Perkembangan Bentuk Perut Ibu Hamil Dalam Hitungan Bulan

Waktu Baca: 5 menitSenin, 17 Agustus 2020 08:20 WIB
Perut Ibu Hamil
Sumber: Yandex.com

Kehamilan ada sebuah proses yang amat penting bagi setiap wanita. Ketika hamil tubuh akan banyak mengalami perubahan untuk menyesuaikan diri terhadap perkembangan bayi yang berada di dalam kandungan. Perut adalah bagian tubuh yang akan mengalami banyak perubahan selama masa kehamilan berlangsung. Seiring bertambah bertambahnya bulan, perut Moms akan berukuran semakin besar, bersamaan dengan bertambah besarnya bayi yang ada di dalam perut. Nah untuk mengetahui tentang bagaimana bentuk perut Moms saat sedang hamil, mari disimak penjelasannya di bawah ini!

Ukuran Perut Hamil 3 Bulan

bentuk perut ibu hamil 3 bulan
Sumber: Yandex.com

Ketika kandungan telah memasuki usia 3 bulan, tubuh Moms akan memproduksi hormon estrogen dua kali lipat lebih banyak, tingkat hormon di dalam darah semakin meningkat akibatnya Moms akan mengalami morning sickness, muntah, mual, rasa lelah mulai menurun, namun mood swing masih tetap terjadi.

Bentuk perut ibu hamil 3 bulan akan terlihat sedikit menonjol sebab pada bulan ini sistem organ dan juga organ baru mulai terbentuk. Janin yang berusia 12 minggu sudah terlihat seperti manusia, meskipun ukuran kepala lebih besar jika dibandingkan dengan tubuh.

Bayi berukuran kurang lebih sebesar kacang polong dan terus mengalami pertumbuhan dengan cepat. Pada akhir bulan ketiga, biasanya dokter sudah dapat mendengar detak jantung bayi menggunakan stetoscope. Saat berada diakhir usia kandungan 3 bulan, panjang janin sudah mencapai 2,5 inci dengan rata-rata berat 18 gram.

Ukuran Perut Hamil 5 Bulan

bentuk perut ibu hamil 5 bulan
Sumber: Yandex.com

Kehamilan usia 5 bulan atau berada pada awal trimester kedua artinya Moms telah melewati setengah dari masa kehamilan. Saat ini bentuk perut ibu hamil 5 bulan sudah terlihat lebih besar dari sebelumnya, dikarenakan janin yang berada di dalam rahim terus mengalami pertumbuhan.

Berat janin pada usia kandungan 5 bulan sekitar 340 – 360 gram dengan panjang 20 – 22 cm atau setara dengan satu buah wortel atau pisang. Selain itu, janin sudah dapat merespon suara dan cahaya, serta dapat bergerak aktif sehingga Moms sudah bisa merasakan pergerakan di dalam perut.

Perubahan fisik yang dirasakan oleh Moms tidak hanya di bagian perut saja, namun juga timbul stretch mark pada paha atau perut akibat kenaikan berat badan yang bertambah sekitar 5,5 – 7 kg, rambut yang terasa lebih tebal, membesarnya payudara serta akan terus merasa lapar sepanjang waktu.

Banyak wanita berpendapat jika usia kehamilan 5 bulan ini adalah waktu yang paling menyenangkan, sebab rasa mual dan muntah sudah tidak dapat dirasakan lagi serta sudah mulai terbiasa melakukan aktivitas meski perut menjadi besar.

Ukuran Perut Hamil 7 Bulan

bentuk perut ibu hamil 7 bulan
Sumber: Yandex.com

Memasuki usia kehamilan awal trimester ketiga atau 7 bulan, sebagian besar wanita akan merasakan sesak nafas karena rahim menekan dan semakin besarnya janin di dalam kandungan. Tidak perlu khawatir, kondisi ini akan semakin mereda jika janin telah berada pada posisi siap lahir.

Di awal masa kehamilan 7 bulan bayi mempunyai berat sekitar 1 kilogram dengan panjang tubuh antara 38,6 – 39 cm. Tidak heran jika bentuk perut ibu hamil 7 bulan akan terlihat semakin besar yang diikuti dengan bertambahnya berat badan Moms.

Selain itu, Moms akan merasakan konstipasi atau sudah besar hingga buang air yang tidak teratur. Bahkan saat malam hari perut akan terasa kram yang tentunya membuat tidur menjadi kurang nyaman akibat sulit tidur dan mengakibatkan tubuh terasa lebih lelah.

Perlu diperhatikan juga di kehamilan 7 bulan ini adanya Braxton Hicks atau kontraksi palsu. Kontraksi palsu ini terjadi sekitar 30-60 detik sampai dengan 2 menit akibat mengencangnya otot rahim.

Untuk meredakannya Moms dapat mengubah posisi tubuh (misal dari duduk coba untuk berdiri dan sebaliknya), mengkonsumsi air putih, hingga berendam air hangat.

4. Ukuran Perut Hamil 9 Bulan

bentuk perut ibu hamil 9 bulan
Sumber: Yandex.com

Usia kehamilan 9 bulan adalah waktu yang paling banyak nanti oleh banyak wanita, sebab tidak lama lagi Moms akan bertemu dengan buah hati. Kehamilan 9 bulan menjadi usia yang sangat penting untuk diperhatikan terutama posisi dan juga gerakan janin sebab menentukan proses persalinan nantinya.

Terjadi perubahan bentuk perut ibu hamil 9 bulan yakni terlihat lebih rendah. Bahkan Moms sudah tidak mengalami sesak nafas yang sebelumnya pernah dirasakan beberapa bulan sebelumnya.

Hal ini disebabkan karena kepala bayi sudah bergerak ke arah bawah tulang panggul atau dekat dengan jalur lahir. Posisi wajah bayi akan menghadap punggung ibu, serta dagu menempel ke arah dada. Intensitas buang air kecil juga semakin meningkat karena kepala bayi menekan daerah panggul dan juga kandung kemih.

Apabila bayi dirasa tidak turun ke panggul setelah 36 minggu, ada beberapa cara yang dapat Moms lakukan mulai dari squat, duduk di atas bola yoga, berenang dengan posisi perut menghadap ke atas, berbaring ke sisi kiri, dan juga duduk dengan berselonjor kaki namun lutut terpisah.

Ada satu hal yang perlu diingat oleh Moms, tidak semua wanita memiliki bentuk perut ibu hamil seperti yang dijelaskan di atas. Dalam beberapa kasus bentuk perut terlihat kecil meskipun telah memasuki usia kehamilan 9 bulan. Apabila mengalami kelainan atau gangguan selama masa kehamilan sebaiknya segera konsultasikan ke dokter kandungan untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut. Semoga informasi ini bermanfaat untuk, Moms.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Perkembangan Bentuk Perut Ibu Hamil Dalam Hitungan Bulan"
related post
Ini Penyebab Keputihan Saat Hamil Tua, Bisa Berbahaya Untuk Janin Lho!

Tidak hanya dialami oleh wanita biasa saja, namun keputihan juga bisa dialami oleh wanita yang ... Lanjut Baca

Cara Agar Cepat Hamil Yang Efektf Untuk Pasutri Cepat Punya Anak

Apakah Moms saat ini sedang mencari tahu bagaimana cara agar cepat hamil? Tenang, tidak perlu ... Lanjut Baca