB
manfaat sayur wortel
Sumber: xframe.io

Semenjak kecil HappyFams pasti sudah dijelaskan berbagai manfaat sayur wortel. Bahkan ketika kecil senantiasa didorong untuk memakan sayuran berwarna oranye tersebut. Mulai dari berupa cemilan, jus, atau dimasak menjadi sup.

Ketika beranjak sekolah, ibu guru juga memberikan penjelasan mengapa sayur wortel tersebut baik bagi HappyFams. Seperti mengandung banyak vitamin A dan menjaga kesehatan mata. Namun tahukah Anda, bahwa wortel juga baik bagi kesehatan dan kecantikan lho. Perlu diwaspadai juga dengan masalah kesehatan wanita yang kerap muncul usia 30 tahun 

Wortel Bisa Membuat Wajah Makin Cantik

Tentunya sudah tidak asing lagi bahwa sayuran oranye ini bisa dimanfaatkan selain sebagai bahan makanan, misalnya dibuat masker. Hal ini karena kaya vitamin, serta mengandung antioksidan yang sangat baik bagi kesehatan dan kecantikan kulit.

1. Flek Hitam Tersamarkan

Flek hitam menjadi salah satu permasalahan utama bagi Moms, apalagi ketika ingin tampil di depan publik. Karena selain mengganggu penampilan juga terkadang mengurangi kepercayaan diri. Namun hal ini ternyata bisa diatasi dengan masker dari sayuran ini.

Caranya adalah dengan mencampurkannya bersama madu beserta olive oil. Setelah tercampur, tinggal mengoleskan hingga merata pada keseluruhan wajah. Menunggu sekitar 20 menit, baru setelah itu bisa dibilas menggunakan air hangat. Lakukan secara terus menerus maka flek hitam dapat tersamarkan.

2. Kekenyalan Kulit Terjaga

manfaat kecantikan wajah
Sumber: shutterstock

Salah satu faktor yang membuat terlihat cantik adalah kekenyalan kulit wajahnya. Kulit wajah kenyal akan menampakkan kecantikan alami serta terlihat lebih menawan. Apabila melihat pada produk kecantikan, sudah banyak yang menawarkan perawatan ini.

Namun sebenarnya Moms bisa menggunakan wortel sebagai alternatifnya. Salah satu faktor penunjang kekenyalan kulit adalah kolagen, ini bisa dipicu dengan vitamin yang terkandung dalam wortelnya, yaitu kandungan vitamin C.

3. Regenerasi Sel Kulit Mati

Salah satu rahasia wajah terlihat cerah, bersih, serta terlihat awet muda adalah regenerasi sel kulit matinya yang baik. Untuk memicu regenerasi sel kulit matinya, salah satunya adalah dengan memberikan vitamin A yang terkandung dalam wortel.

Untuk penggunaannya, bisa dengan menjadikannya sebagai masker alami. Caranya adalah dengan menghaluskannya lalu lumurilah wajah dengannya sebanyak 2 kali tiap minggunya. Kuncinya adalah melakukannya secara rutin.

4. Kulit Menjadi Lebih Segar

Salah satu penyebab kulit wajah tidak terlihat segar adalah karena banyaknya minyak. Secara alamiah minyak ini berfungsi untuk menjaga kelembaban kulitnya, namun ketika terlalu banyak malah membuat wajah terlihat tidak segar.

Cara menghilangkannya adalah dengan membersihkannya secara menyeluruh, termasuk ke dalam pori-porinya. Kandungan wortelnya bisa membantu membersihkan wajah yang berminyak. Sehingga terasa lebih lembut, bersih, serta segar.

BACA JUGA:

Manfaat Sayur Wortel untuk Program Hamil

Impian setiap pasangan tentunya adalah memiliki buah hati sesegera mungkin. Salah satunya adalah dengan merencanakan program hamil. Mulai dari menjaga kesehatan, menjaga pola hidup, memastikan nutrisi seimbang, serta berkonsultasi dengan dokter.

Salah satu yang mungkin mengejutkan adalah program hamil ini bisa dibantu dengan mengonsumsi wortel dalam jumlah yang cukup. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh ahli gizi Sinead Curran, menyatakan bahwa wortel bisa meningkatkan kesuburan.

Tidak hanya bagi Moms saja, namun juga memberikan peluang kesuburan juga bagi Dads. Sehingga program hamil bisa berjalan dengan lancar. Hal ini dikarenakan kandungan dari wortelnya itu sendiri, seperti vitamin A, E, dan kandungan lainnya sangat bagus untuk perawatan kulit.

Medical News today menerbitkan artikel yang menyatakan bahwa satu buah berwarna oranye ini memiliki kandungan asam folat sebesar 11,6 mcg. Kandungan tersebut ternyata berpengaruh pada peningkatan kadar hormon pregesteron.

Vitamin A pada wortel apabila dikonsumsi oleh Moms ternyata tidak hanya memberikan efek positif pada mata saja. Namun juga meningkatkan jumlah dan kualitas lendir serviks. Berdasarkan American Pregnacy Assosiation, lendir di serviks berpotensi meningkatkan peluang hamil.

Untuk Dads, kandungan dari wortel berupa vitamin B9 dan B12 pada wortel akan meningkatkan motilitas dari sperma. Motilitas adalah kemampuan sperma untuk bergerak menuju serviks dan membuahi sel telur. Sehingga peningkatan motilitas juga meningkatkan peluang hamil.

Meskipun wortel memang telah terbukti mampu meningkatkan peluang kehamilan, akan tetapi mengonsumsi berlebihan bisa menimbulkan permasalahan kesehatan. Alangkah baik bila berkonsultasi ke dokter mengenai jumlah aman konsumsi wortelnya.

Setiap wanita pastinya ingin terlihat cantik serta kesehatannya terjaga. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi sayuran wortel. Berdasarkan penelitian ada banyak manfaat sayur wortel bagi kesehatan dan kecantikan Moms, jadi tunggu apalagi yuk mulai sekarang perbanyak konsumsi worltel.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Ternyata Manfaat Sayur Wortel Bisa Untuk Kecantikan Lho Moms!"