Tanda-Tanda Gejala Kehamilan Minggu Pertama Setelah Berhubungan Intim

Waktu Baca: 4 menitKamis, 23 Desember 2021 09:29 WIB
tanda tanda kehamilan
Sumber: mommysbliss

Menantikan kehadiran anak, Moms sebaiknya tahu apa saja gejala kehamilan di minggu pertama. Biasanya pasangan baru menikah ingin segera memiliki momongan. Baik melalui program hamil alami maupun atas pendampingan dokter.

Tanda paling umum adalah terlambat haid. Jika biasanya siklus haid rutin, sangat mudah mengenali apakah terjadi kehamilan atau tidak. Berbeda dengan wanita yang siklus haidnya tidak teratur. Karena masa subuh setelah haid bisa mempengaruhi kehamilan.

Bisa saja terlambat haid, namun ternyata test pack menunjukkan hasil negatif. Walau bisa saja dengan cara mengecek kehamilan tanpa alat test pack. Untuk itu Moms perlu mengenali apa saja tanda kehamilan selain dari siklus haid tersebut.

Tanda-Tanda Gejala Kehamilan Minggu Pertama Setelah Berhubungan Intim

BACA JUGA:

10 Gejala Kehamilan Minggu Pertama yang Umum Terjadi

Hamil muda pada sebagian orang adalah masa paling rentan. Dokter selalu menyarankan untuk memperhatikan kondisi kesehatan agar pertumbuhan janin optimal. Berikut 10 pertanda terjadi kehamilan yang perlu Moms tahu, yaitu:

1. Terlambat datang bulan

Gejala kehamilan minggu pertama paling umum sekaligus jadi patokan adalah datang bulan terlambat. Namun umumnya didukung pertanda lainnya. Sebab banyak faktor penyebab datang bulan terlambat seperti stress, kelelahan, perubahan hormon.

Datang bulan terlambat juga jarang terjadi di minggu pertama setelah berhubungan intim. Biasanya Moms tetap akan mendapatkan datang bulan selanjutnya meski sudah terjadi pembuahan dalam satu siklus sebelumnya.

2. Keputihan

Ada juga gejala kehamilan minggu pertama sebelum terlambat haid yaitu keputihan. Keputihan terjadi sebab vagina mengeluarkan lendir sebagai perlindungan terhadap bakteri dari luar. Fungsinya untuk melindungi pertumbuhan janin. Namun perlu juga perhatikan penyebab keputihan saat hamil, karena bisa berbahaya untuk janin.

Mekanisme ini juga bisa terjadi 2 atau 3 hari menjelang haid pada wanita normal. Maka jika hanya merasakan tanda keputihan saja, sebaiknya didukung dengan pengamatan kondisi lainnya.

3. Muncul flek

Flek sebagai tanda gejala kehamilan minggu pertama setelah berhubungan dengan pasangan. Terjadi ketika embrio mulai proses perlekatan pada dinding uterus, umumnya dalam rentang 8-10 hari setelah berhubungan.

4. Kram perut

gejala hamil
Sumber: freepik

Moms juga akan merasakan kram perut selama beberapa waktu sebagai pertanda telah terjadi kehamilan. Dikarenakan terjadinya penebalan dinding rahim menyusul perkembangan zigot yang merupakan hasil pembuahan.

5. Sensitif terhadap bau

Jangan heran jika gejala kehamilan minggu pertama membuat Moms lebih sensitif terhadap bau. Peningkatan hormon estrogen bisa memicu meningkatkan sensitivitas indera pembau. Kondisi ini bisa juga dialami wanita tidak hamil.

Wanita normal bisa juga mengalami peningkatan level estrogen. Sehingga penciuman lebih tajam dan sering berhubungan dengan rasa mual atau pusing. Seperti saat mencium bau parfum atau aroma masakan.

6. Mual dan muntah

Mual dan muntah bisa kapan saja pagi atau sore hari. Dikarenakan ukuran rahim mulai membesar sehingga menekan organ pencernaan. Umumnya menandai gejala kehamilan 2 minggu pertama dan bisa lebih lama.

7. Nafsu makan berubah

Peningkatan hormon hcG kerap kali menyebabkan perubahan nafsu makan baik menurun maupun meningkat. Cenderung pada rasa tertentu seperti asam atau manis yang sering dianggap sebagai ngidam.

Perubahan nafsu makan bisa sebagai pertanda terjadi kehamilan pada 14 hari pertama. Bahkan mitosnya jika hamil anak laki-laki, Moms cenderung banyak makan. Sebaliknya hamil anak perempuan Moms kurang nafsu makan.

8. Mudah lelah

Tanda gejala kehamilan minggu pertama setelah pembuahan adalah mudah lelah. Umumnya dikaitkan dengan posisi janin yang sedang berkembang. Selain itu juga dikarenakan trimester pertama adalah tahap adaptasi.

Berat badan meningkat dari biasanya, dengan aktifitas yang sama sehingga seolah beban tubuh bertambah. Sedikit saja melakukan aktifitas fisik seperti sudah lelah dan kehabisan tenaga.

9. Perubahan suasana hati

Dikenal dengan mood swing dimana Moms bisa jadi sangat happy sedetik kemudian berubah sangat cemas. Perasaan kadang positif lalu langsung berubah drastis. Selain karena hormon dipengaruhi juga oleh kondisi lingkungan.

Komentar orang lain mengenai perubahan bentuk tubuh, wajah yang jadi kusam dan sebagainya sering mengganggu perasaan. Belum lagi kekhawatiran berlebih mengenai pertumbuhan janin serta proses persalinan.

10. Perubahan pada payudara

Tanda gejala kehamilan minggu pertama pada payudara terasa lembut dan tampak bengkak. Payudara mulai membesar, ini dikarenakan kelenjar susu bekerja untuk mempersiapkan Moms memberikan ASI pada anak.

Pada wanita yang sedang tidak hamil namun menjelang masa menstruasi kondisi ini bisa juga terjadi. Selain perubahan tampilan luar, payudara terasa lebih kencang disertai nyeri ringan.

Guna memastikan kondisi sebenarnya sekaligus melakukan perawatan kondisi kesehatan lebih optimal apabila terbukti hamil, sebaiknya jika Moms merasakan gejala kehamilan minggu pertama ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter kandungan ya.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Tanda-Tanda Gejala Kehamilan Minggu Pertama Setelah Berhubungan Intim"