Super Mom, Kehebatan Ibu Rumah Tangga Yang Tanpa Disadari Kekuatannya

Waktu Baca: 5 menitSabtu, 19 September 2020 11:45 WIB
Kehebatan Ibu
Sumber: freepik

Siapa bilang menjadi seorang ibu rumah tangga itu adalah pekerjaan yang mudah dan dapat dilakukan oleh siapapun. Pada kenyataannya mereka harus bekerja selama 24 jam setiap hari dengan waktu istirahat yang terbilang sedikit. Jika dalam sebuah pekerjaan seperti di kantor misalnya, mereka hanya membutuhkan satu atau dua keahlian saja, berbeda dengan ibu rumah tangga yang harus memiliki beragam keahlian serta keterampilan lainnya.

Mulai dari mengurus kebutuhan rumah, selalu memastikan bahwa rumah dalam keadaan bersih dan nyaman untuk ditinggali oleh keluarga, mengolah bahan masakan, tak lupa untuk selalu mengurus kebutuhan suami dan anak-anak. Semua pekerjaan tersebut harus dilakukan setiap hari, bahkan mereka melakukannya dengan penuh kesabaran tanpa pamrih, itulah yang menjadi kehebatan dari seorang ibu. Masih banyak kehebatan-kehebatan lain yang dimiliki oleh seorang ibu rumah tangga, apa sajakah itu?

1. Mampu Menjalankan Banyak Pekerjaan Dalam Satu Waktu

Rata-rata pekerjaan ibu rumah tangga dimulai dari pagi hari tepatnya ketika matahari belum terbit. Ibu harus mempersiapkan sarapan bagi keluarga yang tentunya harus bergizi dan sehat. Bahkan disela-sela mempersiapkan sarapan ibu juga harus mengurus segala persiapan anak-anak dan suami sebelum mereka pergi ke sekolah dan kantor misal menyiapkan bekal makan siang, pakaian anak dan suami, atau menguncir rambut bagi ibu yang memiliki anak perempuan. Belum lagi jika terjadi masalah lain seperti anak yang menangis dan rewel ketika bangun tidur. Pekerjaan belum selesai, setelah anak dan suami pergi, ibu masih harus membersihkan rumah dan menyelesaikan pekerjaan lain yang masih menunggu. Itu mengapa seorang wanita dapat menjadi ibu multitasking yang dapat menyelesaikan pekerjaan dalam satu waktu dan tentunya tidak dapat dianggap remeh.

2. Dapat Membagi Waktu Dengan Baik

kehebatan ibu rumah tangga
Sumber: Freepik.com

Pekerjaan ibu rumah tangga tidak hanya mengurus anak dan suami saja. Bahkan dalam sebuah penelitian menyatakan setidaknya rata-rata ada sekitar 26 daftar pekerjaan yang harus diselesaikan oleh seorang ibu rumah tangga dalam satu hari. Pekerjaan rumah tangga tersebut dimulai dari 06.23 pagi sampai dengan 20.31 malam dan ini dilakukan setiap hari. Pekerjaan tersebut termasuk berbelanja kebutuhan rumah tangga, membimbing anak belajar atau membantu mengerjakan pekerjaan rumah, hingga memikirkan hal-hal rumah tangga lainnya seperti menu makanan yang akan dimasak nantinya. Banyaknya pekerjaan rumah tangga yang harus dikerjakan membuat seorang ibu rumah tangga harus pintar dalam membagi waktu agar semua pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik. Inilah kehebatan ibu rumah tangga lainnya yang dimiliki oleh seorang wanita.

3. Tetap Mengurus Rumah Tangga Meskipun Sedang Berbadan Dua

Hamil merupakan sebuah momen paling penting untuk setiap wanita. Bahkan sejak awal kehamilan tubuh wanita akan mengalami banyak perubahan mulai dari mual dan muntah di trimester awal, terjadi perubahan bentuk tubuh terutama di bagian perut, hingga masalah lain seperti kesulitan untuk tidur. Seorang wanita harus merasakan banyak perubahan tubuh tersebut selama kurang lebih 9 bulan lamanya.

Perlu diketahui jika tubuh wanita hamil akan semakin mudah mengalami kelelahan seiring bertambahnya usia kehamilan. Meskipun begitu, kehebatan ibu hamil tetap melakukan beragam pekerjaan rumah tangga walaupun akan terasa lebih sulit untuk dilakukan. Misalnya mengangkat atau memindahkan barang mungkin pekerjaan sepele, namun bagi wanita hamil kegiatan ini justru dapat beresiko karena dapat mengakibatkan cedera atau nyeri otot pada punggung dan lutut.

4. Dapat Beralih Profesi Menjadi Apapun

kehebatan seorang ibu
Sumber: Freepik.com

Menjadi seorang ibu rumah tangga terkadang membuat seorang wanita harus bisa melakukan berbagai macam pekerjaan. Semisal ketika anak atau suami sakit, seorang ibu secara otomatis akan berubah menjadi seorang dokter yang akan merawat orang tercintanya dengan penuh kasih sayang, bahkan mereka rela menjadi dokter selama 24 jam.

Selain dokter, ibu rumah tangga juga dapat beralih profesi sebagai juru masak dalam mempersiapkan masakan terlezat dan bergizi bagi keluarga. Dan juga harus dapat menjadi seorang guru yang siap membimbing buah hati sejak dilahirkan, membantu mengerjakan pekerjaan rumah anak bahkan hingga anak-anak telah menjadi dewasa sekalipun. Kehebatan seorang ibu rumah tangga ini memang tidak dapat digantikan dengan profesi apapun.

5. Menjadi Seorang Ibu Tunggal Tidaklah Mudah

Menjadi orang tua tunggal atau single parent tidaklah mudah, secara bersamaan harus berperan tidak hanya sebagai seorang ibu namun juga menjadi seorang ayah untuk anak-anak. Pekerjaan rumah tangga yang dapat dilakukan oleh dua orang bahkan dalam urusan mencari nafkah, harus dikerjakan seorang diri. Meskipun terasa berat karena harus melakukan semua pekerjaan, namun dengan adanya pengalaman tersebut menjadi sebuah kekuatan ibu tunggal untuk dapat menghadapi semua ketakutan dalam hidup. Jangan pernah berkecil hati bagi yang saat ini menyandang status sebagai orang tua tunggal, sebab pada dasarnya tidak ada hambatan apapun yang menghalangi seseorang untuk menjadi orang tua luar biasa bagi anak-anaknya.

Pekerjaan sebagai ibu rumah tangga memang tidak dapat dipandang sebelah mata bahkan dianggap sebagai profesi yang berat. Akan tetapi sebagai seorang ibu rumah tangga, banyak wanita tetap mengerjakannya dengan sabar dan penuh cinta sebab baginya kebahagiaan keluarga adalah nomor satu dan tidak ternilai dengan apapun di dunia.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Super Mom, Kehebatan Ibu Rumah Tangga Yang Tanpa Disadari Kekuatannya"
related post
Pemeriksaan Pap Smear Test Untuk Wanita, Apa Itu? & Berapa Biayanya?

Pasti sebagian besar dari Moms tentu sudah tidak asing dengan istilah pap smear yang marak ... Lanjut Baca

Cara Agar Cepat Hamil Yang Efektf Untuk Pasutri Cepat Punya Anak

Apakah Moms saat ini sedang mencari tahu bagaimana cara agar cepat hamil? Tenang, tidak perlu ... Lanjut Baca

Ini Penyebab Keputihan Saat Hamil Tua, Bisa Berbahaya Untuk Janin Lho!

Tidak hanya dialami oleh wanita biasa saja, namun keputihan juga bisa dialami oleh wanita yang ... Lanjut Baca