Perlengkapan Keluar Rumah Saat Corona Yang Wajib Harus Ikut Dibawa

Waktu Baca: 6 menitSabtu, 17 Oktober 2020 09:28 WIB
Keluar Rumah
Sumber: freepik

Sejak diberitakan bahwa virus corona telah masuk ke Indonesia, banyak orang mulai merasa takut dan was-was. Dilaporkan setiap harinya bahwa angka kasus positif covid-19 terus mengalami peningkatan. Tidak heran beberapa wilayah di Indonesia berada dalam status zona merah sebab telah ditemukan kasus positif corona di wilayah tersebut.

Anjuran untuk selalu berada di dalam rumah dan upayakan untuk menghindari tempat keramaian terus disampaikan. Meskipun demikian ada kalanya sebagai seorang ibu, Moms mau tidak mau harus keluar rumah demi memenuhi segala macam kebutuhan rumah tangga sehari-hari. Tentu saja keluar rumah saat masa pendemi seperti sekarang ini tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada beberapa perlengkapan covid yang wajib dibawa dan sesuai dengan protokol kesehatan ketika Moms keluar rumah, apa sajakah itu?

1. Masker

keluar rumah pakai masker
Sumber: Freepik.com

Yups, masker menjadi salah satu perlengkapan wajib yang harus dibawa ketika sedang berada di luar rumah. Bahkan saat ini keluar rumah pakai masker sudah menjadi kebiasaan baru untuk sebagian besar orang di seluruh dunia. Dengan memakai masker dapat mencegah penyebaran virus corona agar tidak masuk ke dalam saluran pernafasan.

Ada beragam jenis masker yang sudah tersedia di pasaran, seperti masker medis, masker N95, hingga masker kain. Apabila Moms menggunakan masker kain pastikan selalu bahwa bahan yang digunakan bukan berbahan tipis dan tidak tembus cahaya saat diterawang. Selain itu, jangan pernah coba-coba untuk memegang bagian tengah masker dan usahakan selalu mengganti masker sesering mungkin ketika sedang berada di luar rumah.

2. Hand Sanitizer

keluar rumah saat pandemi
Sumber: Freepik.com

Keluar rumah saat pandemi seperti sekarang ini tidak lengkap jika tidak membawa hand sanitizer. Tangan menjadi salah satu media penyebaran virus corona paling cepat. Tanpa sadar kita mungkin telah menyentuh benda-benda yang kemungkinan telah tertempel kuman dan virus.

Tidak semua tempat umum menyediakan tempat cuci tangan. Dan cara paling mudah untuk membuat tangan selalu bersih terutama setelah memegang benda-benda yakni dengan menggunakan hand sanitizer. Ada 2 jenis hand sanitizer yang dapat Moms pilih yakni dalam bentuk gel atau cair. Keduanya sama-sama mampu membunuh kuman termasuk virus corona yang ada pada tangan. Jadi jangan lupa untuk selalu sedia hand sanitizer dalam tas Moms saat berpergian.

3. Face Shield

perlengkapan corona
Sumber: Freepik.com

Perlengkapan corona lainnya yang tidak kalah penting ketika pergi keluar rumah yaitu face shield. Meskipun kita telah memakai masker, bukan berarti partikel virus corona tidak akan masuk ke dalam tubuh kita. Memakai face shield ternyata mampu mengurangi virus yang masuk ke saluran pernafasan hingga 92 persen.

Tidak hanya itu saja, face shield juga dapat menjadi penghalang droplet yang dikeluarkan seseorang ketika sedang bersin, batuk atau berbicara di sekitar, Moms. Face shield juga dianggap lebih nyaman digunakan dan sangat cocok bagi seseorang yang secara tidak sadar sering menyentuh area wajah.

Membersihkan face shield juga sangat mudah, cukup menggunakan sabun dan air kemudian keringkan dengan tisu atau lap kering bersih secara perlahan. Perlu diingat Moms, penggunaan face shield hanya sebagai pelengkap masker bukan sebagai pengganti masker. Jadi selalu memakai masker untuk menutupi area hidung dan mulut saat keluar rumah.

4. Sarung Tangan

Ada kalanya penggunaan sarung tangan diperlukan terutama ketika Moms berbelanja di super market atau pasar tradisional. Di tempat-tempat tersebut mau tidak mau Moms harus menyentuh dan memilih beberapa barang untuk kemudian dimasukan ke dalam tas belanja.

Ada beragam jenis bahan sarung tangan yang bisa Moms pilih mulai dari plastik, karet, hingga kain.

Cara melepas sarung tangan tidak boleh sembarangan. Moms cukup menarik bagian dekat dengan pergelangan tangan kemudian dorong ke arah luar atau posisikan sarung tangan dalam kondisi terbalik, setelah itu segera buang sarung tangan ke dalam tempat sampah.

Dengan menggunakan sarung tangan saja bukan berarti tangan telah terbebas dari virus lho, Moms. Setelah menggunakan sarung tangan segera cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer apabila tidak tersedia air di sekitar kita.

5. Disinfektan

doa keluar rumah
Sumber: Freepik.com

Saat ini penggunaan disinfektan cukup masif dilakukan di berbagai tempat. Disinfektan sendiri merupakan cairan kimia yang berfungsi mematikan jamur, bakteri, virus, serta membersihkan kotoran yang menempel pada permukaan benda.

Jadi sangat tidak dianjurkan untuk menyemprotkan disinfektan pada permukaan kulit atau tubuh sebab kandungan kimia di dalamnya dapat menyebabkan iritasi kulit. Disinfektan diperlukan hanya untuk membersihkan benda-benda yang kemungkinan telah terkontaminasi seperti pintu mobil, stir mobil atau motor, permukaan meja, kantung belanja, dan lain sebagainya.

6. Membawa Peralatan Dan Perlengkapan Sendiri

Bentuk dari pencegahan penyebaran virus corona dapat dilakukan dengan cara selalu menggunakan barang milik pribadi baik itu botol minum, peralatan makan, perlengkapan solat dan lain sebagainya. Selain lebih aman dan yakin akan kebersihannya, Moms tidak perlu takut tertular virus akibat menggunakan barang bukan milik kita sendiri.

Selain itu jangan pernah meletakkan barang-barang tersebut di sembarang tempat. Gunakan tas khusus untuk menyimpannya agar tidak tercecer, kotor serta dapat mengurangi kontak tangan dengan orang lain saat berada di luar rumah.

7. Uang Elektronik

perlengkapan covid
Sumber: Freepik.com

Perlu Moms ketahui jika uang yang biasa kita gunakan sebagai alat pembayaran ternyata dapat menjadi media penyebaran virus. Untuk mengantisipasi hal tersebut tidak ada salahnya untuk mengganti alat pembayaran dengan menggunakan uang elektronik.

Saat ini di tempat-tempat tertentu sudah banyak menyediakan alat pembayaran dalam bentuk elektronik. Cara cukup mudah Moms hanya perlu mengunduh aplikasi pembayaran elektronik pada smartphone dan isi saldo sesuai dengan kebutuhan. Saat menggunakannya, Moms hanya cukup melakukan scan pada QR yang telah disediakan dan pembayaran telah selesai, mudah bukan.

Mungkin bagi beberapa orang mempersiapkan perlengkapan kesehatan covid seperti di atas terlihat ribet dan kurang praktis. Namun hal tersebut sudah menjadi bagian dari protokol kesehatan yang wajib dilakukan oleh semua orang saat bepergian keluar rumah. Dan yang tidak kalah penting yakni selalu doa keluar rumah agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Perlengkapan Keluar Rumah Saat Corona Yang Wajib Harus Ikut Dibawa"
related post
Tanda Istri Butuh Piknik Biar Gak Panik Di Rumah Terus Selama Pandemi

Menjadi ibu rumah tangga atau wanita karir membuat waktu luang yang ada untuk sekedar ... Lanjut Baca

Cara Menghilangkan Jerawat Yang Muncul Di Wajah Karena Pakai Masker

Sejak wabah virus corona atau COVID-19 terjadi di seluruh dunia, semua orang harus selalu ... Lanjut Baca

PSBB, PSBM, PSKS, PPKM Apa Arti Istilah Itu Semua Di Kondisi Pandemi?

Dalam kondisi Pandemi ini, pemerintah menerapkan sejumlah kebijakan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Kebijakan tersebut ... Lanjut Baca