Supaya Aman, Ini Cara Memandikan Bayi Baru Lahir

Waktu Baca: 5 menitMinggu, 02 Juni 2019 12:30 WIB
Supaya Aman, Ini Cara Memandikan Bayi Baru Lahir
Sumber: Pixabay.com/Mia Powter

Salah satu tantangan besar bagi Moms yang baru pertama kali memiliki buah hati adalah ketika memandikannya. Pasalnya memandikan bayi baru lahir memang lebih sulit dilakukan. Hal yang wajar sih mengingat ketika baru lahir bayi masih memiliki tulang dan tubuh yang lembek, sehingga membutuhkan keterampilan tertentu jika ingin Moms mandikan.

Sebelum mulai memandikan bayi atau bahkan beberapa waktu pra melahirkan, Moms sebaiknya mulai mencari tahu cara memandikan bayi agar tidak kaku saat melakukannya. Oleh sebab itu wajib bagi Moms yang tengah menanti kelahiran buah hati untuk membaca ulasan berikut mengenai cara memandikan bayi baru lahir. Yuk simak cara selengkapnya!

1. Mulailah Menyiapkan Perlengkapan Mandi Bayi

Mulailah Menyiapkan Perlengkapan Mandi Bayi
Sumber: Unsplash.com/Curology

Hal yang tidak kalah penting untuk Moms perhatikan saat ingin memandikan bayi adalah mempersiapkan berbagai perlengkapan mandi. Tahap persiapan ini menjadi penting agar ketika sedang memandikan bayi Moms tidak kerepotan jika ternyata ada perlengkapan yang tertinggal. Oleh sebab itu perhatikan hal ini dengan baik. berikut beberapa perlengkapan yang sebaiknya Moms siapkan.

Langkah pertama siapkan permukaan datar yang bersih dan aman. Biasanya yang digunakan adalah meja khusus untuk tempat ganti pakaian bayi. Tetapi jika tidak ada Moms cukup menggunakan tempat tidur saja. Jangan lupa untuk memberikan alas untuk tempat bayi berpakaian nantinya.

Selain itu yang perlu dipersiapkan adalah air mandi bayi. Usahakan agar suhu air yang digunakan agak hangat dan tidak terlalu panas juga. Bersama dengan itu siapkan peralatan mandi seperti sabun. Meskipun begitu sabun sebenarnya tidak disarankan untuk bayi kecuali pembersih kulit yang memang memiliki bahan ringan atau berlabel soap-free. Karena produk yang mengandung pewangi serta antibiotik bisa membuat kulit bayi menjadi iritasi.

Setelah itu siapkan juga handuk dan waslap. Moms bisa membawa kedua perlengkapan ini saat memandikan bayi. Terakhir sediakan popok dan pakaian ganti di tempat tidur. Dan ingatlah agar ketika memandikan bayi usahakan beberapa waktu setelah menyusu, ya.

2. Persiapkan Bayi Untuk Mandi

Persiapkan Bayi Untuk Mandi
Sumber: Unsplash.com/Irina Murza

Ketika memandikan bayi baru lahir, Moms terlebih dahulu membaringkan bayi di atas alas seperti handuk atau selimut yang sudah disiapkan. Lalu lepaskan pakaian yang digunakan oleh bayi serta popok jika menggunakannya. Juga perhatikan kembali semua perlengkapan yang sudah disediakan sebelumnya. Pastikan agar semuanya berada di area yang mudah Moms jangkau. Adapun untuk kondisi air yang digunakan memandikan bayi adalah memiliki suhu yang berada pada kisaran 32 derajat celicus, tidak terlalu panas, juga tidak terlalu dingin ya, Moms!

3. Proses Memandikan Bayi

Proses Memandikan Bayi
Sumber: Unsplash.com/Khoa Pham

Setelah kedua tahap tersebut sudah selesai, Moms sudah bisa mulai memandikan bayi baru lahir. Kemudian gunakan salah satu tangan serta lengan Moms sebagai tempat untuk menopang kepala dan tubuh bayi. Sementara itu tangan yang lainnya menjadi penyangga tubuh bayi bagian bawah, dengan tangan ini Moms perlahan-lahan menempatkan bayi ke dalam air dengan dimulai dari kakinya.

Selanjutnya mulailah proses memandikan bayi. Moms bisa mengawalinya dengan membersihkan kelopak mata bayi dari arah dalam ke luar. Ketika membersihkan mata gunakan kapas atau kain lembut yang telah dicelupkan ke dalam air hangat. Perhatikan agar kain yang digunakan untuk membersihkan mata sebelahnya berbeda demi menghindari kotoran yang melekat berpindah. Lakukan hal sama pada area hidung, telinga, dan wajah.

Setelah selesai dengan wajah, Moms bisa lanjut membersihkan tubuh bayi. Pastikan agar tangan yang menyangga kepala dan punggung cukup kuat, karena posisi kepala bayi harus selalu berada di bagian atas permukaan air. Bersihkan secara detail wilayah belakang telinga, ketiak, leher, dan kelamin.

Memandikan Bayi
Sumber: Pixabay.com/Pexels

Jika semua sudah bersih, guyur kepala serta tubuh bayi secara perlahan-lahan, Moms. Agar jika ada sisa kotoran atau sabun, semuanya bisa hilang. Baru setelah itu Moms menyeka sisa air dengan menggunakan waslap atau handuk yang sudah disediakan tadi.

Kalau tubuh bayi sudah agak kering, Moms bisa mengangkatnya secara perlahan-lahan. Kemudian letakkan kembali bayi di atas alas yang telah disiapkan sebelumnya. Sebaiknya alas tersebut sudah dialasi juga dengan handuk ya, Moms. Keringkan kembali tubuh bayi mengunakan handuk dengan pelan-pelan.

Kalau Moms menggunakan lotion atau baby oil setelah memandikan bayi baru lahir, maka saat ini adalah waktunya untuk diberikan. Meskipun begitu bayi yang baru lahir sebenarnya juga tidak disarankan untuk menggunakan lotion dan sebagainya apalagi ketika masih di bawah satu bulan. Biarkan saja dikeringkan secara alami tanpa lotion apapun.

Itulah tiga cara umum yang dapat Moms terapkan ketika akan memandikan sang buah hati. Selain itu hal yang perlu diperhatikan juga adalah kondisi tali pusar bayi. Jika tali pusar bayi belum lepas, maka sebaiknya Moms tidak menggunakan air untuk memandikan. Cukup pakai waslap, kain, atau kapas yang bersih dan lembut. Waslap tersebut dicelupkan ke dalam air hangat dan digunakan untuk menyeka tubuh bayi secara perlahan, sama dengan tahap yang telah dijelaskan. Akan tetapi jika tali pusar bayi sudah lepas, berarti cara memandikannya bisa mengikuti tahap yang telah disebutkan.

Jika Moms memiliki saran atau pertanyaan seputar hal ini, jangan ragu untuk meninggalkannya di kolom komentar. Semoga bermanfaat ya, Moms!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Supaya Aman, Ini Cara Memandikan Bayi Baru Lahir"
related post
Apa Benar, Moms Bisa Ngobrol Dengan Bayi Dalam Kandungan, Seperti Apa?

Bagi sebagian orang, ngobrol dengan bayi mungkin masih terasa asing. Anggapan tersebut karena banyak orang ... Lanjut Baca

7 Kebutuhan Nutrisi Ibu Menyusui Ini, Dapat Berpengaruh Pada Gizi Bayi

Untuk Moms setelah melahirkan adalah saat yang paling tepat untuk memberikan ASI kepada sang buah ... Lanjut Baca

5 Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil Muda Sampai Hamil Tua

Memperhatikan posisi tidur ibu hamil sangat penting ketika Moms sedang mengandung. Menjalani masa kehamilan adalah ... Lanjut Baca