Sewa Apartemen Atau Beli Rumah? Pahami 7 Hal Ini Sebelum Memutuskan

Waktu Baca: 6 menitSabtu, 18 Mei 2019 07:20 WIB
Sewa Apartemen Atau Beli Rumah
Sumber: Unsplash.com

Saat sudah memiliki penghasilan tetap yang memadai untuk membeli properti, rencana untuk memiliki tempat tinggal tentu pernah terlintas di pikiran Dads, terlebih jika Dads sudah berkeluarga. Namun, dalam seperti kondisi ini, Dads mungkin akan dihadapkan dengan dua pilihan yaitu menyewa apartemen atau membeli rumah?

Sebelum memutuskan mana yang akan Dads pilih, Dads harus mepertimbangkan dengan matang agar tidak menyesal nantinya. Jadi, lebih baik pahami dulu tujuan Dads, serta kelebihan dan kekurangan antara sewa apartemen atau beli rumah. Yuk simak apa saja poin yang harus Dads pertimbangkan agar memiliki keputusan yang tepat sesuai kebutuhan Dads!

1. Pertimbangkan Tujuan Hidup Dads Dan Keluarga

Sewa Apartemen Atau Beli Rumah Pertimbangkan Tujuan Hidup
Sumber: Unsplash.com

Saat sudah menikah, segala keputusan yang diambil tentu harus melibatkan Dads dan keluarga, terutama dengan pasangan. Salah satu hal penting yang harus didiskusikan adalah masalah pengelolaan finansial. Ketika dihadapkan pada dua pilihan antara menyewa apartemen atau membeli rumah, Dads sebaiknya mempertimbangkan prospek yang lain.

Misalnya, Dads lebih butuh membeli kendaraan dibanding rumah. Maka, menyewa apartemen merupakan alternatif terbaik. Begitu pula jika Dads belum berencana untuk memiliki anak dalam waktu dekat. Berbeda halnya jika Dads berencana atau memang sudah memiliki anak, maka membeli rumah akan menjadi pilihan yang baik.

2. Pahami Lokasi Hunian Dengan Baik

Sewa Apartemen Atau Beli Rumah Pahami Lokasi
Sumber: Unsplash.com

Hal kedua yang menjadi pertimbangan Dads untuk sewa apartemen atau beli rumah adalah pemilihan lokasi hunian. Selain itu, pertimbangkan dengan baik dari segi strategisnya sebuah lokasi, kemudahan akses menuju pusat kota, kedekatan dengan layanan kesehatan, jarak menuju kantor, dan hal penting lain sesuai kebutuhan Dads paling tidak dalam jangka waktu 5 sampai 10 tahun.

Dengan berbagai pertimbangan tersebut, bisa dibilang sewa apartemen lebih menguntungkan untuk Dads pilih. Sebab, selain biayanya lebih murah daripada membeli rumah, kebanyakan apartemen memang berlokasi di titik-titik yang strategis dekat dengan tempat kerja. Namun, bukan berarti sulit untuk mendapatkan rumah dengan lokasi yang strategis ya, Dads. Hanya saja, besar kemungkinan Dads akan sulit menemukan rumah di pusat kota dengan harga jual yang terbilang murah.

3. Perhitungkan Biaya Yang Dibutuhkan Antara Sewa Apartemen Atau Beli Rumah

Sewa Apartemen Atau Beli Rumah Perhitungkan Biaya Keduanya
Sumber: Unsplash.com

Biaya merupakan persoalan paling krusial ketika memutuskan untuk memiliki hunian pribadi. Dads harus mempertimbangkan dengan bijak kemampuan finansial yang Dads miliki. Dengan menghitung kemampuan tersebut Dads akan mampu untuk memutuskan apakah akan sewa apartemen atau beli rumah. Namun, perlu diperhatikan juga ya, Dads! Perhitungan finansial ini tidak hanya sebatas besarnya anggaran untuk menyewa apartemen atau membeli rumah. Akan ada banyak biaya lain yang akan muncul lho ketika memutuskan untuk mempunyai hunian sendiri, seperti biaya maintenance bangunan, biaya pajak, dan biaya tagihan bulanan lainnya.

4. Kebutuhan Keluarga Adalah Yang Paling Utama

Sewa Apartemen Atau Beli Rumah Sudah Punya Anak Belum
Sumber: Unsplash.com

Dads yang paling tahu seperti apa kebutuhan untuk keluarga. Cobalah berpikir bijak dengan memilih hunian yang dibutuhkan dan bukan yang diinginkan. Jika Dads memang lebih butuh tinggal di apartemen karena lebih praktis, didukung dengan fasilitas publik yang sudah tersedia dan mudah sekali dijangkau, maka pilihan menyewa apartemen tentu yang terbaik.

Sementara jika Dads merasa lingkungan rumah lebih baik untuk tumbuh kembang anak misalnya, maka alternatif ini tentu juga yang paling bagus dan bisa Dads pertimbangkan. Meskipun begitu Dads juga harus memahami dengan baik jika ingin membeli rumah terutama jika itu merupakan beli rumah pertama untuk Dads dan keluarga.

5. Lingkungan Hunian Merupakan Poin Penting Terhadap Kenyamanan

Sewa Apartemen Atau Beli Rumah Lingkungan Dengan Tetangga
Sumber: Unsplash.com

Perbedaan umum antara apartemen dan rumah adalah kondisi lingkungan. Dads bisa mengambil contoh dampak lingkungan rumah terhadap anak, serta dampak yang ditimbulkan apartemen. Lingkungan rumah cenderung lebih bagus terhadap anak, karena memiliki ruang gerak yang cukup luas untuk anak melakukan eksplorasi lingkungan sekitarnya.

Tinggal di rumah dapat mengajarkan anak tentang hidup bersosialisasi, sehingga anak cenderung menjadi lebih terbuka. Hal itu dikarenakan adanya tetangga yang hidup berdampingan dengan Dads. Bukan hanya itu anak juga akan belajar tentang kehidupan salah satunya berasal dari lingkungan.

Berbeda dengan tinggal di apartemen yang cenderung lebih tertutup. Dads tentu akan sedikit kesulitan berkenalan atau menjalin hubungan sosial dengan tetangga apartemen. Sedikit banyak hal ini juga akan mempengaruhi anak Dads tentunya. Jadi, pertimbangkan dengan baik ya, Dads!

6. Miliki Hunian Yang Juga Dapat Menjadi Investasi

Hunian Yang Bisa Jadi Investasi
Sumber: Unsplash.com

Coba deh Dads pikirkan baik-baik lagi. Mana yang lebih menjanjikan di masa depan antara sewa apartemen atau beli rumah? Jika dilihat dari segi investasi, tentunya membeli rumah lebih dapat dijadikan sebagai investasi, karena setiap tahun akan ada kenaikan harga tanah dan rumah. Apabila suatu saat Dads sudah enggan untuk menghuni rumah tersebut, maka Dads tinggal menjualnya saja. Hasil penjualannya tentu juga lebih tinggi dan bisa diinvestasikan kembali di instrumen lainnya.

Berbeda dengan menyewa apartemen. Dads tidak bisa menjadikannya sebagai investasi, karena bukan merupakan hak milik Dads. Sehingga ketika Dads sudah tidak ingin tinggal di apartemen lagi, maka semuanya berakhir sampai di situ saja. Di sisi lain, meskipun membeli rumah membutuhkan uang lebih banyak sebagai DP atau uang muka, tetapi sebenarnya cicilan per bulan tidak akan jauh kok dari harga sewa apartemen jika Dads membelinya secara KPR.

7. Perbedaan Ruangan Antara Apartemen Dan Rumah

Perbedaan Ruangan Apartemen dan Rumah
Sumber: Unsplash.com

Jumlah ruangan yang ada antara apartemen dan rumah juga memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Saat awal membeli rumah mungkin ukuran dan jumlah ruangannya sangat terbatas dan bahkan lebih sempit dari apartemen. Tetapi seiring berjalannya waktu masih ada kemungkin Dads untuk merenovasi dan menambahkan ruang sesuai kebutuhan.

Sementara, jika menyewa apartemen, Dads tidak bisa melakukan apa-apa karena apartemen bukan hak milik Dads. Meskipun sejak awal ruangan di apartemen sudah tertata dan berada dalam kondisi baik, Dads tidak bisa melakukan renovasi jika suatu saat Dads butuh tambahan ruangan. Bila ingin mengubah desain ruangan apartemen pun, izinnya juga akan lebih rumit dibanding rumah sendiri.

Itulah tujuh hal yang harus Dads pahami ketika dilema dengan pilihan sewa apartemen atau beli rumah. Apakah Dads punya tips sendiri dalam memutuskan tinggal di apartemen atau rumah? Mari berbagi pengalaman di kolom komentar ya! Semoga artikel ini bermanfaat juga untuk Dads.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Sewa Apartemen Atau Beli Rumah? Pahami 7 Hal Ini Sebelum Memutuskan"