Tanda Pasangan LDR Setia Yang Pantas Diperjuangkan

Waktu Baca: 6 menitSabtu, 21 Maret 2020 10:00 WIB
Pasangan Ldr Yang Sampai Menikah
Sumber: Yandex.com

Happinest.id - Ada banyak cara merayakan, mengungkapkan, dan menjalani hubungan yang didasari rasa cinta. Namun, ada kalanya juga karena berbagai tanggung jawab pekerjaan, sepasang suami istri tidak bisa hidup bersama di satu tempat. Jadilah Long Distance Relationship (LDR) harus dijalani.

Mereka yang mengalami LDR biasanya memang tidak bisa bersama dalam waktu yang lama. Ada yang bertemu hanya beberapa kali dalam sebulan atau malah dalam beberapa bulan sekali baru bisa ketemu. Sementara, bagi yang dalam tahap pacaran, atau serius menapaki rencana jenjang pernikahan, LDR menjadi hal yang umum terjadi.

Di masa dimana kompetisi kerja sangat tinggi, serta akses pendidikan yang lebih baik kian meningkat, tak jarang beberapa orang memilih untuk tidak melewatkan kesempatan baik ini walaupun harus pergi ke luar daerah atau luar negeri. Walaupun LDR kesannya sulit, tapi ada juga lho pasangan ldr yang menikah.

Kesetiaan adalah kunci dari hubungan LDR yang sukses. Memang, bahasan LDR ini merupakan topik pembahasan yang cukup seru. Lantas, apa saja tanda pasangan LDR setia? Bagaimana cara menjaga kesetiaan bagi pasangan LDR yang sampai menikah? Simak pembahasannya berikut!

Tanda Pasangan LDR Setia, Apa Saja?

ldr menikah
Sumber: Yandex.com

Bagi Moms yang akan menghadapi LDR, jangan takut. Banyak juga kok pasangan ldr yang sampai menikah, asalkan Moms mengenal dengan baik berbagai tanda pasangan ldr setia yang akan Happinest bagikan di artikel ini. Tak hanya sebagai bahan evaluasi bersama pasangan, Moms akan mengetahui sejauh mana komitmen berdua dalam menjaga kesetiaan saat menjalani Long Distance Relationship nanti.

1. Usahakan Agar Komunikasi Selalu Lancar

Di zaman serba digital seperti sekarang ini, komunikasi yang lancar bukanlah hambatan lagi. Ada berbagai platform yang bisa dimanfaatkan untuk berkomunikasi jarak jauh. Selain mudah, murah, fitur video call juga bisa memaksimalkan komunikasi pasangan ldr.

Bayangkan di zaman saat orangtua HappyFams dulu pacaran. Bila harus LDR, satu-satunya cara berkomunikasi adalah melalui surat. Biaya telepon interlokal atau internasional jelas mahal, yang terkadang tidak dapat diakomodir oleh orang Indonesia. Ada kalanya juga mereka tak berkomunikasi sekian lama karena kesulitan komunikasi.

Bila dari sisi teknologi komunikasi sudah aman, maka hal lain yang harus diperhatikan adalah mengenai usaha pasangan untuk tetap berkomunikasi saat kegiatan harian sangat sibuk. Tanda pasangan LDR setia adalah mereka tetap mengusahakan supaya komunikasi tetap lancar. Walaupun sibuk, ia akan mengupayakan mengontak pasangannya di saat waktu senggang.

2. Jujur Walau Jauh

Salah satu kunci langgengnya hubungan adalah kejujuran. Tidak melulu masalah perselingkuhan, kejujuran juga berlaku tentang bagaimana perasaan satu sama lain. Misalkan jika ada yang tidak enak, Moms biasa jujur mengungkapkan rasa tidak enak itu. Walau pahit, tapi kalian harus kuat menghadapinya bersama.

Apakah Moms merasa dapat menjadi diri sendiri saat bersamanya? Tidak memakai topeng 'manusia sempurna', 'gadis yang baik', atau dari sisi Dads tidak harus memakai topeng 'lelaki hebat' selama berkomunikasi? Itu adalah tanda hubungan sehat, karena satu sama lain dapat jujur mengungkap 'borok' yang ada di dalam diri.

3. Saling Menerima Apa Adanya

pasangan ldr yang menikah
Sumber: Pexels.com

Kenapa seseorang dapat menjadi dirinya sendiri saat bersama orang lain? Karena orang lain itu menerima dirinya apa adanya. Segila-gilanya dia, seaneh-anehnya dia, semenyebalkan apapun dia, ada jiwa besar yang memaklumi dirinya apa adanya. Walau mungkin orang tersebut sudah kesal menghadapi keanehan tersebut, ia tetap memaklumi dan berusaha mengoreksi. Bila pasangan Moms seperti ini, tentu saja dia patut dipertimbangkan.

4. Selalu Memberikan Dukungan Terbaik Untukmu

Apakah pasangan selalu berusaha untuk selalu ada, serta mendengarkan dengan sabar setiap curhatan yang diutarakan Moms? Juga selalu memberikan dukungan dan saran? Bila jawabannya adalah iya, jagalah ia baik-baik! Dukungan tidak hanya selalu berbentuk kata 'iya', 'hayuk', atau 'silakan', namun juga bisa dalam bentuk 'jangan', 'tidak boleh', atau 'nanti dulu'. Rasa sayang tidak melulu diekspresikan melalu sikap permisif di dalam hubungan yang sehat. Ada kalanya dukungan itu hadir dalam bentuk pencegahan terhadap hal-hal buruk di depan.

Cara Menjaga Kesetiaan Pada Pasangan LDR

pasangan ldr menikah
Sumber: Oprahmag.com

Untuk mencapai kriteria setia sesuai penjabaran karakter pasangan LDR setia sebelumnya, ada baiknya Moms berlatih menjaga kesetiaan terlebih dahulu. Tindakan berikut akan membantu Moms dalam melanggengkan hubungan saat LDR. Yuk simak bagaimana caranya berikut ini.

1. Membuat Jadwal Khusus Berkomunikasi

Agar komunikasi dapat diusahakan rutin, buat jadwal khusus komunikasi dengan pasangan. Jam yang senggang biasanya saat sore jelang larut malam. Di waktu tersebut mungkin juga pasnagan sedang mengerjakan tugas atau refreshing. Komunikasikan supaya menemukan titik temu jadwal yang cocok.

Atau bisa juga membuat jadwal komunikasi saat bangun tidur atau menjelang tidur. Ketika bangun tidur, mendengar suara pasangan adalah hal yang sangat menyenangkan. Penambahan hormon kebahagiaan di pagi hari ini dapat menambah semangat kerja. Selain itu, saat akan tidur, HappyFams dapat menceritakan keseluruhan kisah hari itu. Saat akan tidur tubuh sebaiknya rileks, dan salah satu bentuk relaksasi adalah mendengar suara pasangan.

2. Mengingat Hari Pentingnya

Terpikir memberikan suprise ulang tahun untuk pasangan ldr? Ini merupakan langkah yang sangat tepat lho, Moms. Pasangan akan merasa lebih dihargai ketika ulang tahunnya diingat dan diberikan kejutan. Jika mungkin, berkunjunglah ke tempatnya sehingga hari penting ini bisa dilewatkan dengan kebersamaan.

3. Memberikan 'Pengganti' Saat Jauh

ulang tahun ldr
Sumber: Yandex.com

'Pengganti' yang dimaksud bukanlah orang lain sebagai pasangan, namun hadiah yang dapat dipakai untuk mengenang. Misalnya, sejenis perhiasan, alat tulis, gantungan kunci, atau benda lainnya yang dapat dikenang. Memandangi benda pemberian pasangan saat rindu melanda adalah obat yang cukup manjur lho, Moms.

Seringkali semangat bisa bangkit kembali saat mengingat pasangan yang jauh dan tetap menanti. Jika bukan benda, Moms juga dapat mengirimkan puisi atau kata-kata khas Moms untuk pasangan tercinta. Dapat dipastikan bahwa pasangan akan melihat-lihat kembali history percakapan sehingga merindukan Moms.

4. Menjadwalkan Pertemuan

Hubungan memang terasa kurang sreg tanpa adanya pertemuan, maka jadwalkan pertemuan sesekali agar komunikasi fisik tetap lancar. Jika masih berada di daratan yang sama dan mudah digapai, jadwalkan pertemuan setidaknya sekali sebulan. Jika tidak bisa, usahakan sekali enam bulan. Jika tidak bisa juga, di saat ia kapan bisa pulang, maka kunjungilah. Sempatkan walau beberapa jam. Ukir memori seindah mungkin saat bertemu. Buat rencana yang menyenangkan karena Moms dan Dads dibatasi waktu.

5. Mengusahakan Komunikasi Terbaik Walau Sedang Bertengkar

Dalam hubungan, pertengkaran adalah hal biasa. Usahakan tetap sabar dan menjalin komunikasi walau sedang bertengkar. Pada waktu yang lowong atau dilowongkan, selesaikan masalah secepatnya. Jangan berlarut-larut. Jujurlah tentang perasaan masing-masing. Jangan ditutup-tutupi. Berjuanglah untuk menjaga kerekatan hubungan dengan pasangan. Yang paling penting, belajar untuk memaafkan, dan memahami pasangan.

6. Jalin Komunikasi Dengan Orang Tua Pasangan Juga

Tidak hanya dengan dia, jalin hubungan dengan orang tuanya. Apalagi jika sudah menikah, maka hubungan dengan mertua adalah hal yang harus dijaga. Beliau berdua sudah membesarkan pasangan dengan baik. Sebagai pasangan, tentu saja tanggung jawab menjaga perasaan inilah yang harus kalian berdua bangun bersama.

Pahamilah, bila secara fisik tidak bisa menemani pasangan, ada kemungkinan ia merasa tersakiti karena ada rasa rindu diantara kalian berdua. Untuk mempertegas bahwa Moms masih mencintai, menjaga, dan berkomitmen kepadanya, tentu menjaga hubungan baik dengan orangtuanya juga wajib dilakukan. Tentu saja bagaimanapun juga, orangtua tidak ingin anaknya jatuh ke tangan yang salah.

Menghadapi Pasangan LDR Cuek

pasangan ldr cuekk
Sumber: Yandex.com

Tidak semua pasangan LDR baik-baik saja. Ada juga pasangan LDR cuek. Mereka memegang status, namun cuek terhadap pasangan satu sama lain. Jika pasangan LDR cuek kepada Moms, kenali apakah memang itu sifat alamiahnya? Jika iya, maka dapat dimaklumi, namun tetaplah jalin komunikasi dengan baik. Tidak harus tunggu dihubungi, hubungi saja di waktu yang tepat.

Namun, bagaimana kondisinya bila ia tiba-tiba cuek tanpa sebab? Pertama, tetap jalin komunikasi. Pastikan jika pasangan sudah lowong, lalu tanyakan baik-baik. Apakah beban kuliah atau kerjanya sedang padat? Apakah ada masalah di tempatnya beraktivitas? Ada masalah dengan orang tua? Atau ada masalah dengan diri Moms?

Jika memang ada, bicarakan baik-baik. Ajak ia mengungkapkan isi hatinya tanpa harus merasa risih atau takut. Terima saja hujatan atau celaan yang mungkin keluar. Disarankan untuk melakukan hal ini via telepon untuk mengurangi salah paham. Bahasa tulisan tidak mengandung intonasi sehingga bisa membuat salah persepsi.

Kedua, jika memungkinkan, ajak bertemu. Atur pertemuan di suatu titik yang tidak memberatkan kalian berdua, atau kunjungi pasangan ke tempatnya. Berikan ia sesuatu yang menyenangkan. Mengajak makan atau memasak biasanya adalah kunci yang ampuh. Sembari menyantap makanan, obrolan akan mengalir lebih baik.

Ketiga, cek kebutuhan pasangan. Sudahkah tercukupi? Mungkin ada bahasa cinta yang kurang diungkapkan sehingga pasangan tak lagi merasa dihargai? Atau bagi yang menikah, apakah duit bulanan kurang? Bicarakan semuanya dengan tenang kepada pasangan. Atau kirimkan hadiah beberapa waktu sekali supaya ia luluh.

Serba-serbi LDR memang sangat menarik. Sederhananya, LDR adalah seni mempertahankan hubungan jarak jauh. Apakah Moms memiliki pengalaman unik terkait LDR? Bagikan di kolom komentar, ya! Siapa tahu dapat menginspirasi pasangan ldr lainnya!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Tanda Pasangan LDR Setia Yang Pantas Diperjuangkan"