Ternyata Inilah Pentingnya Pendidikan Seks Sejak Dini Bagi Anak Moms

Waktu Baca: 4 menitRabu, 21 Agustus 2019 11:00 WIB
Diskusikan Pelajaran
Sumber: Freepik.com

Pendidikan seks memang masih menjadi hal yang tabu bagi sebagian masyarakat di Indonesia yang mayoritas masih menjunjung tinggi budaya timur. Akan tetapi, kini semua informasi menjadi lebih transparan dan mudah diakses oleh siapa saja, termasuk sang anak. Bila pendidikan seks tidak diberikan sejak dini oleh orangtua, tidak tertutup kemungkinan anak akan bisa terjerumus pergaulan bebas. Apalagi secara alamiah, sifat anak berusia muda adalah rasa ingin tahu yang tinggi. Ia bisa saja bertanya kepada teman sebayanya.

Tentu, ini menjadi tantangan bagi Moms dan Dads sebagai orangtua dalam mempersiapkan didikan anak secara maksimal. Terutama di masa menjelang praremaja dan masa remaja yang menjadi usia krusial anak. Oleh karena itu, disinilah peran Moms dan Dads menjadi sangat penting dalam memberikan pendidikan seksual sejak dini. Memang, pro kontra pendidikan seks sejak dini ini masih saja bermunculan, mayoritas kelompok masyarakat masih menganggap bahwa seksualitas merupakan hal tabu yang tidak boleh dibicarakan bebas secara publik.

Sebagian khawatir pendidikan seks yang diberikan sejak dini malah membuat anak semakin ingin tahu dan melakukan hal yang negatif. Padahal, ini adalah pandangan kuno yang harus diperbaiki. Justru, pendidikan seks sejak dini tidak lain untuk mengajarkan, menyadarkan, dan memberikan pemahaman mengenai berbagai edukasi seksualitas dan kesehatan reproduksi. Dua pengetahuan ini juga kian krusial di masa remaja anak yang mulai mengalami pubertas. Berikut manfaat pendidikan seks sejak dini yang Moms dan Dads harus tahu. Mari simak yuk!

1. Anak Menjadi Lebih Terbuka Terhadap Masalah Seksual

Anak Terbuka Terhadap Orangtua
Sumber: Istockphoto.com/Yagi-Studio

Ketika anak mulai menginjak masa remaja, seks menjadi topik yang sensitif untuk dibicarakan. Namun, Moms dan Dads harus memberikan pengertian yang tepat seputar edukasi seks. Dengan memposisikan diri Moms dan Dads sebagai teman, anak tidak akan merasa malu jika ingin membicarakan masalah seks, maupun ketika mereka ingin menanyakan sesuatu yang lebih pribadi. Hal ini juga dapat meningkatkan hubungan Moms dan Dads dengan anak, lho!

2. Anak Dapat Memahami Peran Dan Jenis Gender

Anak Memahami Peran dan Jenis Gender
Sumber: Depositphotos.com/Sirikornt

Pendidikan seks sejak dini membuat anak mengerti akan peran yang ia lakukan. Moms dan Dads bisa menjelaskan perbedaan antara apa yang dipakai anak laki-laki dan perempuan, juga memberikan pengetahuan mengenai alat kelamin lawan jenis. Dengan memberikan pemahaman sederhana jika perempuan dan laki-laki itu berbeda, maka anak dapat mengenali jenis gender, sehingga mereka bisa menghargai teman-teman di sekitarnya.

3. Anak Akan Menghapus Rasa Ingin Tahu Yang Tidak Sehat

Menghapus Rasa Ingin Tahu Anak Yang Tidak Sehat
Sumber: Freepik.com/Backgroundy

Terkadang rasa ingin tahu yang dimiliki anak-anak sangat besar, Moms dan Dads harus membantu anak untuk memahami apa yang membuat mereka penasaran, terutama mengenai seksualitas. Dengan mendampingi mereka saat menonton TV atau video di internet, memberikan pengertian kepada anak akan apa yang boleh dan tidak boleh ditonton, sehingga anak tidak akan mencari tahu sendiri.

4. Anak Dapat Menyadari Masalah Yang Akan Timbul Akibat Dari Seks Bebas

Ayah Menasehati Anak
Sumber: Shutterstock.com/Imtmphoto

Pendidikan seks yang diberikan oleh orangtua harus disesuaikan dalam setiap tahapan perkembangan anak. Mulai dari masa anak-anak, praremaja, remaja, hingga dewasa pun berbagai nilai dan ketrampilan relasi yang dibutuhkan oleh sang buah hati harus disesuaikan, juga terus diasah oleh Moms dan Dads sebagai orangtua. Dengan memberikan pengetahuan mengenai masalah seputar edukasi seksualitas, maka anak tidak akan terjerumus untuk melakukan seks dan pergaulan bebas. Mereka akan lebih mampu membuat keputusan yang bertanggung jawab untuk menjadi orang dewasa yang sehat secara seksual.

5. Anak Dapat Memahami Fungsi Seksual

Orangtua Mengajarkan Anak Pendidikan Seks
Sumber: Shutterstock.com/CapM

Moms dan Dads juga perlu mengajarkan fungsi seksual secara sederhana kepada anak. Caranya, bisa dengan bermain tebak-tebakan mengenai ragam bagian tubuh menggunakan media gambar atau boneka. Bisa juga mengajak mereka menonton video mengenai edukasi seks yang positif. Dengan memberikan pengetahuan tentang fungsi seksual, terutama organ yang sensitif, mereka tidak akan merasa kaget, bingung, ataupun takut ketika menghadapi perubahan fisik yang terjadi saat mereka menginjak usia remaja.

6. Belajar Menghargai Dan Melindungi Tubuh Sendiri

Belajar Menghargai Dan Melindungi Tubuh Sendiri
Sumber: Pixabay.com/Alexas_Fotos

Setelah Moms dan Dads menjelaskan secara sederhana fungsi seksual pada anak, kemudian ajarkan mereka untuk selalu menjaga kebersihan area reproduksinya. Selain itu, jelaskan pula pada anak bahwa tidak boleh ada yang menyentuh bagian vital selain dirinya sendiri. Dengan begitu, anak dapat menghargai dan melindungi tubuhnya. Berikan pengertian kepada anak, agar segera memberitahukan kepada Moms dan Dads ketika ada orang yang memperlakukannya secara tidak sopan, baik secara verbal atau berupa tindakan yang mengarah pada perilaku seks.

7. Anak Siap Menerima Perubahan Fisik Dan Emosi Pada Dirinya

Anak Siap Menerima Perubahan Pada Tubuhnya Saat Pubertas Anak Remaja
Sumber: Pexels.com/Pixabay

Moms bisa memberikan penjelasan kepada anak perempuan mengenai menstruasi, juga perubahan dari beberapa bagian tubuhnya. Atau Dads dapat menjelaskan kepada anak laki-laki jika suatu saat nanti mereka akan dikhitan dan akan mengalami mimpi basah. Informasi tentang perubahan pada diri anak, baik fisik maupun emosi, bisa mengarahkan anak ke masa pubertas yang akan segera dialaminya, sehingga anak akan lebih siap menghadapinya.

Pahamilah bahwa tujuan pendidikan seks diberikan sejak dini diharapkan dapat meluruskan pemahaman dan perilaku seks anak ke arah yang lebih positif. Pendidikan seks bukan lagi menjadi hal yang tabu, melainkan sudah menjadi kebutuhan masa depan anak untuk melindungi dirinya. Yuk, mulai sekarang kenalkan pendidikan seks pada anak-anak kita! Nah, bagaimana cara Moms dan Dads memberikan edukasi seks dini pada anak? Share yuk!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Ternyata Inilah Pentingnya Pendidikan Seks Sejak Dini Bagi Anak Moms"
related post
Tips Ibu Muda Menyusui Bayi Yang Baru Lahir Dengan Baik Dan Benar

Menjadi seorang ibu muda memang tidaklah mudah. Setelah melawati proses melahirkan, tahap berikutnya yang juga ... Lanjut Baca

Daftar Makanan Instan Sehat Untuk Bayi & Ibu Hamil Di Rumah

Makanan instan menjadi pilihan banyak orang karena dianggap praktis dan tidak membutuhkan waktu lama untuk ... Lanjut Baca

Mitos Dan Fakta Jenis Kelamin Bayi Yang Terjadi Oleh Ibu Hamil

Sudah sejak lama banyak mitos berkembang terkait tentang kehamilan yang berlaku turun temurun di Indonesia. ... Lanjut Baca