Ternyata Inilah 7 Penyebab Ruam Popok Di Kulit Bayi Moms!

Waktu Baca: 5 menitSabtu, 01 Juni 2019 08:00 WIB
Penyebab Ruam Popok Kulit Bayi
Sumber: Pexels.com/Daniel Reche

Permasalahan bayi baru lahir ternyata cukup banyak lho Moms. Salah satu masalah adalah ruam popok pada bayi laki-laki dan ruam popok pada bayi perempuan.Tidak jarang mengalami ruam yang diakibatkan oleh popok. Sementara itu Moms sebagai orang tua, apalagi jika baru menjadi ibu mungkin belum mengerti dengan baik masalah ruam pada bayi. Jadi daripada bingung lebih baik Moms menyimak ulasan berikut mengenai tujuh penyebab ruam popok bayi baru lahir. Dengan begitu Moms bisa mencegah ruam popok bayi.

1. Kondisi Popok Lembab

kondisi popok lembab
Sumber: Unsplash.com/Walaa Khaleel

Salah satu penyebab ruam popok bayi baru lahir maupun ruam popok bayi 1 bulan adalah kondisi popok yang lembab. Hal ini bisa terjadi akibat Moms jarang memperhatikan popok bayi dan juga tidak menggantinya secara teratur. Dalam satu hari normalnya Moms mengganti popok bayi setiap dua sampai tiga jam sekali. Alhasil kalau popok jarang diganti bisa memicu terjadinya ruam popok pada bayi sehingga bayi pun menjadi lebih rewel dan sering menangis.

Selain itu dampak lain dari jarang mengganti popok adalah meningkatnya kemungkinan feses dan urin bercampur baur. Jika hal ini terjadi, maka risiko tumbuhnya bakteri menjadi semakin meningkat yang juga dapat menyebabkan ruam popok. Tidak hanya itu pertumbuhan bakteri semakin pesat jika popok selalu dalam kondisi lembab. Oleh sebab itu Moms harus rajin memperhatikan popok bayi untuk mencegah ruam popok bayi ya, Moms.

2. Adanya Infeksi Yang Disebabkan Oleh Bakteri Dan Jamur

infeksi yang disebabkan bakteri dan jamur
Sumber: Pexels.com/Nelly Aran

Penyebab ruam popok bayi baru lahir selanjutnya adalah adanya infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan jamur. Alasannya sudah jelas karena area seperti paha, kelamin, dan bokong memiliki kondisi yang cukup lembab dan cenderung hangat. Dan kondisi kulit yang seperti ini sangat rentan mengalami infeksi oleh bakteri dan jamur. Maka dari itu Moms harus lebih rutin memeriksa dan menjaga agar area tersebut tidak lembab, terutama dalam waktu lama. Sama seperti memperhatikan kondisi popok ya, Moms.

3. Kulit Bayi Memiliki Jenis Sensitif

kulit bayi memiliki jenis sensitif
Sumber: Pexels.com/Pixabay

Sama seperti orang dewasa sebagian bayi juga memiliki kulit yang sensitif. Penyebab sensitifitas pada kulit bayi bisa disebabkan oleh masalah kulit seperti dermatitis atopik atau eksim. Jika bayi mengalami masalah ini, maka kulitnya lebih rentan terkena ruam popok. Sebaiknya Moms berkonsultasi dengan dokter untuk memutuskan alternatif yang dapat dilakukan jika kulit bayi cukup sensitif. Dengan begitu, segala resiko kesehatan yang terjadi bisa diminimalisir.

4. Pemasangan Popok Terlalu Erat Dan Ketat

pemasangan popok terlalu erat dan ketat
Sumber: Unsplash.com/Zelle Duda

Salah satu cara mengganti popok bayi yang benar adalah ketika memasang perekat agar tidak terlalu erat dan ketat. Jika Moms mengabaikan hal ini bukan hanya dapat menyebabkan perasaan kurang nyaman pada bayi, melainkan juga memicu terjadinya ruam popok. Oleh sebab itu ketika memilih popok untuk bayi usahakan agar ukurannya tidak terlalu ketat dan jangan merekatkannya terlalu erat sehingga membuat kulitnya lecet.

Penyebab ruam popok bayi baru lahir dan ruam popok bayi 1 bulan ini berawal dari gesekan antara kulit dengan popok. Kalau terus belanjut tanpa diperhatikan, maka dampak yang ditimbulkan adalah munculnya iritasi pada kulit, lecet, serta ruam. Moms juga perlu mengingat dengan baik kalau kulit bayi memiliki tekstur yang sangat halus dan tipis, sehingga sangat rentan terhadap tekanan dari luar. Jadi, Moms harus sangat berhati-hati ya!

5. Perubahan Makanan Yang Dikonsumsi Bayi

perubahan makanan yang dikonsumsi
Sumber: Pexels.com/Rawpixel

Makanan juga bisa menjadi penyebab ruam popok pada bayi lho, Moms. Biasanya hal ini timbul pada saat bayi sudah menginjak usia empat sampai enam bulan. Karena pada rentang usia tersebut bayi sudah bisa diberi makanan pendamping ASI berupa makanan padat. Seperti yang diketahui bahwa makanan yang dikonsumsi memiliki pengaruh besar terhadap kondisi feses yang dikeluarkan lho, Moms. Jadi, tidak bisa sembarangan makan ya.

Adapun beberapa jenis makanan yang memiliki pengaruh besar dan dapat memicu terjadinya iritasi antara lain adalah buah-buahan dengan kadar asam tinggi. Dan kalau kulit sudah iritasi, maka ruam juga dapat timbul. Hal lain yang perlu Moms perhatikan jga bahwa tidak semua makanan yang mengiritasi berasal dari apa yang dikonsumsi bayi. Terkadang juga berasal dari apa yang Moms konsumsi lho. Karena ASI untuk bayi dari Moms juga kan?

6. Bayi Mengonsumsi Antibiotik

bayi mengonsumsi antibiotik
Sumber: Unsplash.com/Freestocks

Mengonsumsi antibiotik juga dapat menjadi penyebab ruam popok bayi baru lahir. Ketika bayi diberikan antibiotik, maka yang terbasmi tidak hanya bakteri jahat saja, melainkan juga bakteri baik. Akibatnya kulit bayi dapat mengalami infeksi yang disebabkan oleh jamur. Penyebabnya karena tidak ada lagi bakteri baik yang mencegah perkembangan jamur di kulit. Moms juga perlu tahu kalau antibiotik yang menyebabkan ruam tidak hanya berasal dari yang bayi konsumsi lho. Bisa juga menyebar jika Moms yang mengonsumsinya. Secara bayi meminum ASI dari Moms.

7. Terjadi Iritasi Akibat Produk Kebersihan Bayi

terjadi iritasi akibat produk kebersihan
Sumber: Pexels.com/Andres Chaparo

Moms juga perlu mengetahui bahwa berhubung kulit bayi memiliki kondisi yang halus dan tipis, maka sangat mudah baginya untuk terjadi iritasi. Oleh sebab itu Moms sebaiknya berhati-hati ketika menggunakan produk kebersihan bayi, ya. Jangan terlalu cepat teriming-iming iklan ya, Moms.Karena pada dasarnya hampir semua produk kebersihan mengandung bahan kimia. Dan bahan kimia tersebut dapat menyebabkan iritasi. Produk yang bisa menyebabkan iritasi antara lain berasal dari popok, sabun, tissue basah, minyak, dan bedak.

Itulah tujuh penyebab ruam popok bayi baru lahir ataupun ruam popok bayi 1 bulan yang wajib Moms ketahui. Kalau ruam disebabkan oleh popok, tidak ada salahnya Moms mencoba menggunakan popok cuci pakai yang cenderung lebih ramah. Tetapi pastikan untuk memperhatikan kondisinya, ya. Jangan lupa meninggalkan komentar kalau Moms memiliki pertanyaan dan saran. Semoga bermanfaat!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Ternyata Inilah 7 Penyebab Ruam Popok Di Kulit Bayi Moms!"
related post
7 Baju Gamis Anak Perempuan Umur 7-12 Tahun Ide Untuk Lebaran Nih Moms

Bulan Ramadhan tinggal beberapa hari lagi berakhir. Namun euforia terus berlanjut hingga lebaran nanti. Bagi ... Lanjut Baca

7 Manfaat Puasa Ramadhan Bagi Kesehatan Tubuh Dalam Islam, Pahami Yuk!

Puasa di bulan Ramadhan merupakan salah satu ibadah wajib yang harus dilakukan oleh seluruh umat ... Lanjut Baca

Tips Aman Berpergian Jarak Jauh Saat Kondisi Pandemi Covid-19

Lebaran tinggal dalam hitungan hari, liburanpun sudah di depan mata. Walau tahun ini pemerintah masih ... Lanjut Baca