Suara Perut Keroncongan Di Saat Penting, Ini Trik Menghilangkannya

Waktu Baca: 1 menitSenin, 14 September 2020 08:25 WIB
suara-perut-keroncongan
Sumber: freepik

Sedang asyik-asyiknya rapat dengan atasan, ketika bos sedang menjelaskan tentang rencana perusahaan tiba-tiba saja mendadak perut berbunyi. Suaranya memelas, seperti meminta untuk diisi gara-gara pagi tadi lupa sarapan.

Suara keroncongan adalah tanda bahwa perut sedang kosong. Mereka melancarkan protes dengan cara berdendang. Sebenarnya hal ini bisa dijelaskan secara ilmiah. Bunyi-bunyian yang bisa bikin malu itu merupakan proses makanan yang terdorong. Benda padat, cairan chime, gas, dan udara bercampur saat mendorong makanan. Karena tidak bisa diatur, perut keroncongan bisa terjadi kapan saja. Terutama ketika terasa lapar.

Sebenarnya saat perut penuh pun masih ada gerakan dan bunyi. Hanya karena dalam keadaan terisi, suara yang dihasilkan juga lebih pelan.

Supaya perut tak lagi bikin malu karena ‘bernyanyi’ saat sedang meeting caranya sederhana, berikut adalah cara untuk mendiamkannya.

Kurangi Makanan Ber-gas

kembang kol makanan ber gas
Sumber: pixabay.com

Sebelum meeting atau kegiatan penting lainya, saat sarapan sebaiknya jangan mengonsumsi makanan bergas, seperti sayuran kol atau sayur sawi. Gas tersebut bisa memicu bunyi saat perut kosong. Selain itu hindari juga minuman berkarbonasi karena punya banyak unsur gas.

Dengan demikian perut tidak menumpuk kandungan gas yang menyebabkan menghasilkan suara perut keroncongan.

Hindari Makanan Berlemak

keju makanan berlemak
Sumber: pixabay.com

Sebaiknya hindari makanan berlemak, seperti cokelat, keju, atau mi instan. Karena termasuk sebagai makanan yang sulit dicerna, makanan-makanan tersebut bisa memicu timbulnya gas dalam saluran pencernaan.

Makanan berlemak yang masuk ke dalam perut tidak dapat langsung dicerna kedalam perut sehingga akan menumpuk dan apabila terjadi gesekan antar usus maka akan timbul suara suara dari dalam perut yang dikatakan keroncongan tersebut.

Makan dengan Porsi Teratur

atur jam makan
Sumber: pixabay.com

Biasakan pula makan dengan porsi sedikit, tapi sering. Jangan makan dengan nasi yang terlihat menggunung agar gerak peristaltic dalam perut bisa dikurangi. Keuntungan memiliki pola makan yang teratur juga membuat Anda bisa menikmati makanan yang masuk ke dalam perut.

Selain itu pola makan teratur juga sangat baik untuk menjaga bentuk tubuh yang lebih ideal. Urusan perut aman dan badan juga jadi lebih sehat, tapi urusan mengecilkan perut buncit bisa loh dengan makan sehat.

Mudah bukan, mengontrol perut supaya tidak berdendang riang di saat-saat penting? Silahkan dicoba happyFams.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Suara Perut Keroncongan Di Saat Penting, Ini Trik Menghilangkannya"
related post
Daftar Makanan Instan Sehat Untuk Bayi & Ibu Hamil Di Rumah

Makanan instan menjadi pilihan banyak orang karena dianggap praktis dan tidak membutuhkan waktu lama untuk ... Lanjut Baca

Tips Ibu Muda Menyusui Bayi Yang Baru Lahir Dengan Baik Dan Benar

Menjadi seorang ibu muda memang tidaklah mudah. Setelah melawati proses melahirkan, tahap berikutnya yang juga ... Lanjut Baca

Cara Mengatasi Asma Kambuh Dengan Olahraga, Asma Bisa Sembuh Tuntas

Penderita asma biasanya membatasi diri melakukan kegiatan yang berat, karena takut penyakit asmanya akan kambuh. ... Lanjut Baca