Sudah Vaksin? Ini Cara Cek Sertifikat Vaksin Tahap 1 & 2 Secara Online

Waktu Baca: 4 menitJum'at, 17 September 2021 08:25 WIB
cara check vaksin

HappyFams alangkah baiknya di kondisi saat ini mengetahui cara cek sertifikat vaksin online dengan benar. Karena setelah melakukan vaksinasi perlu untuk mengunduh sertifikat resmi untuk bukti. Sertifikat tersebut nantinya digunakan untuk mengakses fasilitas publik dan layanan publik lainnya.

Pusat perbelanjaan, stasiun kereta api, terminal, bandara dan fasilitas publik lainnya mensyaratkan sertifikat tersebut. Sebagai bukti bahwa HappyFams aman melakukan perjalanan dan keluar rumah dengan resiko menularkan virus lebih kecil. Walaupun bisa juga ikuti tips aman berpergian jarak jauh saat kondinsi pandemi covid 19 ini, apalagi kalau suda ada tanda-tanda istri butuh piknik.

Bukti bahwa vaksinasi telah dilaksanakan bisa langsung didapatkan kurang dari 24 jam. Saat ini sudah tersedia platform digital yang secara online merekam aktifitas berkaitan dengan vaksinasi maupun update kasus covid-19.

Cukup memanfaatkan smartphone setiap orang akan mendapatkan informasi lengkap dan terbaru. Sekarang ini HappyFams bisa menggunakan web resmi atau melalui aplikasi mobile smartphone. Sehingga bisa mendapat informasi terbaru seputar COVID-19.

Cara Cek Sertifikat Vaksin Tahap 1 & 2 Secara Online

Cara Mengecek Sertifikat via Aplikasi Mobile

cek sertifikat vaksin
Sumber: unsplash

BACA JUGA:

Mengingat pentingnya bukti HappyFams telah mendapat suntikan imun tersebut baik yang pertama maupun lengkap, maka segera download buktinya untuk ditunjukkan. Di bawah ini adalah cara cek sertifikat vaksin secara online, yaitu:

  1. Install aplikasi Peduli Lindungi di smartphone. HappyFams bisa mendownload melalui play store atau app store sesuai sistem operasi perangkat yang digunakan. Pastikan ruang memori pada perangkat masih memadai untuk mengunduhnya.

HappyFams dapat menggunakan jaringan wifi yang berkualitas untuk proses instalasi lebih cepat. Setelah terpasang, klik ikon aplikasi untuk masuk dan melakukan login ke halaman utama. Sehingga HappyFams bisa segera masuk.

  1. Untuk pengguna pertama, HappyFams perlu melakukan pendaftaran akun. Klik pada menu register kemudian isi form yang disediakan. Siapkan data pribadi yang lengkap dan benar supaya lebih cepat untuk melakukan pengecekan langsung.

Jika sudah memiliki akun, bisa langsung digunakan untuk login. Cara cek sertifikat vaksin pertamaakan dibutuhkan data NIK. Siapkan kartu identitas jika HappyFams belum hafal nomor NIK sehingga prosesnya cepat.

  1. Isi kolom yang disyaratkan. Biasanya diminta memasukkan data nama lengkap beserta NIK. Pastikan pengisian benar supaya segera dapat terproses oleh sistem. Pastikan pengisian nomor HP benar tidak ada yang salah.

HappyFams perlu menunggu beberapa saat untuk pengiriman OTP (One Time Password). Dikirimkan via SMS ke nomor HP yang ditulis. Setelah itu, isikan OTP pada kolom yang sudah disediakan sebagai persetujuan akses untuk verifikasi.

  1. Cara cek sertifikat vaksin tahap 1 selanjutnya cukup pilih menu "paspor digital". Kemudian pilih nama supaya sertifikat muncul. Tunggu proses download hingga selesai sampai terbuka sempurna. Sehingga HappyFams bisa mengeceknya.

Cara Cek Sertifikat Vaksin Melalui Website dengan Singkat

Ada banyak cara untuk mengecek sertifikat vaksin COVID-19 yang baru saja dilakukan saat ini. Salah satunya adalah melalui aplikasi mobile secara langsung dari hp masing-masing orang yang telah melakukannya tersebut.

Alternatif lain yang bisa dicoba selain aplikasi adalah lewat website resminya. Apabila perangkat belum memadai untuk instalasi aplikasi, maka website bisa dipilih. Caranya mudah dan tidak memakan waktu, antara lain:

  1. Buka website PeduliLindungi

HappyFams bisa mengisikan nama website pada search bar browser. Tekan enter untuk memulai pencarian, kemudian pilih salah satu dari hasil pencarian. Sehingga HappyFams bisa menemukan web resminya.

Bisa juga langsung mengisikan PeduliLindungi.id. Lalu masuk pada menu login jika telah memiliki user id. Untuk pengguna baru terlebih dulu sebaiknya daftar di menu pendaftaran sehingga bisa segera login.

  1. Login dapat menggunakan nomor seluler

Isikan dengan benar pada menu login, kemudian klik "login sekarang". HappyFams sudah berhasil masuk, selanjutnya pilih akun untuk melihat semua menu yang ada ketika mengeceknya.

  1. Cara cek sertifikat vaksin tahap 2 selanjutnya cukup pilih menu sertifikat

Berkas yang tersedia sesuai tahapan masing-masing. Jika baru satu kali maka muncul 1 berkas, jika lengkap keduanya akan muncul langsung.

Jadi seperti itulah cara pengecekan sertifikasi dari vaksin yang baru saja dilakukan dengan cepat dan singkat. Dengan mengetahuinya akan membantu HappyFams untuk mendapatkan sertifikat bukti telah melakukan vaksin tahap 2.

Melihat berkas yang ada cukup singkat, tidak memakan banyak waktu. Selain memeriksa milik pribadi, HappyFams juga dapat mengikuti langkah serupa untuk cara cek sertifikat vaksin orang lain melalui web tersebut.

Semoga kita semua lekas keluar dari pandemi covid 19 ini ya HappyFams.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Sudah Vaksin? Ini Cara Cek Sertifikat Vaksin Tahap 1 & 2 Secara Online"