Supaya Tumbuh Sehat, 7 Tips Agar Balita Mau Makan Sayuran

Waktu Baca: 4 menitSelasa, 28 Mei 2019 07:00 WIB
mengajak-anak-suka-makan-sayur-1431
Sumber: Unsplash.com/Brooke Lark

Seringkali para Moms menemukan kesulitan ketika mengajak sang buah hati makan sayur dan buah. Tak jarang juga bayi, serta balita yang menganggap bahwa sayuran dan buah adalah makanan yang kurang enak, bahkan terasa menjijikan bagi mereka. Hal ini memang wajar karena rasa dihasilkan dari sayuran cenderung hambar akibat terdapat senyawa kalsium yang menyebabkan cita rasa tersebut. Tentunya hal ini sangat berbeda dengan rasa ASI sebagai makanan pertama mereka atau beberapa makanan pendukung yang cenderung manis dan asin.

Penolakan anak terhadap sayuran dan buah tersebut bisa disebabkan karena memang adanya phobia untuk makan suatu jenis makanan atau anak tersebut cenderung menghindari rasa baru pada suatu makanan. Kedua penyebab tersebut bisa terjadi karena kurang adanya pengenalan ataupun kebiasaan dari orangtua kepada anaknya mengenai makan sayur dan buah-buahan. Hal tersebut apabila terjadi berkepanjangan, maka akan terus terjadi penolakan hingga dewasa.

Jadi, perlu diingat sejak awal penolakan pada sayuran ini sebagai pola yang wajar dialami oleh pada fase pertumbuhan setiap anak Moms. Oleh karena itu, perlu adanya trik dan tips orangtua untuk mampu menarik perhatian anak untuk mau mengkonsumsi sayuran dan buah. Ini penting supaya asupan gizi pada perkembangan dan pertumbuhan anak dapat terpenuhi dengan seimbang. Jadi, jangan khawatir Moms dan Dads, beberapa tips agar balita mau makan sayur di bawah ini bisa dicoba di rumah. Moms bisa disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan anak.

1. Sediakan Buah Dan Sayur Yang Cukup Di Rumah, Moms

Sediakan Buah Dan Sayur Yang Cukup Di Rumah, Moms
Sumber: Unsplash.com/Alexandr-Podvalny

Ingat ya Moms! Selalu sediakan sayur ataupun buah di meja makan dan kulkas. Ini wajib dilakukan supaya menjadi sumber pengetahuan bagi anak-anak mengenai bagaimana bentuk sayuran dan buah, serta menjadi langkah awal agar balita mau makan sayuran.

Sayuran dan buah yang terdapat di rumah dapat menumbuhkan rasa ingin tau yang tinggi pada anak, baik mengenai bentuknya maupun rasa dari berbagai bahan tersebut. Hal ini bisa dikarenakan sayuran dan buah menjadi suatu hal yang baru bagi buah hati HappyFams.

Jadi, secara singkat bisa dibilang dengan cara ini Moms dan Dads sebagai orangtua tidak hanya mendorong anak makan buah bermodalkan perintah atau ajakan berupa ucapan saja, namun juga memberikan pengetahuan yang nyata mengenai sayuran dan buah tersebut.

2. Moms Dan Dads Perlu Memberi Contoh Kepada Anak Untuk Makan Sayur

Moms Dan Dads Perlu Memberi Contoh Kepada Anak Untuk Makan Sayur
Sumber: Unsplash.com/Silviarita

Fase balita memang menjadi fase game play Moms. Pada fase ini anak-anak cenderung meniru segala perilaku orang terdekatnya, salah satunya adalah orangtua. Sebagai orangtua, Moms dan Dads sebaiknya memberikan contoh bahwa mereka juga senang untuk makan buah dan sayur. Kalau Moms dan Dads menunjukan suka makan sayur, anak pun akan ikutan makan sayur. Walaupun pertama kali coba mungkin tak akan langsung dihabiskan.

3. Moms Bisa Buat Inovasi Makanan Dari Sayuran Dan Buah

Moms Bisa Buat Inoveasi Makanan Dari Sayuran Dan Buah
Sumber: Unsplash.com/The-Creative-Exchange

Biasanya anak-anak makan sesuatu tidak hanya dari rasanya, namun juga karena penampilannya. Moms bisa mencoba nih tips yang satu ini dengan melakukan inovasi bentuk makanan yang diolah dari sayur atau buah. Tips ini bisa dilakukan dengan membentuk olahan makanan berbahan sayur atau buah berkarakter kartun yang menjadi kesukaan si buah hati.

Hal ini tentunya bisa menjadi langkah awal untuk mengenalkan makanan dengan bahan sayur dan buah. Selain itu, untuk tahap selanjutnya, juga bisa mencampurkan sayuran atau buah dengan beberapa makanan favorit mereka. Tentunya cara ini perlu untuk mengeksplor beberapa inovasi resep makanan yang cocok dengan kesukaan buah hati Moms.

4. Berikan Sayur Pada Waktu Yang Tepat Ya Moms

Berikan Sayur Pada Waktu Yang Tepat Ya Moms
Sumber: Unsplash.com/Kazuend

Mengajak buah hati HappyFams untuk mau makan sayuran memang penuh tantangan. Cara yang tepat akan sangat manjur apabila dilakukan di waktu yang tepat juga. Pemberian olahan sayur tersebut bisa dilakukan secara bertahap dan diberikan ketika buah hati HappyFams dalam keadaan lapar. Hal tersebut akan mendukung sang anak akan mencoba rasa makanan tersebut. Pada dasarnya keadaan lapar akan membuat semua makanan terlihat enak untuk dimakan.

5. Jangan Lupa Untuk Apresiasi Anak Saat Ia Mau Makan Sayur, Moms

Jangan Lupa Untuk Apresiasi Anak Saat Ia Mau Makan Sayur, Moms
Sumber: Pixabay.com/Keeze

Untuk membentuk sikap anak yang suka makan sayur, tentunya perlu pembiasaan dan apresiasi terhadap setiap usaha yang telah dilakukan. Moms dan Dads perlu untuk memberikan apresiasi ketika sang buah hati mau untuk mencoba hal baru seperti sayuran. Dengan apresiasi tersebut, buah hati HappyFams pastinya akan merasa senang dan menganggap bahwa memakan sayuran menjadi kegiatan yang menarik.

6. Ajak Anak Memasak Bersama Yuk Moms

Ajak Anak Memasak Bersama Yuk Moms
Sumber: Pixabay.com/Congerdesign

Mengajak buah hati untuk memasak menjadi salah satu solusi untuk Moms nih. Dengan memasak, mereka bisa nih ikut mencoba rasa masakannya dan bisa membuat makanan sesuai keinginannya. So, makan sayur tidak akan dianggap menakutkan lagi oleh anak-anak. Ia pun akan belajar untuk berkreasi dan bekerjasama ketika memiliki agenda masak bersama Moms.

7. Moms, Selalu Ingatkan Si Kecil Untuk Makan Sayur

Moms, Selalu Ingatkan Si Kecil Untuk Makan Sayur
Sumber: Unsplash.com/Sara Dubbler

Sebanyak cara apapun itu dan berbagai usaha, tentunya perlu untuk dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan. Tentunya Moms harus sabar setiap waktu untuk selalu mengenalkan dan mengingatkan pentingnya makan sayur dan buah. Selain itu, Moms dan Dads juga perlu untuk menjadikan sayuran atau buah menjadi reward atau hadiah bagi si kecil.

Makanan dari sayur atau buah tersebut bisa diberikan ketika acara-acara special sang anak. Selain itu, makanan tersebut bisa menjadi reminder orangtua ketika ingin berpergian ke suatu tempat.Pada dasarnya rasa suka pada suatu hal termasuk kepada makanan tergantung kebiasaan pada diri orang tersebut termasuk pada buah hati. Semakin dibiasakan otomatis akan membentuk kesadaran pada buah hati Moms untuk makan sayur.

Perlu diingat bahwa membiasakan makan sayur membentuk kesadaran buah hati tentang sayuran dan buah yang menjadi kebutuhan tentang makanan, bukan menjadi suatu kewajiban yang dipaksakan. Jadi, gimana nih pengalaman Moms dan Dads dalam mengajak buah hatinya mau untuk makan sayur? Share yuk di kolom komentar!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Supaya Tumbuh Sehat, 7 Tips Agar Balita Mau Makan Sayuran"
related post
7 Kata Bijak, Nasehat Ibu Untuk Anak Yang Beranjak Remaja

happinest.id - Menghadapi anak yang beranjak remaja merupakan momen paling rentan untuk para orang tua, ... Lanjut Baca

Cara Ibu Hamil Menghilangkan Rasa Bosan Di Rumah

happinest.id - Hamil merupakan salah satu momen penting yang ditunggu oleh para Moms. Pada trimester ... Lanjut Baca

Mitos Dan Fakta Anak Pertama Dengan Anak Kedua Dari Sikap Orang Tua

happinest.id - Banyak orang yang percaya kalau karakter anak pertama dan anak kedua sangat dipengaruhi ... Lanjut Baca