Ternyata Inilah 7 Manfaat Bermain Sepak Bola Bagi Si Kecil

Waktu Baca: 6 menitMinggu, 28 April 2019 10:10 WIB
Manfaat Main Sepak Bola Pada Anak
Sumber: Unsplash.com/Click-and-Boo

Setiap anak dianugerahkan talenta dan kecerdasan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, orangtua juga harus jeli dalam memilih hobi yang menunjang talenta si kecil. Bagi kalangan anak laki-laki, pilihan hobi olahraga yang paling populer adalah bermain sepak bola. Faktanya, ada banyak manfaat bermain sepak bola yang bisa didapatkan oleh si kecil yang masih dalam masa pertumbuhan lho, HappyFams!

Pahami juga apabila buah hati Moms dan Dads suka bermain sepak bola, artinya ia cenderung memiliki kecerdasan kinestetik. Kecerdasan ini merupakan salah satu kecerdasan yang ditandai dengan kemampuan mengolah gerak tubuh dan mengelola objek. Nah, untuk mengembangkan kecerdasan ini, tidak ada salahnya bila memasukkan si kecil ke sebuah klub atau les sepak bola.

Dengan memasukkan si kecil pada kegiatan les sepak bola anak, kecerdasan kinestetik anak pun akan bisa terolah dengan lebih baik dan tepat. Anak akan diajari bagaimana cara mengembangkan ketangkasan, kecepatan, mengelola stamina tubuh, dan kerjasama tim. Selain itu, energi anak juga bisa tersalurkan ke dalam sebuah bidang yang ia sukai, yaitu sepak bola. Banyak ya, manfaatnya? Nah, sebagai orang tua, tentu saja Moms dan Dads harus paham mengapa sepak bola baik untuk anak laki-laki. Maka dari itu, yuk cari tahu selengkapnya dalam 7 manfaat bermain sepak bola bagi si kecil berikut ini!

1. Membuat Tubuh Si Kecil Bugar

Manfaat bermain sepak bola akan dirasakan langsung oleh para pemainnya setelah mengikuti latihan beberapa kali. Merasa tubuh jauh lebih bugar, sehat, dan gesit adalah manfaat dari latihan bermain sepak bola secara rutin. Tubuh yang lebih tegap juga bukan perkara mustahil apabila buah hati Moms dan Dads menekuni olahraga ini. Tak heran kebugaran bisa diraih dengan mudah, karena di dalam sepak bola, anak akan diwajibkan berlari, menggiring bola, menendang bola, pemanasan, dan aktivitas fisik lainnya yang membuat seluruh anggota tubuh aktif bergerak.

2. Menumbuhkan Kepekaan Sosial Bagi Si Kecil

Permainan sepak bola adalah suatu permainan yang membutuhkan kerjasama tim. Oleh sebab itu, dibutuhkan pula kemampuan untuk saling bekerja sama, berkomunikasi, dan berinteraksi dengan orang lain. Tanpa memiliki kemampuan-kemampuan tersebut, tim sepak bola tidak akan menjadi solid. Pahamilah bahwa dengan memasukkan anak ke dalam klub sepak bola, secara otomatis akan menumbuhkan kepekaan sosialnya.

Ketika tim lawan menyerang kubu pertahanan timnya, anak akan membantu para pemain belakang untuk bertahan. Pun ketika diharuskan menyerang, anak akan berusaha menjebol gawang lawan supaya timnya bisa menang. Dinamika permainan sepak bola di lapangan inilah yang tanpa sadar akan menumbuhkan kepekaan sosial si anak. Jagoan kecil Moms dan Dads akan belajar untuk membaca situasi genting dan tidak melalui sepak bola. Ia juga akan belajar bagaimana cara bekerjasama dan saling membantu melalui olahraga ini.

3. Membentuk Kepribadian Anak yang Baik

Bermain sepak bola dapat membentuk kepribadian anak menjadi lebih baik. Seperti mengajarkan anak untuk tidak bersikap individualis karena permainan sepak bola merupakan permainan tim. Tanpa adanya kerjasama, sebuah tim tidak akan berhasil mencapai tujuannya untuk menang. Sikap dan sifat egois anak juga perlahan-lahan akan dikikis seiring dengan waktunya bertanding sepak bola. Mau tidak mau, anak akan diajarkan untuk saling melengkapi kelebihan dan kekurangan rekan satu timnya. Kemudian, ada juga beberapa karakter baik lainnya yang terbentuk melalui bermain sepak bola. Seperti menumbuhkan sikap disiplin dan kreatif pada buah hati Moms dan Dads. Kedisiplinan ini bisa diperoleh melalui jadwal latihan yang rutin ketika anak sedang berlatih bermain sepak bola.

4. Menyehatkan Jantung Anak

Seluruh permainan olahraga erat kaitannya dengan kesehatan jantung, salah satunya dengan sepak bola. Dengan berlatih atau bermain bola, seluruh bagian tubuh si kecil akan bergerak secara aktif. Gerakan aktif inilah yang akan mempengaruhi kerja pacu jantung. Aktivitas fisik dalam sepak bola juga bisa membuat darah mengalir secara lancar sehingga tak ada lagi aliran-aliran darah yang tersumbat, dan risiko terkena penyakit jantung pun akan terhindari.

5. Menjaga Mental Si Kecil Agar Tetap Sehat

Stres atau jenuh belajar terkadang sering dialami oleh si kecil yang sudah bersekolah. Stres juga menandakan bahwa mental si kecil sedang bermasalah. Untuk mengatasinya, Moms dan Dads bisa mengarahkan anak untuk bermain sejenak, seperti misalnya bermain sepak bola. Menurut sebuah penelitian, bermain sepak bola di luar ruangan dapat mengatasi stres yang sedang dialami lho, HappyFams! Dengan bermain, anak juga bisa terhibur dari rutinitas dan tekanan belajar yang sedang ditanggungnya. Selain itu, sepak bola juga bisa berfungsi sebagai olahraga yang bisa merilekskan otot-otot yang tegang.

6. Menambah Banyak Teman

Masa anak-anak adalah masa bermain. Untuk bisa bermain, tentunya anak harus memiliki teman sepermainan yang bisa diajak bermain. Seperti halnya sepak bola yang harus diisi oleh 11 orang agar bisa menjadi sebuah tim. Nah, dengan memasukkan si kecil ke dalam les sepak bola anak, ia akan mengenal berbagai macam latar belakang orang. Ia akan mengenal rekan-rekan satu timnya, lawan mainnya, dan juga pelatihnya. Bukan suatu hal yang mustahil bila anak Moms dan Dads bisa menjalin persahabatan di klub sepakbolanya.

7. Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Si Kecil

Kemampuan motorik kasar adalah kemampuan untuk menggerakkan tubuh dan otot-otot tubuh secara fisik. Kemampuan ini bisa didapatkan secara alami dalam tahap perkembangan si kecil. Atau bisa juga didapat dari latihan-latihan seperti bermain sepak bola. Melalui cara melatih anak bermain sepak bola, otot-otot inti buah hati Moms dan Dads akan dilatih menjadi lebih kuat. Seluruh latihan dalam sepak bola seperti berlari, melompat, menendang, menggiring, dan menangkap bola membutuhkan gerakan fisik. Oleh sebab itu, olahraga ini adalah pilihan yang tepat bagi para orangtua yang ingin meningkatkan kemampuan motorik kasar anaknya.

Itulah tadi 7 manfaat bermain sepak bola buat si kecil. Semoga melalui penjelasan singkat ini Moms dan Dads menjadi tahu tentang manfaat bermain sepak bola bagi buah hatinya. Apakah HappyFams punya anak laki-laki yang gemar bermain sepak bola? Yuk bagikan pengalamannya di kolom komentar!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Ternyata Inilah 7 Manfaat Bermain Sepak Bola Bagi Si Kecil"