Rahasia Manfaat Teh Manis Untuk Ibu Hamil Sampai Ibu Menyusui

Waktu Baca: 5 menitRabu, 02 Juni 2021 11:22 WIB
Teh Manis
Sumber: twdnews

Teh merupakan salah satu minuman populer yang banyak dipilih orang selain kopi. Cara menikmatinya juga beragam mulai dari hangat atau dingin tinggal sesuaikan dengan selera. Selain itu teh juga dapat dinikmati di segala waktu mulai dari pagi hingga malam hari. Teh sangat aman untuk dikonsumsi oleh siapapun, baik muda maupun tua atau bahkan ibu hamil dan menyusui sekalipun.

Teh manis panas menjadi pilihan oleh sebagian besar ibu hamil yang bermanfaat untuk mengurangi rasa mual selama masa kehamilan sehingga tubuh menjadi lebih nyaman. Apalagi jika teh dikombinasikan dengan bahan alami lain seperti jahe, tentu tubuh akan menjadi lebih baik karena tidak hanya rasa mual yang berkurang, sakit kepala terutama di awal kehamilan juga dapat teratasi.

Manfaat Teh Manis Bagi Ibu Hamil Dan Menyusui

teh manis untuk ibu hamil
Sumber: freepik

Mengonsumsi teh yang tepat dapat memberikan manfaat bagi tubuh terutama untuk ibu hamil dan menyusui. Teh memiliki banyak manfaat salah satunya sebagai antioksidan guna memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak serta menangkal radikal bebas hingga mencegah berkembangnya sel-sel kanker di dalam tubuh. Selain antioksidan, teh juga mengandung vitamin C dan A yang penting dalam menjaga kekebalan tubuh atau imunitas agar tidak mudah terserang penyakit.

Tidak hanya itu saja, di dalam secangkir teh terdapat sekitar 100-200 IU vitamin E yang besarnya setara dengan kebutuhan vitamin E harian tubuh. Besarnya kandungan vitamin E ini mampu menjaga kesehatan jantung dan juga kulit agar tetap sehat. Oleh karena itu mengonsumsi teh manis untuk ibu menyusui dan hamil sangat disarankan sebab pada kondisi menyusui atau hamil tubuh wanita cendrung mengalami penurunan daya tahan tubuh.

Cara mengonsumsi teh setiap orang berbeda-beda. Namun hampir sebagian besar masyarakat Indonesia pasti menambahkan gula ke dalam teh sebelum diminum. Penambahan rasa manis seperti gula yang tidak berlebihan ke dalam teh ternyata dapat menjadi sumber energi. Teh manis berapa kalori dalam 1 gelas atau sekitar 240 ml yakni mencapai 90 kalori. Dan sangat disarankan jika teh manis untuk ibu hamil sebaiknya diganti dengan menggunakan madu atau gula jagung sebagai pemanis alami.

BACA JUGA:

Jangan Minum Teh Berlebihan

Meskipun memiliki banyak manfaat jangan sampai mengonsumsi teh secara berlebih, ya. Teh juga mengandung kafein meskipun jumlahnya lebih rendah dibandingkan dengan kopi. Bagi ibu hamil dan menyusui disarankan untuk mengonsumsi teh tidak lebih dari dua atau tiga cangkir per hari. Batas aman mengonsumsi kafein bagi ibu menyusui yakni tidak lebih dari 300 mg per hari, sedangkan untuk ibu hamil yakni tidak lebih dari 200 mg per hari (setara 2 mug per hari).

Beberapa penelitian mengatakan jika mengkonsumsi kafein secara berlebihan dalam mempengaruhi pola tidur atau pola gerakan bayi yang berada di dalam kandungan. Bahaya lainnya yakni dapat meningkatkan resiko keguguran, bayi lahir prematur, berat badan rendah, dan gangguan kesehatan dikemudian hari. Sedangkan kafein yang diminum bayi melalui ASI dapat menimbulkan bayi menjadi gelisah, susah tidur, dan rewel. Efek ini sangat mudah terlihat pada bayi prematur ataupun bayi baru lahir.

Perlu diketahui juga jika zat-zat yang berada di dalam teh sangat mudah teroksidasi. Ada baiknya untuk tidak minum teh yang telah didiamkan semalaman karena selain telah teroksidasi, teh telah basi dan tentu akan berbahaya bagi tubuh. Jangan meminum teh dalam kondisi perut kosong sebab teh manis untuk asam lambung dapat meningkat dan tentu akan berbahaya bagi ibu hamil yang meminumnya.

Banyak orang berpendapat jika teh manis penambah darah harus dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Faktanya teh dapat menghambat penyerapan atau absorpsi dari zat besi pada saluran pencernaan sebesar lebih dari 50 persen. Kehilangan zat besi justru menjadi pencetus seseorang mengalami anemina atau kekurangan darah.

Teh Herbal Yang Disarankan Untuk Ibu Hamil Dan Menyusui

Untuk mengurangi resiko selama kehamilan dan menyusui, berikut ini beberapa teh herbal yang boleh dikonsumsi oleh ibu hamil hingga menyusui.

1. Teh Jahe

teh manis penambah darah
Sumber: freepik

Jahe menjadi salah satu rempah-rempahan yang banyak ditemukan di Indonesia. Selain dapat menghangatkan tubuh, jahe juga sangat bermanfaat untuk mengurangi rasa mual pada ibu hamil. Bagi ibu menyusui mengonsumsi jahe dapat menstimulasi produksi ASI karena kandungan galactogogue di dalamnya.

2. Teh Daun Raspberry

Menurut Midwifery Guidelines for Optimal Nutrition and Exercise in Pregnancy, teh daun raspberry sangat aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Teh ini dianggap dapat meningkatkan kesuburan, meredakan kram saat menstruasi, memberikan nutrisi selama kehamilan, hingga mempersiapkan tubuh saat persalinan nanti. Bahkan teh daun raspberry juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi dan mampu mengencangkan rahim.

3. Teh Rosehip

Teh rosehip sangat bermanfaat untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Food Science and Technology, teh rosehip mengandung vitamin C yang amat tinggi sehingga sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh bagi ibu dan juga anak.

Minum teh bagi ibu hamil dan menyusui diperbolehkan karena memberikan banyak manfaat. Hal yang perlu diperhatikan yakni jumlah konsumsi teh yang diminum tidak boleh lebih dari 2-3 cangkir per hari. Namun apabila Moms ragu, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter kandungan untuk memperoleh informasi lebih lanjut. Semoga bermanfaat ya, Moms.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Rahasia Manfaat Teh Manis Untuk Ibu Hamil Sampai Ibu Menyusui"
related post
Minuman Boba Kekinian Terenak Versi HappiNest, Yang Mana Pilihanmu?

Minuman boba menjadi salah satu minuman paling dicari beberapa tahun belakang ini. Minuman yang berasal ... Lanjut Baca

Biji Kopi Robusta Terbaik Di Indonesia Berasal Dari Kota-Kota Ini Lho!

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi terbaik di dunia. Kopi-kopi terbaik robusta tersebar di ... Lanjut Baca