Rahasia Agar Anak Nurut Kepada Orang Tua, Baik Sama Ibu Maupun Ayah

Waktu Baca: 4 menitMinggu, 07 November 2021 11:20 WIB
anak nurut kepada orang tua
Sumber: pinterest

Anak nurut kepada orangtuanya menjadi salah satu impian setiap Moms and Dads. Sayangnya, tidak semua orang tua memahami seperti apa cara mendidik anak usia dini maupun remaja. Bahkan, tidak sedikit orang tua yang memerlukan waktu untuk belajar mendidik anaknya.

Tentu saja mendidik agar anak cerdas sekaligus baik menjadi hal yang tidak mudah, bahkan terkadang HappyFams merasa kesal dengan anak sendiri. Ditambah jika Moms memiliki anak lebih dari satu akan lebih sulit menjadikan mereka penurut semua.

Rahasia Agar Anak Nurut Kepada Orang Tua

Penyebab Anak Tidak Nurut Pada Orang Tua

Ketika ingin anak nurut, anak jujur, tentu saja Moms perlu mengetahui berbagai macam alasan mengapa anak bisa membangkang nasehat orang tua. Berikut berbagai penyebab anak menjadi tidak nurut, seperti:

1. Anak sedang mencari perhatian

Moms mungkin sudah merasa menjadi orang tua yang baik karena membelikannya hal yang anak inginkan. Namun, kenapa anak masih tetap bisa membangkang?

Jangan-jangan beberapa waktu belakangan ini Moms sibuk bermain ponsel sehingga ketika dirinya sedang menunjukkan prestasinya, Moms tidak mengapresiasi sehingga menyebabkan anak ingin lebih banyak perhatian.

2. Memiliki pola asuh kurang tepat

Agar anak nurut, pola asuh yang dilakukan tentu saja harus dengan tepat. Anak menjadi nakal bisa disebabkan karena orang tua memiliki pola asuh kurang tepat.

Seringnya, kondisi seperti ini disebabkan karena Moms sering mengkritik, hingga terlalu protektif sehingga menyebabkannya menjadi nakal.

3. Memiliki rasa ingin tahu lebih

BACA JUGA:

Anak-anak tentu saja mempunyai rasa keinginan tahunya sangat tinggi. Bahkan karena anak ingin mengetahui sebuah hal, ia menunjukkan hal-hal yang mungkin kurang masuk akal.

Contohnya saja anak merobek catatan yang Moms miliki. Sebenarnya anak tidak mempunyai niat yang buruk, anak hanya ingin mengetahui apa yang ada di dalam catatan tersebut.

4. Belum dapat berkomunikasi dengan baik

Sebenarnya, hal ini erat kaitannya dengan penyebab pertama. Ketika anak tidak diperhatikan, anak menjadi kesulitan menyampaikan maksudnya, terlebih anak juga belum dapat melakukan komunikasi dengan baik.

Perilaku nakal yang dimilikinya sebenarnya hanya disebabkan karena anak tidak bisa berkomunikasi dengan baik. Sehingga, Moms bisa menanyakan apa maksudnya dengan tenang.

Tips Agar Anak Nurut dengan Orang Tua

anak nurut kepada orang tua
Sumber: shutterstock

Ada berbagai macam tips yang bisa dilakukan oleh Moms agar anak nurut dan pintar, antara lain:

1. Jangan memaksa dan berteriak pada anak

BACA JUGA:

Jangan pernah berteriak di depan anak. Perlu Moms ketahui, berteriak justru tidak membuat anak menjadi patuh dan menuruti setiap perintah. Berteriak malah bisa membuat anak menjadi semakin keras.

Bila Moms berteriak, anak akan memberikan sinyal waspada, atau ia ada dalam kondisi yang tidak aman, hingga akhirnya anak menjadi agresif, khawatir dan cemas. Moms justru malah semakin sulit untuk mengambil hatinya.

2. Gunakan bahasa yang lembut

Cara agar anak nurut kepada orang tua yang lainnya adalah menggunakan bahasa yang lembut ketika memberikan nasehat. Saat Moms memberikan bahasa yang lembut dan tenang, hal ini akan membuat anak menjadi nyaman, apalagi jika Moms juga menambahkan teknik sentuhan ketika mengajaknya berbicara.

Dengan memberikan sedikit sentuhan, anak akan merasa lebih dihargai. Saat ia dihargai, anak bisa mendengarkan dan patuh dengan apa yang Moms & Dads perintahkan.

3. Dengarkan perkataan anak

Agar anak nurut sama orang tua, Moms harus mendengarkan perkataannya. Anak adalah pribadi yang sangat pandai meniru. Sikap yang ia lakukan sekarang ini adalah sikap yang ditiru dari orang tua ketika menghadapinya.

Tentu Moms ingin selalu didengarnya bukan? anak juga selalu ingin di dengar. Oleh sebab itu beri contoh pada anak bagaimana cara mendengarkan perkataan yang diucapkan orang lain.

Dengan cara ini, anak bisa memiliki sikap yang sama. Cara ini dilakukan agar anak nurut serta mau mendengarkan Moms.

4. Konsisten

Tips lain agar anak menurut adalah konsisten. Bila HappyFams melarang anak makan permen, Moms harus konsisten dengan larangan ini. Aturan yang konsisten tidak akan membuat anak menjadi bingung.

Melakukan berbagai macam tips di atas tentu saja tidak semudah itu dilakukan, namun dengan sedikit demi sedikit dilakukan, anak nurut tentu saja bukan hanya menjadi sekedar keinginan belaka, pasti akan terwujud seiring berjalannya waktu.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Rahasia Agar Anak Nurut Kepada Orang Tua, Baik Sama Ibu Maupun Ayah"
related post
Bagaimana Cara Menghadapi Orang Tua Toxic Yang Selalu Marah?

Orang tua toxic menjadi hal yang paling dihindari anak di dalam sebuah keluarga. Hubungan yang ... Lanjut Baca

7 Contoh Berbakti Kepada Orang Tua Dalam Kehidupan Sehari-hari

Ada banyak kegiatan yang menggambarkan contoh berbakti kepada orang tua. Berbakti kepada orang tua merupakan ... Lanjut Baca

Membantu Orang Tua Merupakan Contoh Kebiasaan Anak Hebat Indonesia

Membantu orang tua adalah salah satu kewajiban bagi anak yang dapat bermanfaat terhadap tumbuh kembangnya ... Lanjut Baca