Terapkan 7 Tips Emotional Healing Dalam Kehidupan Sehari Hari

Waktu Baca: 5 menitSelasa, 07 Mei 2019 08:15 WIB
Tips Praktis Hidup Bahagia
Sumber: Unsplash.com/William Farlow

Sebagai makhluk hidup dengan beragam jenis emosi di dalam diri, manusia tak hanya perlu makanan untuk jasmani saja, namun tentu juga membutuhkan makanan bagi jiwa. Kecewa, sedih, benci, marah, senang, semuanya adalah emosi yang bisa manusia rasakan setiap hari dalam dinamika kehidupan yang dilaluinya. Tekanan di dalam pekerjaan, tuntutan hidup di dalam rumah tangga, juga masyarakat secara tidak langsung membuat seseorang bisa tertekan. Nah, latihan emotional healing berikut ini bisa membantu Moms dan Dads agar kembali merasa damai dengan diri. Yuk mari praktekkan!

1. Belajar Untuk Memberi Jeda Dalam Kehidupan

Setiap manusia lahir dengan masalahnya masing-masing. Rutinitas harian dan berbagai kewajiban yang harus dipenuhi terkadang membuat diri merasa jenuh, capek, atau bosan. Bahkan, kesibukan yang tiada henti ini membuat Moms dan Dads merasa seperti “robot”. Tips emotional healing pertama yang bisa HappyFams lakukan adalah mengambil jeda dalam hidup. Langkah seperti ini memang sesekali diperlukan. Dengan begitu, Moms dan Dads tidak hanya asal menjalankan hidup saja. Namun, juga bisa membantu mengingat kembali tujuan hidup, bersyukur untuk hidup saat ini, juga menemukan gairah hidup yang sempat pudar. Yuk praktekkan bersama-sama mulai hari ini, HappyFams!

2. Melatih Mindfullness Terhadap Pikiran Agar Fokus Terhadap Waktu Saat Ini

Mindful merupakan suatu kondisi dimana pikiran menyadari penuh apa yang terjadi saat ini, masa kini, dan sekarang. Dengan berlatih mindfulness, maka pengendalian emosi akan jadi lebih baik. Moms dan Dads juga akan melatih diri untuk tak terlalu mengkhawatirkan soal masa depan sebagai salah satu tips emotional healing yang ampuh. Toh, masa depan masih merupakan suatu misteri. Mempraktekkan mindfullness ini juga akan membuat perencanaan masa depan lebih matang sehingga keputusan yang diambil bisa lebih tepat. Yoga adalah salah satu cara untuk melatih kemampuan mindfullness sekaligus relaksasi yang bisa Moms dan Dads lakukan.

3. Berusaha Untuk Mengurangi Kecemasan Terhadap Masa Depan

Terlalu cemas dan khawatir soal masa depan bukanlah hal yang baik bila terjadi dalam waktu terus menerus. Ini akan menggerus emosi positif Moms dan Dads sehingga menjadi paranoid. Padahal, masa depan adalah suatu misteri yang belum diketahui akhirnya. Tak ada gunanya mencemaskan masa depan. Yang bisa Moms dan Dads lakukan adalah berusaha semaksimal mungkin untuk saat ini, masa sekarang, dan kini. Visualisasikan masa depan sah-sah saja, namun bukan berarti membuat Dads dan Moms cemas berlebihan. Lepaskan dan ikhlaskan bila sudah memaksimalkan usaha. Dengan begitu, hidup akan lebih enteng dijalani.

4. Mengurangi Penghakiman Yang Membuat Batin Cepat Merasa Lelah

Dalam hidup, ada kalanya kita harus memilah mana yang prioritas untuk dipikirkan dan dicarikan solusinya sebagai salah satu tips emotional healing yang mudah namun terkadang mulai terlupakan. Mulailah belajar untuk menerima keadaan sebagaimana apa adanya. Energi dan waktu manusia memiliki keterbatasan. Untuk mendapatkan hidup yang berkualitas, mengurangi energi negatif penghakiman adalah salah satu cara untuk membuat batin Moms dan Dads tetap sehat. Perhatikanlah, judging atau penghakiman yang berlebihan akan mengkonsumsi energi kita. Bahkan, akan mempengaruhi kualitas hidup, serta menggerogoti pikiran Moms dan Dads bila tidak dilakukan dengan porsi yang tepat.

5. Belajar Ikhlas Menerima Dan Melepas

Faktanya, berbagai macam hal yang membuat emosi negatif muncul, terkadang datang dari diri sendiri. Saat melakukan tips emotional healing yang satu ini, ambillah nafas panjang dan berikan sugesti ke dalam diri sendiri bahwa Moms dan Dads menerima segala sesuatu yang diberikan kehidupan dengan lapang dada. Berikan sugesti pada alam bawah sadar pikiran Moms dan Dads bahwa pikiran yang diciptakan oleh diri sendiri bisa dikendalikan bila HappyFams mau. Maafkanlah diri sendiri agar bisa melepaskan emosi yang dipendam selama ini. Mengikhlaskan hal yang sudah berlalu akan membuat HappyFams bisa menjalani hidup lebih ikhlas. Katakan dalam diri, “Saya sudah memaafkan diri saya di masa lalu.” Kalimat sederhana ini pun akan bisa membuat Moms dan Dads merasa lebih lega.

6. Rajin Bersyukur Terhadap Kondisi Yang Sudah Ada

Bersyukurlah untuk semua yang sudah HappyFams miliki saat ini. Jangan lupa bahwa untuk sampai di posisi saat ini, Moms dan Dads butuh perjuangan yang tidaklah mudah. Ingatlah, ada banyak orang-orang diluar sana yang menginginkan posisi yang sudah Moms dan Dads raih tersebut. Bersyukur atas apa yang dimiliki saat ini bisa jadi salah satu bagian dari emotional healing. Bagian inilah yang sering dilupakan dan tidak disadari. Ya, memang yang namanya manusia, tidak pernah puas. Padahal, dengan cukup bersyukur saja, Moms dan Dads sudah bisa merasakan kebahagiaan lho! Yuk praktekkan dari sekarang.

7. Mulai Belajar Untuk Berdamai Dengan Diri Sendiri

Ada suatu masa dimana dada Moms dan Dads merasa sesak. Ingin rasanya melampiaskan emosi yang ada. Namun, faktanya dengan mencoba menenangkan diri, semua emosi negatif akan bisa perlahan pudar. Pergilah duduk, tenang, dan diamlah sebentar sambil menarik nafas panjang. Berlatihlah untuk konsisten mengatur nafas ketika Moms dan Dads merasa emosional. Ini adalah cara sederhana untuk berdamai dengan sendiri dan kembali merasa tenang. Ulangi cara mengatur nafas ini beberapa kali hingga dada tidak terasa sesak kembali. Dalam hening sebelum tidur, tutuplah mata agar Moms dan Dads merasa lebih rileks. Biasanya, proses menenangkan diri ini memakan waktu hingga 5 menit paling cepat. Semuanya tergantung dari tingkat emosi yang Moms dan Dads rasakan.

Itulah 7 tips emotional healing yang bisa Moms dan Dads praktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai tantangan dan dinamika kehidupan akan dilalui dengan ikhlas bila HappyFams menjalani tips-tips tersebut. Nah, apakah Moms dan Dads punya tips sendiri untuk melakukan emotional healing di dalam kehidupan sehari-hari? Share di komentar ya!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Terapkan 7 Tips Emotional Healing Dalam Kehidupan Sehari Hari"
related post
5 Cara Menghilangkan Bau Ketiak Pada Anak Dengan Permanen Secara Alami

Bau badan sangatlah mengganggu orang yang sekitar, namum kadang tidak disadari oleh diri sendiri, terlebih ... Lanjut Baca

Penyakit Serangan Jantung Ringan Dapat Terselamatkan Dengan Cara Ini

Serangan jantung menjadi salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Meskipun begitu banyak orang yang ... Lanjut Baca