Puasa Bagi Ibu Menyusui Tak Sulit Kok. Ikuti Tipsnya Disini Ya, Moms!

Waktu Baca: 4 menitSabtu, 18 Mei 2019 10:20 WIB
Puasa Bagi Ibu Menyusui
Sumber: Pexels.com/Rawpixel

Bulan Ramadhan memang waktunya untuk memfokuskan diri beribadah dan berlomba mencari banyak pahala. Tidak terkecuali buat para Moms yang sedang berbahagia merawat si kecil yang menggemaskan. Namun, Moms yang sedang dalam menyusui mungkin merasa bingung apakah ibu menyusui boleh puasa atau tidak. Daripada risau sendirian, yuk Moms cek serba-serbi mengenai tips puasa bagi ibu menyusui di bawah ini!

Bolehkah Ibu Menyusui Puasa?

Biasanya, ini adalah salah satu sumber kebingungan Moms yang ingin puasa saat menyusui karena puasa di bulan Ramadan adalah ibadah wajib. Nah, untuk menjawab kebingungan Moms yang berkomitmen memberikan ASI eksklusif bagi bayinya, ada beberapa prinsip mengenai puasa untuk ibu menyusui yang bisa dijadikan rujukan, berikut adalah salah satunya."Puasa dilihat dari sisi niatnya. Jika seorang ibu menyusui puasa lalu batal karena khawatir dengan kesehatan dirinya atau bayinya, maka diperbolehkan untuk membatalkan puasa tersebut."

Moms yang tidak berpuasa di bulan Ramadan karena menyusui si kecil, masih bisa mengganti puasa tersebut dengan cara membayarkan fidyah atau mengganti puasanya di hari lain kok. Agar Moms lebih yakin dan paham, mintalah bimbingan dari seorang ustadz/ustadzah tentang penggantian puasa ini sehingga keputusan pelaksanaan ibadah puasa bagi ibu menyusui dapat Moms pertimbangkan dengan lebih baik.

Agar Tetap Aman Bagi Moms Dan Si Kecil, Ini 5 Tips Puasa Untuk Ibu Menyusui

Jika Moms merasa sanggup untuk menjalankan ibadah puasa Ramadan dan asupan nutrisi si kecil masih bisa terpenuhi, maka tidak ada salahnya untuk tetap berpuasa. Namun, ingat ya perlu diperhatikan juga, agar kondisi Moms dan si kecil tetap prima, jangan lupa terapkan 5 tips puasa untuk ibu menyusui selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan berikut ini!

1. Nutrisi Saat Sahur Dan Berbuka Harus Cukup

makanan bernutrisi ibu menyusui puasa
Sumber: Pexels.com/Dana Tentis

Pada umumnya, selama berpuasa ibu menyusui akan merasa lebih mudah lelah, lemas dan mengantuk. Terutama di masa awal Ramadan karena tubuh masih beradaptasi dengan berbagai perubahan, seperti pola makan dan pola tidur yang ditambah lagi dengan rutinitas menyusui si kecil. Karena itu, menu untuk sahur dan berbuka harus kaya nutrisi ya, Moms.

Penuhi asupan protein yang baik untuk tumbuh kembang si kecil, serta lemak dan karbohidrat untuk cadangan energi. Ada banyak pilihan menu makanan sehat untuk ibu menyusui yang bisa Moms konsumsi agar ASI juga berkualitas baik. Masalah ASI yang kurang lancar Moms bisa konsumsi olahan daun katuk yang saat ini sudah banyak dikemas dalam berbagai bentuk yang lebih praktis, mulai dari minuman hingga kapsul.

2. Ibu Menyusui Tetap Wajib Makan 3x Sehari

ibu menyusui makan 3x sehari
Sumber: Pexels.com/Lisa Fotios

Pola makan yang berubah seringkali membuat tubuh justru malas untuk makan meskipun merasa lapar. Istilahnya sih, mager. Hati-hati ya Moms, perasaan mager jangan dituruti karena saat menyusui Moms bukan hanya makan untuk diri sendiri namun juga untuk si kecil.

Moms bisa menyiasatinya dengan tetap makan 3 kali sehari pada waktu sahur, berbuka dan setelah Tarawih. Jangan tidur dalam keadaan perut kosong ya Moms! Mintalah bantuan Dads atau pasang alarm agar waktu makan tidak terlewatkan.

3. Atur Waktu Memompa Susu Seefisien Mungkin

waktu pompa asi ibu puasa
Sumber: Pexels.com/Burst

Pada waktu-waktu tertentu, payudara secara alamiah tetap memproduksi ASI meskipun ibu menyusui sedang menjalankan ibadah puasa. Selalu persiapkan wadah penyimpan ASI yang mudah dijangkau pada saat-saat dibutuhkan ya, Moms!

Moms yang menyusui sekaligus bekerja bisa memompa ASI pada malam hari agar Moms bisa bangun sahur dengan lancar. Paginya Moms tinggal berangkat kerja karena persediaan ASI untuk si kecil sudah tersedia. Pelajari juga cara menyimpan ASI yang baik dan benar agar susu yang telah dikumpulkan bisa tetap segar saat dikonsumsi si kecil.

4. Jaga Kondisi Tubuh Agar Tetap Prima

ibu menyusui puasa jaga kondisi tubuh
Sumber: Pexels.com/Bruce Mars

Kualitas ASI juga sangat dipengaruhi oleh kondisi psikologis seorang ibu. Moms pasti juga sering mendengar keluhan tentang ASI yang susah keluar atau produksi ASI yang sangat sedikit karena keadaan/kondisi yang kurang mendukung.

Oleh karena itu Moms harus bisa menjauhi stres, menjaga waktu tidur, dan istirahat yang cukup selama berpuasa. Moms harus bisa melatih emosi agar tetap stabil meski harus berhadapan dengan lapar, dahaga dan menjaga hawa nafsu. Memang cukup sulit dilakukan bagi para ibu, namun tetaplah optimis ya, Moms.

5. Jangan Lupa Minum Banyak Cairan Agar Tak Dehidrasi

ibu menyusui puasa banyak minum
Sumber: Pexels.com/Pixabay

Menjaga cairan tubuh agar tetap seimbang merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan meskipun sedang tidak menyusui saat berpuasa. Kandungan air pada tubuh manusia mencapai 60-70%. Jumlah yang sangat fantastis, ya Moms? Jadi bisa dibayangkan betapa bermasalahnya tubuh kita jika kebutuhan cairan ini tidak terpenuhi dengan baik.

Secara umum, pahamilah dulu cairan dalam tubuh juga memiliki banyak rupa. Mulai dari darah, keringat, enzim, urin, hingga ASI. Lantaran ibu menyusui tidak hanya mengkonsumsi air untuk dirinya sendiri, maka kebutuhan cairannya jadi lebih banyak daripada mereka yang tidak menyusui.

Asupan cairan ini juga tidak harus air putih saja. Moms juga boleh meminum jus buah, air kelapa, atau susu penambah nutrisi. Tapi tetap batasi kadar gula yang masuk ke tubuh ya Moms, terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis dapat meningkatkan risiko diabetes serta obesitas. Agar lebih terjaga Moms bisa memakai pemanis rendah kalori yang aman untuk ibu hamil dan menyusui.

Bagaimana Moms, sudah tidak ragu untuk tetap puasa saat menyusui, bukan? Apakah Moms masih ada kebingungan lain yang belum terpecahkan? Atau mungkin, mau berbagi tips puasa untuk ibu menyusui lainnya? Jangan ragu untuk bertanya dan berbagi ya Moms!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Puasa Bagi Ibu Menyusui Tak Sulit Kok. Ikuti Tipsnya Disini Ya, Moms!"
related post
Kamar Anak Tak Selalu Dominasi Pink Dan Biru, Warna Ini Juga Bagus

Menurut Dads, apa warna cat terbaik untuk kamar anak? Pasti kebanyakan memilih pink untuk kamar ... Lanjut Baca

Tips Dan Trik Dekorasi Rumah Untuk Mencerahkan Kamar Yang Gelap

Apa jadinya ketika capek dan lelah melanda, kemudian sampai rumah menemukan sudut-sudut ruangan yang gelap. ... Lanjut Baca

Tipe-Tipe Ibu Muda Di Rumah Saat Masa Karantina Wabah Penyakit Corona

happinest.id - Hampir sebagian besar negara di penjuru dunia sedang menghadapi wabah virus corona, termasuk ... Lanjut Baca