Perlengkapan Bayi Baru Lahir Yang Harus Disiapkan Supaya Hati Tenang

Waktu Baca: 7 menitSabtu, 03 Oktober 2020 08:25 WIB
Perlengkapan Bayi Baru Lahir
Sumber: shpock

Perlengkapan bayi baru lahir memang perlu dipersiapkan untuk Moms yang saat ini akan memiliki momongan. Supaya tidak grusak-grusuk mempersiapkannya dan bikin hati lebih tenang, jadi tinggal selanjutnya fokus sama hari persalinan si buah hati saja. Selain itu Moms juga dapat meminta bantuan Dads untuk mempersiapkannya lho! Karena perlengkapan bayi baru lahir ternyata tidak sulit kok. Tentunya ada beberapa perlengkapan yang harus dipersiapkan, diantaranya adalah sebagai berikut.

Kain bedong

Nah, perlengkapan pertama yang perlu dipersiapkan adalah kain bedong. Karena seperti yang diketahui bahwa kain bedong berfungsi untuk membungkus bayi supaya lebih nyaman dan hangat, terlebih lagi ketika tidur. Namun perlu diperhatikan saat menggunakan kain bedong ini jangan digunakan terlalu kencang, ya! Hal ini dikarenakan penggunaan yang terlalu kencang akan sangat berbahaya untuk sang buah hati. Untuk itu, berilah ruang supaya bayi dapat bergerak dengan nyaman dan ia dapat menekuk lutut dengan baik. Namun yang menjadi pertanyaannya adalah kira-kira berapa kain bedong yang perlu disiapkan di rumah? Maka sangat disarankan untuk menyiapkannya minimal sebanyak 10 kain.

Perlak

kain perlak bayi
Sumber: tokopedia

Moms tidak hanya perlu mengetahui cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta atau cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros saja, namun untuk Moms yang telah memiliki momongan, maka hal yang satu ini tidak boleh dilupakan begitu saja. Ya, perlak. Perlak adalah alas tidur bayi yang bahannya terdiri oleh lapisan microfiber serta waterproof, sehingga membuat perlak dapat melindungi kasur supaya tidak bau dan kotor saat bayi pipis. Ada dua jenis perlak, ada yang biasa dan ada juga yang bagus. Untuk perlak biasa, maka Moms harus selalu rajin mengawasinya karena air dapat tertahan di permukaan perlak. Ketika didiamkan, maka bayi bisa kedinginan bahkan masuk angin. Untuk itu, tidak ada salahnya memilih perlak yang bagus yang permukaannya bisa tetap kering walaupun terkena ompol bayi.

Baju bayi

Perlengkapan berikutnya adalah baju bayi. Baju bayi yang harus dipersiapkan dari mulai kaos tangan panjang, kaos tangan pendek, singlet, celana panjang, hingga celana pendek. Tentunya baju untuk bayi laki-laki dan baju bayi perempuan tidak jauh berbeda. Yang membedakannya hanya terletak pada warnanya saja. Jangan lupa agar memilih bahan yang tidak gerah, namun nyaman saat dikenakan oleh bayi. Baju bayi sebaiknya disiapkan menjelang kelahiran setelah diketahui jenis kelaminnya. Sebaiknya Moms bisa menyiapkan baju bayi ini dalam jumlah yang banyak. Setidaknya harus ada selusin supaya bisa diganti kapan saja.

Sarung tangan hingga kaos kaki bayi

Jika sudah ada baju bayi, maka tak akan lengkap rasanya jika tidak memiliki sarung tangan hingga kaos kaki. Hal ini dikarenakan bayi yang baru lahir masih cukup sensitif serta membutuhkan penyesuaian suhu. Pada intinya adalah sarung tangan hingga kaos kaki ini merupakan perlengkapan bayi yang sangat penting seperti halnya mengetahui tips mengatur keuangan rumah tangga. Fungsi sarung tangan hingga kaos kaki bayi ini adalah sebagai berikut.

  • Akan melindungi bagian tubuh bayi supaya tidak tercakar
  • Bayi bisa tetap merasa hangat walaupun cuaca sedang dingin

Nah, jika sebelumnya baju bayi perlu disiapkan sebanyak selusin, maka Moms bisa menyiapkan sarung tangan hingga kaos kaki ini sebanyak 3 sampai 5 pasang. Sebaiknya memilih yang cukup mudah menyerap keringat, dengan begitu bayi tidak merasa gerah ketika berada di rumah.

Popok kain serta pampers

popok bayi
Sumber: pixabay

Tentu saja, bayi yang baru lahir belum bisa memberi tahu saat ingin buang air. Sehingga popok juga sangat penting sebagai salah satu perlengkapan bayi baru lahir yang juga harus dipersiapkan. Moms juga perlu mempersiapkannya dalam jumlah yang banyak. Siapkan segera popok kain ini sebanyak dua lusin. Namun perlu diperhatikan bahwa tidak boleh sembarangan saat memilih popok bayi. Sebaiknya memilih popok dengan kain yang mudah menyerap air dan lembut.

Selain itu juga dapat mempersiapkan pampers. Moms bisa memilih pampers yang dapat dibuka, bukan yang berbentuk celana. Hal ini dikarenakan pampers yang seperti ini lebih mudah dibersihkan saat bayi buang air besar. Tidak perlu menyiapkannya dengan jumlah yang banyak, hanya perlu menyiapkan selusin saja untuk tahap awal. Hal ini dikarenakan pampers ini tidak boleh sering digunakan. Karena bahan pampers ini tidak terlalu nyaman bagi kulit bayi, sehingga bisa menyebabkan iritasi. Namun moms bisa menggunakannya ketika bepergian saja.

Tempat tidur bayi

Cara mengatur keuangan rumah tangga dengan penghasilan minim hingga rincian pengeluaran bulanan rumah tangga memang sangat penting untuk dilakukan setelah Moms memiliki sang buah hati. Namun, moms juga tidak boleh melupakan hal yang satu ini. Ya, tempat tidur bayi. Jika di dalam rumah memiliki ruang yang cukup, maka tak ada salahnya mempersiapkan tempat tidur bayi. Dengan adanya tempat tidur bayi, maka bisa membuat Moms beristirahat dengan nyaman. Ada trik saat memilih tempat tidur bayi dengan benar, yaitu pilihlah yang tidak terdapat sela antara kasur dan ranjang supaya tangan dan kaki si kecil tidak terjepit, dan pilihlah tempat tidur yang empuk dan rata. Jangan lupa juga untuk menyiapkan tempat tidur jauh-jauh hari karena hal ini dapat membantu untuk menyusun tempat tidur supaya lebih nyaman.

Celemek

Kegunaan celemek ini adalah untuk melindungi baju bayi supaya tetap bersih ketika bayi mulai belajar makan dan menjaga baju bayi agar tidak basah ketika gumoh. Dapat dikatakan bahwa celemek bisa digunakan untuk bayi yang baru lahir sampai balita. Pilihlah celemek yang berbahan kain lembut dan bisa dengan mudah menyerap air. Nah, sebagai tambahan bisa memilih celemek yang bermotif lucu supaya menarik bagi bayi. Untuk celemek ini, maka Moms tidak perlu menyiapkannya dalam jumlah yang banyak. Hanya cukup menyiapkan sekitar tiga celemek saja di rumah supaya bisa diganti saat sudah kotor.

Perlengkapan steril

Bayi memang masih rentan dengan segala hal. Untuk itu, segala sesuatunya haruslah steril, terlebih lagi ketika Moms bersentuhan langsung dengan tubuh si kecil. Ada beberapa perlengkapan untuk bayi yang perlu dipersiapkan. Beberapa perlengkapan tersebut dari mulai tisu, kapas steril, kain kasa, alkohol 70%, hingga tisu basah. Nah, untuk apa saja kegunaan dari perlengkapan bayi ini? Yang jelas kain steril dan kain kasa digunakan untuk merawat luka yang ada di tali pusar bayi, fungsi dari alkohol 70% adalah juga sama seperti kain steril dan kain basa yang dapat membersihkan luka tali pusar ketika mengganti perban, sedangkan tisu basah dan tisu biasa digunakan untuk membersihkan tubuh bayi saat buang air besar. Tidak hanya itu saja, tisu basah juga sangat berguna saat mengajak bayi untuk bepergian ke luar rumah.

Semoga berbagai daftar perlengkapan bayi baru lahir yang telah dipaparkan di atas bisa bermanfaat dan dapat menambah Moms lebih siap lagi untuk menghadapi bayi baru di dalam keluarga HappyFams.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Perlengkapan Bayi Baru Lahir Yang Harus Disiapkan Supaya Hati Tenang"
related post
Penyebab Dan Cara Mengatasi Bayi Menangis Ketika Tidur Tanpa Sebab

Banyak orang beranggapan jika bayi menangis merupakan hal yang wajar. Bahkan tidak sedikit yang percaya ... Lanjut Baca

Lelah Gendong Bayi? Berikut Ide Kain Bedongan Bayi Instan Yang Bagus

Kain bedong merupakan salah satu perlengkapan bayi yang wajib dimiliki. Bedong sendiri merupakan salah ... Lanjut Baca

Belajar Pijat Bayi Baru Lahir, Bisa Mengobati Bayi Susah BAB Lho Moms

Bagi sebagian besar pasangan orang tua yang baru memiliki buah hati sudah tentu pengalaman dalam ... Lanjut Baca