Pola Asuh Anak Dan Remaja Yang Mulai Nampak Perilaku Tidak Terbuka

Waktu Baca: 3 menitSelasa, 17 November 2020 08:27 WIB
pola asuh anak dan remaja
Sumber: medium

Moms, memiliki buah hati yang masih sangat belia tentunya menjadi sebuah tugas istimewa ya, karena dari bayi hingga tumbuh menjadi seorang anak remaja adalah proses yang begitu indah. Namun, pendidikan anak usia dini buah hati kita saat ini 180 derajat berbeda dengan perkembangan anak pada jaman dahulu lho. Betapa tidak berbeda, jika anak jaman kita dulu memiliki tubuh fisik lebih kecil sedangkan anak sekarang memiliki tubuh lebih cepat besar. Hal tersebut juga diiringi dengan perkembangan psikis anak jaman sekarang.

Jika sebagai orangtua salah pola asuh, efeknya adalah anak menjadi mudah emosi dan dapat mengarah melakukan percobaan hal menyimpang. Perilaku menyimpang yang paling terlihat di keluarga adalah mudah berbohong dan mulai bermain rahasia dengan orang tuanya.

Perilaku anak mulai tertutup dari orang tua dapat meretakkan hubungan orangtua dengan anak. Lalu bagaimana caranya mengamati dan memahami perilaku anak yang mulai tidak terbuka ini?

Ciri Anak dan Remaja yang Mulai Tertutup

1. Selalu menghindar

Walaupun masih dalam usia anak, Anda sebagai orang tua wajib memperhatikan setiap pergaulan dan tingkah anak. Jangan selalu disibukkan dengan masalah pekerjaan karena teledor sedikit saja lingkungan akan membuat anak bertingkah aneh dan tidak biasa.

Jika anak remaja mulai menghindar setiap kali ditanya masalah oleh orang tuanya maka indikasi si anak sedang mencoba menutupi masalahnya.

2. Jika ada masalah akan berucap kurang nyaman

Percakapan anak dengan orang tua tadinya hangat, namun usai anak pulang menjadi sedikit berbeda. Bunda dan ayah harus mencari tahu dengan perbedaan bicara si anak. Jika perilaku tersebut dibiarkan maka si anak akan menjadi pribadi temperamen, kasar dan mudah emosi.

Pergaulan di lingkungan sang anak juga perlu diawasi dari sejak dini, karena anak remaja paling mudah terpengaruh dari lingkungan pergaulannya.

3. Mengurung diri

Anak yang tadinya ceria tiba-tiba mengurung diri menjadi pertanda bahwa dia sedang menyembunyikan masalah. Dalam hal ini, si anak sedang mencoba bersikap dewasa dengan menyelesaikan masalahnya sendiri. Tetapi, jika terlalu lama dan orang tua tidak ada respon perhatian lebih, dikhawatirkan si anak sedang mencari pelampiasan lain yang tidak diketahui oleh orang tuanya (penyimpangan psikis). Mungkin seperti membuka video tak pantas, chatingan dengan teman yang salah dan sebagainya.

Bagaimana Mengatasi Masalah Tersebut?

Solusi pertama pola asuh anak dan remaja adalah dekati si anak dan ajak ngobrol santai. Setiap anak punya karakternya masing-masing, Moms & Dads sebagai orang terdekat di lingkup keluarganya tentu wajib menjadi sahabat di kala mereka terkena sebuah masalah. Ketika anak mulai menutupi persoalan yang dihadapi, Anda bisa mengajak mereka diskusi tanpa mendikte masalah. Si anak akan luluh hatinya jika ada rekan yang lebih tua memberikan perhatian lebih.

Solusi kedua, jika si anak masih kekeh dengan sikap tertutupnya, Anda bisa bilang: Ibu yakin adek bisa mengatasi masalah dengan mandiri tetapi Moms & Dads selalu terbuka untuk adek ya. Dengan sedikit tarik ulur maka si anak akan mendapatkan kelonggaran waktu untuk berfikir jernih.

Solusi ketiga, apabila sang anak sudah tidak mau untuk bercerita lagi. Cukup katakan "Bila perlu bantuan apapun cukup katakan pada Moms & Dads, kapanpun diperlukan kami akan selalu ada untuk membantu". Dengan kalimat ini, sang anak akan merasa masih ada orang yang dengan tulus untuk membantu menyelesaikan masalahnya.

Dengan lebih memahami kondisi anak, maka Moms & Dads akan lebih cepat mendeteksi kejanggalan perilakunya dan akan lebih cepat diselesaikan supaya tidak sampai berlarut-larut. Yuk HappyFams ceritakan dari sudut pandang kalian, bagaimana cara menghadapi anak remaja yang tertutup!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Pola Asuh Anak Dan Remaja Yang Mulai Nampak Perilaku Tidak Terbuka"
related post
Akibat Kekurangan Gizi Pada Anak Dan Remaja Bisa Berdampak Kronis, Lho

Kekurangan gizi ternyata masih menjadi salah satu permasalahan kesehatan anak di Indonesia. Setiap bayi, anak, ... Lanjut Baca

Bagaimana Cara Balikan Sama Mantan Yang Sudah Lama Putus? Bisa, Tapi!

Bagi beberapa orang berpisah dengan seseorang yang pernah menjalin hubungan percintaan bukanlah hal yang ... Lanjut Baca

Ini Lho Bahaya Ketika Anak Kebanyakan Main Gadget, Bisa Merusak Mata

Anak main gadget sebenarnya mempunyai dampak positif, hanya saja satu catatan penting yang perlu dipahami ... Lanjut Baca