Persiapan Mudik Lebaran Dengan Mobil. Jangan Lupakan 5 Hal Penting Ini

Waktu Baca: 4 menitJum'at, 17 Mei 2019 07:10 WIB
Persiapan Mobil Untuk Mudik Lebaran
Sumber: Pinterest.com

Suka cita masyarakat dalam menyambut Hari Raya Lebaran kian terasa di tengah bulan Ramadan ini. Bagi umat muslim, Idul Fitri menjadi momen yang dinanti setiap tahunnya. Tradisi membuat ketupat, mempersiapkan THR untuk keluarga, juga mudik ke kampung halaman pun menjadi agenda wajib yang mewarnai kemeriahan lebaran. Dads sendiri, sudah punya rencana perjalanan mudik kemana nih? Jika Dads berencana mudik menggunakan mobil, tentu saja yang tak boleh dilupakan adalah persiapan mobil untuk mudik lebaran mulai dari sekarang.

Pahamilah juga bahwa melakukan mudik lebaran dengan mobil memiliki tantangannya sendiri, terutama bila dalam perjalanan nanti Dads juga membawa serta si kecil untuk perjalanan yang sangat jauh. Bila kurang persiapan, bisa saja si kecil malah rewel di sepanjang jalan atau malah paling apes, mobil Dads bermasalah saat perjalanan jauh mudik. Maka, supaya mudik Dads terasa aman dan nyaman, memahami tips persiapan mudik lebaran yang tepat tentu akan membuat perjalanan mudik nanti lebih lancar hingga kampung halaman. Yuk simak tips berikut!

1. Periksa Kondisi Mobil Sebelum Berangkat. Jangan Sampai Mogok Di Tengah Perjalanan Mudik

berencana mudik menggunakan mobil
Sumber: Unsplash.com/Tim Mossholder

Persiapan sebelum mudik lebaran yang harus Dads lakukan pertama kali adalah melakukan pengecekan kondisi mobil Dads secara keseluruhan. Apalagi nantinya saat mudik Dads menempuh perjalanan yang cukup panjang. Tentu saja Dads harus memastikan bahwa mobil yang akan digunakan berada dalam kondisi yang prima.

Sebelum mudik, sempatkan waktu untuk membawa mobil Dads ke bengkel. Periksa dan perbaiki segala komponen mobil seperti rem, oli, ban, airbag, dan sebagainya. Dengan memastikan kondisi mobil dalam keadaan siap tempur dalam perjalan jauh dan macet, Dads pasti akan merasa nyaman dan lebih aman deh saat berangkat mudik menggunakan mobil.

2. Bawa Barang Secukupnya. Membawa Beban Yang Terlalu Berat Bisa Merepotkan Lho!

bawa barang secukupnya
Sumber: pikooy.blogspot.com

Dads, kunci perjalanan nyaman salah satunya adalah pemilihan barang bawaan yang esensial saja disesuaikan dengan kebutuhan Dads dan anggota keluarga lainnya. Jangan sampai membawa barang hingga overload ya! Apalagi menaruh barang bawaan di luar mobil sungguh berbahaya lho Dads! Terutama, bila melewati jalanan dengan kondisi jalan yang rusak, berliku, ataupun menanjak. Kondisi seperti ini pun dapat mengurangi performa mobil karena bebannya lebih berat.

Tak hanya soal barang bawaan saja, mudik memakai mobil dengan membawa penumpang yang berlebih pun sangat tidak disarankan. Selain membuat tidak nyaman, beban yang overload tentu akan membahayakan semua penumpang di dalam mobil Dads. Jadi, bawalah barang dan penumpang sesuai dengan kapasitas mobil. Dengan begitu, ruang di mobil Dads akan terasa lebih lapang dan nyaman bagi anggota keluarga Dads lainnya, bukan?

3. Sediakan Makanan dan Kebutuhan Anak Sepanjang Perjalanan Mudik

tips bawa makanan saat mudik
Sumber: tupperware

Membawa anak mudik menggunakan mobil pribadi memang memerlukan banyak persiapan. Diantaranya yaitu makanan yang harus dibawa, seperti cemilan dan permen, popok ataupun baju ganti apabila mereka terlanjur ngompol di dalam mobil, obat-obatan seperti minyak kayu putih dan obat anti mual, serta yang paling penting boneka atau mainan anak agar si kecil tidak bosan.

Dads pun harus pintar membangun suasana yang nyaman di dalam mobil selama mudik. Misalnya, lebih berhati-hati saat melewati jalanan yang rusak agar guncangan di dalam mobil tidak terlalu keras, mengajak ngobrol si kecil, atau bahkan membukakan jendela sedikit saat melewati daerah sawah atau pegunungan agar si kecil bisa melihat pemandangan. Dads juga bisa meminta bantuan Moms untuk menunjukkan si kecil mainan kesukaannya, ia akan merasa lebih tenang dan teralihkan saat merasa bosan di dalam mobil.

Bekerjasamalah dengan Moms untuk mengatur penaruhan barang dan makanan yang dibutuhkan si kecil di tempat yang mudah terjangkau, sehingga si kecil dapat dengan mudah menemukan kebutuhannya sendiri jika ia tidak membutuhkan pengawasan. Tersedianya cemilan dan minuman yang anak sukai juga akan membuat ia merasa senang dan lebih menikmati perjalanan mudik yang cukup jauh.

4. Pastikan Dads Membawa Uang Tunai Yang Cukup, Masih Banyak Toko Di Sepanjang Perjalanan Mudik Yang Hanya Menerima Uang Tunai

persiapan mudik bawa uang tunai
Sumber : tokopedia.com

Bagi Dads yang sudah terbiasacashlessatau selalu menggunakan uang elektronik, dalam persiapan mudik lebaran Dads perlu menyiapkan dan membawa uang tunai secukupnya lho. Karena, belum tentu semua toko yang Dads lewati selama mudik bisa melayani uang elektronik, terlebih warung-warung kecil di pinggir jalan.

Dads juga akan membutuhkan uang tunai untuk membeli cemilan di pinggir jalan atau untuk sekadar biaya buang air kecil di WC umum. Bayangkan saja, saat Dads atau keluarga sedang merasa di tengah jalan yang macet dan hanya ada pedagang asongan, nggak mungkin kan Dads membayar mereka memakai uang elektronik?

5. Pelajari Rute Mudik Sebelum Berangkat dan Bawa Perangkat GPS

gunakan gps selama perjalanan mudik
Sumber: carvaganza

Bila ini adalah pertamakalinya Dads mudik menggunakan mobil dan belum begitu hapal rute perjalanan ke kampung halaman istri, jangan khawatir ya, Dads! Mudahnya informasi dan kecanggihan teknologi saat ini membuat Dads bisa melakukan persiapan yang satu ini dalam waktu yang sebentar saja kok!

Sempatkan diri untuk mempelajari rute mudik yang akan Dads lalui sehingga tidak mudah tersasar nantinya. Jangan lupa juga siapkan GPS sebagai alat pembantu mencari rute jalan mudik. Selain itu, Dads juga perlu memastikan kondisi baterai Dads selama mudik tercukupi. Jika perlu, gunakan power bank dan selalu isi baterai ponsel Dads sampai penuh saat berada ditempat perisitirahatan sementara.

Tidak sulit kan melakukan berbagai persiapan mudik menggunakan kendaran pribadi? Jangan lupa istirahat dan jaga kesehatan selama melakukan perjalanan mudik sekeluarga ya, Dads! Ingat, tujuan Dads mudik ialah sampai dalam kondisi sehat untuk bertemu dengan sanak saudara. Selain itu, pahami juga bahwa melakukan perjalanan mudik memang membutuhkan biaya yang besar sehingga Dads wajib tahu strategi mengatur keuangan jelang lebaran. Nah, sekarang Dads share di komentar deh, bagaimana pengalaman mudik Dads menggunakan mobil?

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Persiapan Mudik Lebaran Dengan Mobil. Jangan Lupakan 5 Hal Penting Ini"
related post
Cara Mengajarkan Anak Untuk Pintar Mengatur Uang Sejak Usia Dini

happinest.id - Kemampuan untuk mengelola keuangan dalam diri sebenarnya dapat dibentuk melalui didikan orang tua, ... Lanjut Baca

Tipe-Tipe Ibu Muda Di Rumah Saat Masa Karantina Wabah Penyakit Corona

happinest.id - Hampir sebagian besar negara di penjuru dunia sedang menghadapi wabah virus corona, termasuk ... Lanjut Baca