Perlukah Memijat Bayi Baru Lahir? Ketahui Dulu 7 Fakta Ini!

Waktu Baca: 5 menitMinggu, 02 Juni 2019 12:30 WIB
Memijat Bayi Baru Lahir
Sumber: Unsplash.com/Kelly Sikkema

Moms dan Dads yang baru saja memiliki dan mengurus anak mungkin tengah menghadapi dilema. Apakah memijat bayi atau tidak? Pasalnya bayi baru lahir memiliki tubuh dan tulang yang sangat sensitif dan masih lemah. Jika berada pada situasi tersebut, sudah sepatutnya kalian membaca ulasan berikut ini mengenai fakta dan manfaat pijat bayi. Yuk simak ulasannya!

1. Membuat Bayi Menjadi Lebih Merasa Rileks

membuat bayi lebih rileks
Sumber: Unsplash.com/Minnie Zhou

Salah satu manfaat pijat bayi dipercaya dapat membuat peredaran darahnya menjadi lebih lancar. Selain itu kegiatan ini juga akan meningkatkan kadar hormon oksitosin yang dimilikinya. Dengan baiknya kondisi peredaran darah dan hormon oksitosin, maka dapat membuat bayi merasa lebih tenang dan rileks.

Memijat bayi juga mampu menjadi solusi untuk menenangkan si kecil lho, Moms dan Dads. Oleh sebab itu ketika bayi mulai rewel atau gelisah, cobalah untuk memberikan pijatan secara lembut padanya. Tidak hanya itu manfaat pijat bayi yang lain adalah membantu untuk mengurangi perasaan tidak nyaman atau rasa sakit yang diderita bayi. Biasanya perasaan ini timbul jika bayi mengalami masalah dalam pencernaan atau giginya mulai tumbuh.

2. Mendukung Proses Pertumbuhan Otak Bayi

mendukung pertumbuhan otak bayi
Sumber: Unsplash.com/Irina Murza

Selain itu memberi pijatan terhadap bayi baru lahir juga akan mendukung proses pertumbuhan otaknya, Moms dan Dads. Hal ini terjadi ketika bayi diberi pijatan, maka ia akan mempelajari jenis sentuhan, cara kalian berkomunikasi dengannya, serta aroma dari minyak yang digunakan untuk memijatnya. Ketika belajar mengenal hal tersebut, maka akan ada banyak sel-sel otak baru yang akan terangsang.

Dengan begitu proses pertumbuhan otak bayi akan berjalan dengan baik. rangsangan yang diberikan pada bayi akan menghasilkan mielin atau zat yang bertanggung jawab mengatur implus saraf yang memiliki kaitan dengan kemampuan motorik dan sensori di otak. Ini perlu dilakukan sehingga Moms tahu cara memijat bayi 1 bulan.

3. Membantu Tidur Bayi Agar Semakin Pulas

Membantu Tidur Bayi Agar Semakin Pulas
Sumber: Pixabay.com/Public Domain Picture

Tidak jauh berbeda dengan membuat bayi merasa lebih rileks. Berangkat dari hal tersebut ketika memberi pijatan, bayi juga akan lebih mudah untuk tidur secara pulas pada malam hari. Cara ini juga bisa dicoba untuk Moms dan Dads jika memiliki bayi yang sering terbangun di subuh hari atau tengah malam untuk menangis.

Rutin memberikan pijatan pada bayi di sore hari akan sangat beranfaat untuk bayi agar memperoleh tidur yang nyenyak di malam hari. Jika tidur bayi nyenyak, maka ia akan lebih pulas dan secara perlahan dapat mencegahnya untuk terjaga di malam atau waktu subuh.

4. Membentuk Ikatan Batin Antara Bayi Dan Orangtua

membentuk ikatan batin antara bayi dan orang tua
Sumber: Unsplash.com/Taylor Ann Wright

Moms dan Dads ketahuilah bahwa setiap bayi yang dilahirkan ke dunia selalu berusaha untuk mengenali orang tuanya. Meskipun begitu cara bayi untuk mengenali orang tuanya tidak melalui wajah mereka, melainkan dengan mendengar suara serta merasakan sentuhan kalian. Oleh sebab itu sering mengajak bayi berbicara ataupun menyentuhnya dipercaya dapat membentuk ikatan batinnya dengan orang tua.

Hal tersebut menjadi salah satu manfaat pijat bayi. Jadi ketika Moms atau Dads melakukan pijatan terhadap bayi baru lahir, lakukan dengan cara lembut. Karena cara kalian memijatnya akan menumbuhkan tanggapan bayi terhadap kalian. Kalau pijatan Moms dan Dads membuatnya nyaman, tentu bayi akan berpikir positif terhadap kalian. Kalian dapat memperhatikan ekspresi bayi saat memberi pijatan untuk mengetahui bagaimana perasaannya. Apa dia suka atau tidak dengan pijatan kalian.

Ingat ya Moms dan Dads, cara memijat bayi 1 tahun dengan cara memijat bayi 1 bulan sangat berbeda. Moms perlu memelajari dulu agar tak salah pijat yang bisa berakibat kurang baik. Tak ada salahnya untuk ikut kelas pijat bayi dahulu sebelum bayi baru lahir. Dengan belajar, Moms bisa mendapatkan manfaat pijat bayi secara maksimal.

5. Menstimulasi Kepekaan Saraf Bayi

menstimulasi kepekaan saraf bayi
Sumber: Unsplash.com/Picsea

Seperti yang telah disebutkan bahwa bayi belajar mengenal orang dan benda-benda yang ada di dekatnya melalui sentuhan atau suara. Oleh sebab itu ketika Moms dan Dads memberikan pijatan lembut kepada bayi, sarafnya akan menerima stimulus yang positif. Bukan hanya itu hal ini juga sangat bermanfaat terhadap kepekaan indera peraba bayi yang memang belum benar-benar sempurna, Moms dan Dads.

Selain itu melalui cara pijat bayi yang kalian berikan, bayi juga akan belajar mengenali rangsangan. Misalnya sentuhan yang diberikan memiliki tekanan yang cukup besar atau tekanan yang lembut. Dengan begitu saraf-saraf bayi lebih cepat berkembang. Hal ini juga sekaligus membuat otot bayi menjadi lebih bersifat kuat dan fleksibel.

6. Meningkatkan Rasa Percaya Diri Orangtua

meningkatkan rasa percaya diri orang tua
Sumber: Unsplash.com/Adi Saputra

Kecemasan yang dirasakan Moms dan Dads pasca melahirkan memang sering kali terjadi. Apalagi jika merupakan pengalaman pertama kalian memiliki dan mengurus bayi, tentu akan terasa mendebarkan yang kadang berujung pada rasa cemas berlebihan. Oleh sebab itu memberi pijatan kepada bayi dapat membuat Moms dan Dads lebih merasa yakin dan percaya diri bahwa segalanya dapat dihadapi bersama.

7. Menghilangkan Depresi Pasca Melahirkan

Menghilangkan Depresi Pasca Melahirkan
Sumber: Unsplash.com/Naomi August

Beberapa Moms mungkin mengalami depresi pasca melahirkan. Jika hal ini terjadi, maka Moms sebaiknya mulai mengelola perasaan agar lebih baik. Salah satu cara untuk menghilangkan depresi ini adalah dengan rutin memijat bayi. Jadi tidak hanya bayi yang menjadi lebih rileks, melainkan juga Moms. Ingatlah juga untuk melakukan interaksi ketika memijat bayi, karena bisa mendukung agar suasana hati menjadi lebih positif.

Itulah tujuh fakta mengenai memijat bayi yang wajib Moms dan Dads ketahui. Jika HappyFams memiliki saran atau pertanyaan seputar hal ini, jangan lupa untuk meninggalkannya di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Perlukah Memijat Bayi Baru Lahir? Ketahui Dulu 7 Fakta Ini!"
related post
7 Kebutuhan Nutrisi Ibu Menyusui Ini, Dapat Berpengaruh Pada Gizi Bayi

Untuk Moms setelah melahirkan adalah saat yang paling tepat untuk memberikan ASI kepada sang buah ... Lanjut Baca

Apa Benar, Moms Bisa Ngobrol Dengan Bayi Dalam Kandungan, Seperti Apa?

Bagi sebagian orang, ngobrol dengan bayi mungkin masih terasa asing. Anggapan tersebut karena banyak orang ... Lanjut Baca

5 Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil Muda Sampai Hamil Tua

Memperhatikan posisi tidur ibu hamil sangat penting ketika Moms sedang mengandung. Menjalani masa kehamilan adalah ... Lanjut Baca