Tak Usah Khawatir Moms, Ini 5 Cara Perawatan Berat Badan Lahir Rendah

Waktu Baca: 5 menitSelasa, 30 Juli 2019 11:00 WIB
Yuk Berikan Si Bayi Asi Eksklusif, Moms
Sumber: pixabay

Happinest - Saat dilahirkan tidak semua bayi lahir dengan keadaan sehat, normal, dan dengan berat badan yang ideal. Salah satu kondisi bayi baru lahir yang seringkali dikhawatirkan adalah bayi dengan berat badan lahir rendah. Tak hanya bayi dengan berat lahir rendah, bayi dengan berat lahir normal pun masih memiliki daya tahan tubuh yang lemah. Inilah yang umumnya menyebabkan bayi lebih mudah terkena penyakit.

Moms tentu tidak ingin bila bayi dengan berat badan lahir rendah ini terserang penyakit, bukan? Maka, sebaiknya Moms pelajari berbagai perawatan bayi berat badan lahir rendah agar kelak si kecil bisa tumbuh dengan sehat dan mencapai berat badan idealnya. Perawatan bayi dengan berat badan rendah ini faktanya perlu perhatian ekstra dan khusus. Yuk simak cara perawatan bayi dengan berat badan lahir rendah berikut ini bersama Dads!

1. Yuk Berikan Si Bayi ASI Eksklusif, Moms!

Yuk Berikan Si Bayi ASI Ekslusif
Sumber: Pixabay.com/Riala

ASI atau Air Susu Ibu adalah penunjang nutrisi utama untuk bayi baru lahir. Sehingga pemberiannya secara eksklusif menjadi salah satu bentuk perawatan bayi berat badan rendah yang paling ampuh. Moms bisa memberikan ASI eksklusif setiap empat sampai lima jam setiap harinya. Kandungan dalam ASI ini sangat tinggi mineral dan vitamin D.

Jadi dengan pemberian yang eksklusif, berat badan si bayi pun akan lebih cepat meningkat dan daya tahan tubuhnya tidak melemah. Sebagai ibu yang menyusui, agar kualitas ASI Moms baik, pastikan untuk selalu mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi. Jangan makan makanan sembarangan yang bisa membahayakan kondisi pencernaan si kecil ya Moms.

2. Perhatikan Suhu Tubuh Bayi Dan Cek Secara Berkala Ya

Perhatikan Suhu Tubuh Bayi Dan Cek Secara Berkala Ya
Sumber: Pixabay.com/Public Domain Pictures

Perawatan bayi lahir kurang berat badan selanjutnya berkaitan dengan suhu tubuh si kecil. Suhu tubuh si kecil, karena berat badannya kurang, biasanya akan sangat tidak stabil. Bisa mendadak bayi akan mengalami penurunan suhu tubuh. Jadi suhu tubuhnya di bawah normal atau tidak cukup hangat untuk kehidupan.

Itulah mengapa jika menerima perawatan bayi dengan berat badan kurang di rumah sakit adalah dengan dimasukan ke inkubator. Tujuannya adalah agar suhu tubuh bayi tetap terjaga. Untuk perawatan di rumah, pastikan untuk melakukan pengecekan suhu secara berkala dan atur suhu ruangan sebaik mungkin untuk membantu si bayi. Jika diperlukan pegang tangan si bayi sesekali untuk menyalurkan kehangatan tubuh dari Moms.

3. Moms Harus Selalu Hindarkan Bayi Dari Kotoran Dan Jaga Kebersihannya

Moms Harus Selalu Hindarkan Bayi Dari Kotoran Dan Jaga Kebersihannya
Sumber: Pixabay.com/Nguyen Huyen Trang

Perawatan bayi dengan berat badan lahir rendah yang harus juga diperhatikan adalah perihal kebersihan. Bayi berat badan lahir rendah memiliki daya tahan tubuh yang sangat rentan. Sebaiknya, Moms tidak membiarkan bayi terkena kotoran, berada di lingkungan yang kotor, atau bersentuhan dengan hal-hal yang kotor. Kotoran sangat banyak bakteri dan virus yang bisa menginfeksi si bayi. Jadi, selalu pastikan wilayah sekitar si bayi berada steril dan bersih ya Moms. Dengan begitu proses pemulihan si bayi dan perawatan bayi dengan berat badan rendah yang Moms lakukan bisa menunjukkan hasil.

4. Lakukan Kontak Kulit Langsung Dengan Bayi, Moms!

Lakukan Kontak Kulit Langsung Dengan Bayi, Moms
Sumber: Pixabay.com/Jarmoluk

Salah satu kelemahan dari bayi berat badan lahir rendah adalah kesulitan untuk mempertahankan suhu tubuh normal sehingga membuatnya mudah mengalami penurunan suhu. Itulah alasan mengapa salah satu bentuk perawatan bayi berat badan lahir rendah adalah dengan memperhatikan suhunya. Namun, ternyata ada lho cara terbaik atau bentuk perawatan bayi dengan berat badan kurang.

Yakni, dengan melakukan kontak kulit langsung dengan bayi. Moms bisa secara rutin berinteraksi langsung dengan si bayi, dan melakukan kontak kulit ini secara berkala. Seperti saat menyusui, pastikan kulit tangan bayi menyentuh bagian tubuh Moms. Atau bisa juga saat memeluknya biarkan ada bagian kulit yang kontak langsung untuk mentransfer suhu normal.

5. Perhatikan Waktu Gumoh Bayi Dan Pakaian Yang Dikenakannya

Perhatikan Waktu Gumoh Bayi Dan Pakaian Yang Dikenakannya
Sumber: Pixabay.com/Free-Photos

Moms harus tahu bahwa bayi berat badan lahir rendah biasanya lebih mudah gumoh. Moms harus bisa mengantisipasi si kecil gumoh. Jika gumoh terjadi sangat disayangkan karena nutrisi yang dikonsumi melalui ASI bisa terbuang. Moms bisa menyenderkan bayi pada tubuh dan menepuk punggungnya perlahan setelah menyusui agar si kecil nyaman dan tak gumoh. Jangan lupa kenakan pakaian yang nyaman dan tertutup pada bayi lahir kurang berat badan sebagai bagian dari perawatannya.

Bagaimana Moms, sudah bisa memahami apa saja perawatan berat badan lahir rendah untuk si kecil? Nah, sekarang waktunya Moms mempraktikan perawatan bayi berat badan rendah. Timbang kembali berat si bayi dan ketahui apakah perawatan bayi dengan berat badan kurang yang dilakukan berhasil. Jika belum ada kemajuan, segera konsultasikan dengan dokter terkait perawatan bayi dengan berat badan rendah yang cocok untuk bayi Moms.

Semoga si kecil bisa tumbuh lebih sehat dan Moms juga lebih tenang. Jika para Moms di sini ada yang punya pengalaman terkait perawatan ini, yuk saling share di kolom komentar!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Tak Usah Khawatir Moms, Ini 5 Cara Perawatan Berat Badan Lahir Rendah"
related post
Mengungkap Rahasia Bayi Tabung Untuk Pasangan Tidak Bisa Memiliki Anak

Program bayi tabung menjadi solusi alternatif bagi Moms and Dads yang ingin mempunyai keturunan. Ketika, ... Lanjut Baca