Ternyata Inilah Manfaat Berhubungan Suami Istri Setiap Hari

Waktu Baca: 4 menitJum'at, 28 Juni 2019 00:00 WIB
Manfaat Berhubungan Suami Istri Setiap Hari Cover
Sumber: Pexels.com

Hubungan intim antar suami istri tentu menjadi aktivitas dan kewajiban yang rutin dilakukan setelah pernikahan. Aktivitas ini tak hanya dinilai sebagai aktivitas biologis untuk memiliki keturunan namun ada begitu banyak manfaat yang didapatkan dari aktivitas tersebut. Berhubungan suami istri secara teratur merupakan salah satu cara untuk bersenang-senang, menjaga keintiman, sekaligus menjaga tubuh tetap bugar. Yuk Moms, simak apa saja manfaat berhubungan suami istri setiap hari!

1. Seks Bisa Mengurangi Stres Lho. Wajib Dicoba Nih!

Manfaat Berhubungan Suami Istri Setiap Hari Seks Bisa Mengurangi Stress Lho

Melakukan hubungan suami istri memberikan suatu kenyamanan dan menyebabkan kondisi stress release bagi Moms dan Dads. Sentuhan dan rangsangan seksual memberikan rasa nyaman, tentram, dan dapat mengurangi tingkat kecemasan. Selain itu ketika bercinta, tubuh melepaskan hormon kasih sayang dan hormon kebahagiaan seperti oksitosin dan dopamin, yang memberikan perasaan bahagia dan membangkitkan gairah ketika berhubungan intim.

2. Rutin Bercinta Bisa Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Manfaat Berhubungan Suami Istri Setiap Hari Rutin Bercinta Bisa Meningkatkan Sistem Imun Tubuh
Sumber: Pexels.com

Sistem imun meningkatkan pertahanan dengan mengeluarkan antibodi yang disebut immunoglobulin A (IgA) dalam air liur dan lapisan mukosa. Setiap orang yang melakukan hubungan seks satu hingga dua kali per minggu memiliki peningkatan 30 persen IgA lho, HappyFams! Fakta yang menarik sekali bukan ketika seks yang rutin dalam rumah tangga bisa meningkatkan antibodi dalam tubuh!

3. Meningkatkan Kualitas Tidur, Salah Satu Manfaat Seks Bagi Suami Istri

Manfaat Berhubungan Suami Istri Setiap Hari Meningkatkan Kualitas Tidur, Salah Satu Manfaat Seks Bagi Suami Istri
Sumber: Pexels.com

Seperti layaknya kegiatan olahraga yang baik untuk meningkatkan kualitas tidur, sama halnya dengan berhubungan suami istri setiap hari, yang juga dapat meningkatkan kualitas tidur lho Moms. Saat melakukan hubungan seks inilah, tubuh mengeluarkan banyak kalori. Berhubungan intim menghabiskan kalori sama halnya dengan aktivitas berjalan cepat. Melakukan hubungan seks selama 30 menit saja dapat membakar sekitar 200 kalori.

Oleh karenanya, menjadwalkan hubungan intim adalah kegiatan yang tepat untuk membakar kalori secara teratur. Setelah melakukan seks, Moms pun akan merasa mengantuk. Hal ini karena setelah melakukan aktivitas tersebut tubuh akan melepaskan hormon prolaktin yang berfungsi menghadirkan rasa santai dan ngantuk dimana hormon ini juga terjadi pada ibu-ibu yang menyusui ya, Moms. Tidur nyenyak ini berkonstribusi dalam memperkuat daya tahan tubuh dan meningkatkan energi.

4. Turunkan Resiko Penyakit Jantung Dengan Berhubungan Intim

Manfaat Berhubungan Suami Istri Setiap Hari Turunkan Resiko Penyakit Jantung Dengan Berhubungan Intim
Sumber: Yandex.com

Manfaat hubungan suami istri setiap hari salah satunya mencegah penyakit jantung. Banyak pasangan pada umumnya menganggap berhubungan suami istri sebagai olahraga di tempat tidur, karena memiliki manfaat yang tak jauh beda dengan olahraga sendiri. Berhubungan seks setidaknya dua kali per minggu dapat menurunkan risiko terkena serangan jantung ketimbang mereka yang tidak melakukan hubungan seksual sama sekali.

Rangsangan seksual dan orgasme membuat denyut jantungmu akan bertambah. Hal inilah yang ternyata yang membuat jantung semakin sehat. Hubungan seksual yang dilakukan paling sedikit dua kali seminggu bisa membuat kamu terhindar dari risiko serangan jantung hingga 50%.

Studi menemukan bahwa pria yang berhubungan intim dua kali seminggu memiliki risiko lebih kecil mengalami penyakit kardiovaskular, dibandingkan hanya berhubungan intim sekali dalam sebulan. Para peneliti sepakat seks adalah bagian dari menjaga kesehatan jantung. Hubungan seks dua kali dalam seminggu saja sangat bermanfaat, apalagi setiap hari ya!

5. Meningkatkan Keintiman Dengan Pasangan, Ini Dia yang Terpenting!

Manfaat Berhubungan Suami Istri Setiap Hari Meningkatkan Keintiman Dengan Pasangan, Ini Dia Yang Terpenting!
Sumber: Pexels.com

Ketika orgasme melepaskan hormon okstitosin atau hormon cinta yang membantu pasangan suami istri meningkatkan rasa kepercayaan dan mempererat ikatan di antara keduanya. Rutin berhubungan intim juga meningkatkan level komitmen, sehingga risiko perceraian dapat ditekan. Selain itu, hubungan seksual juga salah satu lambang rasa sayang dengan pasangan.

6. Berhubungan Intim Dapat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat Berhubungan Suami Istri Setiap Hari Berhubungan Intim Dapat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Sumber: Yandex.com

Terdapat riset yang menemukan bahwa pasangan yang berpegangan tangan selama 10 menit dibarengi dengan pelukan selama 20 detik saja dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.Tekanan darah tinggi berkaitan dengan risiko penyakit jantung dan stroke. Hubungan intim juga dapat membantu melebarkan pembuluh darah, meningkatkan pengiriman oksigen dan nutrisi ke sel-sel tubuh, sekaligus mengurangi tekanan darah karena termasuk dalam aktifitas fisik dengan intensitas yang serupa dengan olahraga.

7. Seks Juga Dapat Menurunkan Resiko Berbagai Penyakit

Manfaat Berhubungan Suami Istri Setiap Hari Seks Juga   Dapat Menurunkan Resiko Berbagai Penyakit
Sumber: Yandex.com

Manfaat lain dari berhubungan suami istri setiap hari adalah menurunkan resiko terhadap serangan penyakit, baik penyakit degeneratif seperti tekanan darah tinggi, jantung, stroke, tetapi juga menurunkan resiko dari penyakit non degeratif seperti infeksi dikarenakan tubuh memproduksi imun menjadi lebih baik. Selain itu, penelitian mengungkapkan bahwa ejakulasi setidaknya 21 kali dalam sebulan diduga mampu menurunkan risiko kanker prostat. Namun pada wanita, berhubungan seks mampu mencegah kanker serviks.

8. Redakan Nyeri di Tubuh dengan Seks Rutin

Manfaat Berhubungan Suami Istri Setiap Hari Redakan Nyeri Di Tubuh Dengan Seks Rutin
Sumber: Yandex.com

Manfaat hubungan suami istri setiap hari adalah meredakan nyeri. Pada saat itu, otak melepaskan hormon endorfin. Endorfin tidak hanya membuat tubuh lebih rileks dan melepaskan stres, tapi juga dapat meredakan nyeri, seperti migrain dan nyeri punggung. Orgasme saat berhubungan suami istri menyebabkan otot tubuh berkontraksi sehingga mampu menyembuhkan kram menstruasi. Ketika otot rahim berkontraksi, maka rahim akan dengan mudah melepaskan darah.

9. Seks Bisa Menyehatkan Kulit, Moms Pasti Suka

Manfaat Berhubungan Suami Istri Setiap Hari Seks Bisa Menyehatkan Kulit
Sumber: Pexels.com

Selama orgasme tubuh memproduksi DHEA 3 kali lipat dari biasanya. Senyawa DHEA atau dehydroepiandrostone adalah senyawa yang dilepaskan tubuh yang dapat berfungsi sebai antidepresan dan memperbaiki jaringan yang rusak. Selain sebagai antidepresan senyawa ini juga penting untuk menyehatkan kulit, melawan jerawat, dan membuat kulit moms bercahaya.

Ada begitu banyak manfaat yang didapatkan dengan melakukan hubungan suami istri setiap hari. Moms juga merasakan manfaatnya, kan? Share artikel ini ke Dads juga yuk!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Ternyata Inilah Manfaat Berhubungan Suami Istri Setiap Hari"