Tanda-tanda Mau Haid Pada Wanita Di Kondisi Yang Berbeda-beda

Waktu Baca: 4 menitSelasa, 10 Agustus 2021 10:30 WIB
tanda tanda mau haid pada wanita
Sumber: pexels

Memahami tanda-tanda mau haid tapi belum haid itu sangat penting HappyFams. Baik itu untuk para Moms maupun HappyFams yang belum menikah perlu memahami hal ini. Apalagi jika memiliki buah hati perempuan.

Haid atau datang bulan adalah hal normal pada wanita. Namun bagi yang baru pertama kali merasakannya mungkin akan menjadi pengalaman menegangkan. Oleh karena itu HappyFams perlu memahami tanda-tandanya.

Selain sebagai pembelajaran kepada si buah hati, memahami gejala datang bulan juga sangat penting untuk kesehatan. Khususnya bagi para Moms yang kelak akan hamil dan melahirkan.

Sebab tanda datang bulan di kondisi yang berbeda-beda tidak sama lho ada siklus menstruasi pada peremapuan yang harus diperhatikan. Oleh karena itu pastikan Moms memahami tanda-tanda akan datang bulan agar bisa menyiapkan segala kebutuhannya ya.

Tanda-tanda Mau Haid Pada Wanita Di Kondisi Yang Berbeda-beda

BACA JUGA:

Tanda-tanda Mau Haid Pada Anak Perempuan

tanda mau haid pada anak perempuan
Sumber: freepik

Pertama, akan dijelaskan mengenai pertanda datang bulan pada si buah hati. Sebagai orang tua, para Moms dan juga Dads setidaknya memahaminya agar bisa memberikan pelajaran bagi si buah hati.

Dengan begitu buah hati tidak akan kaget dan shock ketika mengalami datang bulan pertama. Berikut ini adalah beberapa tanda hendak datang bulan yang biasanya terjadi untuk pertama kali.

1. Terjadi Perubahan Pada Putting / Payudara

Salah satu pertanda tumbuh kembang buah hati perempuan adalah payudara. Buah hati yang memasuki masa pubertas akan mulai menunjukkan tumbuhnya payudara. Hal ini juga sering disebut sebagai tunas payudara.

Haid atau datang bulan pertama pada buah hati biasanya terjadi setelah 2-3 tahun payudaranya tumbuh. Sehingga HappyFams sudah harus mulai mengajarkan buah hati mengenai haid ketika hal ini terjadi.

2. Tumbuhnya Rambut Kemaluan

Selain payudara, rambut kemaluan juga merupakan salah satu tanda pubertas pada si buah hati lho HappyFams. Untuk mengetahui hal ini HappyFams bisa menanyakan langsung kepada si buah hati ya.

HappyFams juga sudah bisa mengajarkan mengenai cara membersihkan organ kemaluan. Hal ini juga sangat penting untuk diajarkan agar si buah hati terhindar dari berbagai penyakit.

Tanda-tanda Mau Haid Setelah Melahirkan

HappyFams pasti sudah tahu dong jika selama masa kehamilan tidak akan mengalami datang bulan. Pertanyaan banyak orang adalah, bagaimana tanda-tanda datang bulan setelah proses melahirkan.

Setelah proses melahirkan, para Moms biasanya akan mengalami pendarahan dan keputihan. Pendarahan ini juga dikenal sebagai lokia. Masa pendarahan tersebut sering disebut sebagai masa nifas.

Masa nifas ini bisa berlangsung dalam waktu yang cukup lama. Jika Moms tidak menyusui ASI eksklusif, biasanya haid pertama setelah melahirkan terjadi setelah 5-12 minggu.

Namun jika Moms menyusui ASI eksklusif untuk si buah hati, haid bisa datang lebih lama. Sementara jika Moms melahirkan dengan cara caesar, biasanya haid akan terjadi setelah 45 hari.

Haid pertama setelah melahirkan sendiri memang akan berbeda dibandingkan dengan haid sebelum hamil. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Moms pahami mengenai haid setelah melahirkan.

  1. Siklus haid lebih tidak menentu
  2. Lebih nyeri jika dibandingkan haid sebelum hamil
  3. Darah yang keluar lebih deras daripada haid sebelumnya
  4. Kram yang dirasakan bisa lebih kuat

Tanda-tanda Mau Haid Setelah Keguguran

tanda mau haid setelah keguguran
Sumber: shutterstock

Mengalami keguguran pasti sangat menyedihkan bagi setiap Moms di manapun berada. Namun hal lain yang juga harus menjadi perhatian setelah terjadi keguguran adalah kondisi datang bulan sampai cara menghilangkan nyeri haid hari pertama.

Sebab banyak Moms yang bingung kapan datang bulan pertama setelah keguguran terjadi. Agar HappyFams tidak ikut kebingungan, berikut ini Happinest berikan penjelasan mengenai tanda datang bulan setelah keguguran.

  1. Haid pertama bisa terjadi kurang dari 1 bulan setelah keguguran
  2. Lama waktu haid biasanya akan lebih panjang dari biasanya
  3. Aroma darah haid akan lebih kuat
  4. Darah haid cenderung lebih banyak
  5. Nyeri atau kram saat haid akan lebih sakit

Jika Moms belum mengalami datang bulan setelah 1,5 bulan hingga 2 bulan dari keguguran, maka Moms bisa segera ke dokter. Sehingga bisa segera diketahui jika ada masalah lain.

Haid atau datang bulan adalah hal normal untuk setiap perempuan. Karena haid adalah tanda seorang perempuan sudah memasuki masa pubertas. Sehingga hal ini sangat penting untuk diperhatikan.

Selain sebagai pertanda pubertas, haid juga sangat penting untuk mengetahui kesehatan organ intim para Moms. Sekarang HappyFams telah mengetahui tanda-tanda mau haid dan hamil sehingga bisa mempersiapkannya dengan lebih baik.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Tanda-tanda Mau Haid Pada Wanita Di Kondisi Yang Berbeda-beda"
related post
Ini Dia Kegunaan Alat Menstruasi Cup Untuk Wanita Tanpa Pembalut Lagi

Saat ini sedang ramai diperbincangkan menggunakan alat menstrual atau menstruasi cup semakin populer. Menstruasi atau ... Lanjut Baca

Bagaimana Cara Balikan Sama Mantan Yang Sudah Lama Putus? Bisa, Tapi!

Bagi beberapa orang berpisah dengan seseorang yang pernah menjalin hubungan percintaan bukanlah hal yang ... Lanjut Baca

Penyebab Darah Haid Hitam Pekat Dan Bau Di Awal Menstruasi, Bahayakah?

Apakah Moms pernah mengalami ketika datang bulan dengan kondisi darah haid hitam dan bau? Hal ... Lanjut Baca